Pengertian Admin Gudang, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Untuk urusan jangka panjang, tentu pengelolaan gudang menjadi sangat penting. Pasalnya, apabila dikelola dengan buruk maka bisa mengakibatkan adanya komplain dari para pelanggan. Oleh karena itu, dibutuhkannya sosok admin gudang guna mengelola semuanya.

Definisi/Pengertian Admin Gudang

Admin gudang adalah seorang karyawan yang bertugas dan bertanggung jawab atas semua barang di warehouse. Mulai dari mencatat hingga mendokumentasikan seluruh barang untuk memastikan sesuai ketentuan. Baik mengenai jumlah (kuantitas) hingga kualitasnya.

Salah satu peran penting dari seorang admin adalah mengelola arus keluar dan masuknya barang ke dalam gudang. Selain itu, mengklasifikasikan setiap barang agar dapat disesuaikan dengan ketentuan. Tujuannya adalah supaya mempermudah pengelolaan dan pencarian.

Keberadaan admin gudang tentu membuat semua barang menjadi terdata melalui catatannya baik secara manual ataupun komputerisasi. Dengan begitu, gudang pun akan menjadi lebih rapih. Selain itu, menyeimbangkan seluruh isinya serta memisahkan yang fungsi dan tidak.

Tugas Admin Gudang Beserta Tanggung Jawabnya

tugas admin gudang

Menjadi seseorang yang mengisi posisi sebagai admin gudang tentu tidak sederhana seperti bayangan Anda. Pasalnya ada banyak barang yang harus dipertanggungjawabkan. Jadi, apabila terjadi sesuatu pihak tersebut harus bertanggung jawab. Berikut tugas-tugasnya.

  • Menerima pesanan dari pasokan gudang.
  • Memproses permintaan pasokan gudang.
  • Mengisi data informasi barang yang dibutuhkan.
  • Mempertahankan kualitas sesuai SOP.
  • Mengelola lingkungan kerja (gudang).
  • Membuat laporan mengenai aspek gudang.
  • Merapikan barang.
  • Mengelompokkan barang sesuai ketentuan.
  • Mempersiapkan barang yang ingin keluar.
  • Memantau pendistribusian barang.
  • Merawat armada.
  • Dan lain sebagainya.

Gaji Dan Tunjangan Admin Gudang

Nominal gaji yang diberikan kepada admin gudang sangatlah bervariatif. Hal ini disebabkan bergantung pada pihak perusahaan tempat Anda bekerja. Selain itu, pekerja tidak bisa menyamakan upah berdasarkan kedudukannya. Karena, gajinya sudah pasti berbeda.

Jika bicara tentang gaji pastikan Anda harus mencari informasi terlebih dahulu perihal latar belakang perusahaan tempat bekerja. Sebab, kebijakannya akan menentukan nominal upah hingga tunjangan. Selain itu umumnya terdapat berbagai macam bonus lainnya.

Apalagi jika warehouse tempat bekerja memiliki skala besar. Kalau begitu, bisa dikatakan gaji yang akan diterima pun cukup seimbang. Namun kembali pada kebijakan pihak perusahaan serta seberapa besar skala bisnisnya karena hal tersebut sangat berpengaruh.

Baca juga: account officer

Syarat Dan Kualifikasi Admin Gudang

Jika Anda berfikir bahwa tugasnya hanya sekedar mengelola pergudangan saja dan membuat proses rekrutmennya jadi lebih Sederhana, maka hal itu salah. Pasalnya, pihak perusahaan tidak sembarang dalam menerima karyawan. Berikut beberapa syarat dan kualifikasi.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi ini pada dasarnya bersifat umum sama seperti lainnya, mulai dari SMA/SMK D3, S1 sederajat, tergantung permintaan perusahaan. Pastinya membutuhkan sosok yang telah berpengalaman dalam mengelola pergudangan.

2. Skill dan Kemampuan

Skill dasar yang diperlukan dalam bidang ini adalah ketelitian. Pasalnya, tugas utamanya adalah mengelola barang yang jumlahnya sangat banyak. Selain itu, disiplin dan mampu bekerjasama tim. Terakhir mampu mengopersikan software yang digunakan untuk data.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Admin Gudang

Sekalipun melamar sebagai admin gudang, tentunya tahap wawancara tak bisa dilewatkan begitu saja. Hal ini akan tetap berlaku bagi siapapun yang melamar pekerjaan. Berikut beberapa tips menghadap interview.

  • Tunjukkan kedisiplinan.
  • Bersikap profesional.
  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan.
  • Jelaskan pengalaman secara spesifik.

Itulah tadi pembahasan mengenai berbagai macam aspek mengenai Admin gudang. Mulai dari definisi, tugas dan tanggung jawab hingga gaji beserta tunjangannya. Posisi ini tentu sangat dibutuhkan untuk perusahaan sehingga peluangnya cukup terbuka lebar.

Tinggalkan komentar