Accounting : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Profesi accounting sangat penting untuk keseimbangan operasional perusahaan. Selain itu, pencapaian target juga bisa dilihat dari pembukuan akuntan. Pasalnya, seluruh pemasukan dan pengeluaran operasional kantor dicatat oleh akuntan.

Definisi/Pengertian

Accounting merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan pengaturan dan pengolahan data keuangan. Seorang akuntan posisinya sangat penting karena harus melakukan pendataan keuangan. Mulai dari pemasukan hingga pengeluaran.

Kondisi keuangan perusahaan menjadi tolak ukur reputasi dan prestasi sebuah perusahaan. Ini besar pengaruhnya untuk meningkatkan daya saing. Maka dari itu, akuntan harus bekerja dengan teliti dan terperinci agar laporan keuangan terbukukan dengan baik.

Secara umum, arti accounting adalah pekerjaan khusus yang bertugas untuk menghitung aset perusahaan. Akuntan juga harus bisa memberikan solusi terhadap pendataan yang telah dibuat demi mendapatkan capaian target perusahaan.

Tugas accounting Tanggung Jawabnya

Akuntan yang bertanggung jawab akan menghasilkan laporan keuangan yang jelas dan bisa dipertanggung jawabkan. Pasalnya, ada banyak dokumentasi yang wajib dibukukan secara terperinci, mulai dari pemasukan dan pengeluaran perusahaan.

Dana operasional yang dikeluarkan, langsung dikelola oleh akuntan. Data laporan keuangan dibuat berdasarkan persetujuan dari pihak management termasuk CEO, sehingga biaya operasional bisa dipertanggung jawabkan. Akuntan juga harus bertanggung jawab atas tugas-tugas berikut ini:

  • Memposting jurnal operasional
  • Menginput data ke dalam sistem
  • Memeriksa dan memverifikasi dokumen keuangan yang sudah diberlakukan perusahaan
  • Membuat laporan sesuai dengan biaya pengeluaran dan pemasukan

Gaji dan Tunjangan Accounting

Bekerja di bagian accounting terdiri dari beberapa jenjang. Kamu yang baru lulus kuliah atau fresh graduated pun bisa menjadi akuntan dengan gaji Rp 2.000.000. Namun apabila kamu memiliki pengalaman di bawah 5 tahun, gaji yang diterima sekitar Rp 2.000.000 hingga Rp 3.500.000.

Semakin lama pengalaman yang dimiliki, jumlah gaji yang diterima akan semakin besar. Bagi karyawan dengan pengalaman kerja 5 -10 tahun, pendapatan sebagai seorang akuntan di angka Rp 3.500.000 – Rp 4.500.000.

Kamu bisa memperoleh gaji di atas Rp 5.000.000, jika sudah berpengalaman menjadi akuntan lebih dari 10 tahun. Pengalaman memang tidak pernah bisa bohong karena kematangan semakin terbentuk dan ketelitian dalam pembuatan laporan menjadi lebih baik.

Bandingkan Gaji Accounting dengan Gaji General Manager disini.

Syarat dan Kualifikasi Accounting

Akuntan memang tidak secara langsung bersentuhan dengan uang, namun laporan keuangan harus dilakukan dengan baik dan terperinci. Maka dari itu, orang yang bekerja sebagai akuntan harus memenuhi syarat dan kualifikasi pendidikan dan skill terbaik, dengan penjelasan berikut ini:

1. Pendidikan dan Pengalaman

Syarat pendidikan lowongan kerja akuntan, umumnya memberikan kebebasan bagi kamu yang memiliki minimal ijazah D3 jurusan akuntansi atau keuangan. Selain itu, kandidat juga harus memiliki pengalaman sebagai akuntan setidaknya 2 tahun.

2. Skill dan Kemampuan

Kamu harus memiliki skil berbagai hal yang berhubungan dengan laporan keuangan secara offline atau online. Akuntan juga harus mampu melakukan laporan perpajakan dan terbiasa dengan hitungan angka-angka. Kamu juga harus teliti agar laporan keuangan tidak ada yang salah.

Tips Lolos Wawancara Accounting

Tahapan tes seleksi menjadi karyawan di bidang keuangan harus dilalui apabila ingin jadi seorang akuntan. Kamu juga akan melewati proses wawancara dengan user dan pihak HRD. Biasanya, dalam tahap interview akan ada pertanyaan berikut ini:

  • Berapa lama menjadi akuntan
  • Program keuangan apa yang biasanya digunakan
  • Bagaimana cara mengatasi hitungan yang selisih
  • Berapa nominal data keuangan terbesar yang pernah dihitung dan dibuat laporannya

Tugas yang dilakukan seseorang di bagian accounting, menjadi salah satu tanggung jawab bagi manajer perusahaan. Penghitungan dan pembuatan laporan keuangan dengan baik akan berpengaruh besar bagi reputasi perusahaan.

Sampai jumpa dalam artikel InfoGaji selengkapnya.

Tinggalkan komentar