Gaji Admin Logistik Pengertian Lengkap, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Admin logistik pada dasarnya adalah sebuah bentuk pencatatan atau tata usaha dalam hal pengelolaan seluruh proses mengenai barang. Selain itu, tugas serta tanggung jawabnya pun tergolong banyak. Mulai dsri mengelola, menyimpan merawat dan lain sebagainya.

Definisi/Pengertian Admin Logistik

Salah satu hal yang perlu Anda ketahui tentang posisi ini adalah tentang perbedaannya dengan akuntan ataupun administrasi. Pasalnya, section yang sudah disebutkan sebelumnya hampir dimiliki oleh setiap perusahaan. Namun, hal itu tidak berlaku pada Admin Logistik.

Secara umum, divisi ini hanya ada pada sebuah perusahaan yang sudah berbasis besar. Pasalnya, tugasnya adalah memenuhi semua permintaan akan barang terutama untuk kantor cabang. Jadi, skala perusahaannya pun tergolong besar.

Namun secara definisi, logistik berasal dari bahasa Jerman yaitu “Loger”. Arti dari kata tersebut ialah menyediakan atau menginapkan. Dengan kata lain divisi ini memiliki hubungan langsung pada bidang penyimoanan barang. Bukan hanya itu saja tapi juga mengelola.

Tugas Admin Logistik Beserta Tanggung Jawabnya

tugas admin logistik

Berdasarkan pengertian mungkin Anda sudah bisa menyimpulkan apa saja tugas dari admin logistik. Namun perlu diketahui bahwa perannya bagi sebuah perusahaan tidaklah sesederhana itu. Berikut beberapa tugas beserta tanggung jawab utamanya.

  • Pengadaan Logistik.
  • Penyimpanan logistik.
  • Penggunaan dan penghapusan.
  • Distribusi.
  • Pengambilan dan penerimaan data barang.
  • Melakukan tugas sebagai administratif.
  • Memperbarui laporan terkait logistik.
  • Memlihara data dan berbagai catatan.
  • Dan lain sebagainya.

Gaji Dan Tunjangan Admin Logistik

Gaji yang diterima oleh petugas admin logistik pada umumnya berkisar Rp. 2.700.000 per bulan. Nominal tersebut adalah upah rata-rata yang didapatkan khususnya di Indonesia. Namun bukan berarti semua staff yang bekerja di divisi itu memiliki gaji sama.

Pasalnya, terdapat berbagai macam faktor yang busa saja memengaruhi nilai upahnya. Beberapa diantaranya adalah posisi atau jabatan. Sebab, admin ini pun memiliki tingkatan atau kedudukan bermacam-macam sehingga gajinya pun jadi bervariatif.

Selain itu, pihak perusahaan juga memegang kendali atas pemberian dan penentuan gaji. Hal tersebut membuatnya cukup memiliki pengaruh atas nominal yang Anda dapatkan. Terlebih, karyawan baru tergolong lebih rendah upahnya dibandingkan dengan yang berpengalaman.

Syarat Dan Kualifikasi Admin Logistik

Pada dasarnya, spesifikasi yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan tidak begitu memiliki perbedaan secara signifikan dengan lainnya. Hanya saja terdapat beberapa poin penting yang harus dipertimbangkan mengeni rekrutmen. Berikut syarat dan kualifikasi admin logistik.

1. Pendidikan Dan Pengalaman

Bagi Anda yang memiliki latar belakang pendidikan lulusan SMA ataupun SMK Tentu bisa mencoba profesi sebagai admin logistik. Apalagi kalau lulusan D3 hingga S1 maka akan menjadi nilai tambah. Terlebih sudah mempunyai pengalaman dalam bidang tersebut.

2. Skill Dan Kemampuan

Skill utama yang dibutuhkan untuk menjadi seorang admin logistik adalah kedisiplinan dan ketelitian. Pasalnya, tugas utamanya adalah berkaitan dengan mengelola barang. Selain itu, Anda juga dituntut untuk mengopersikan komputer guna keperluan pendataan.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Admin Logistik

Jika Anda akan segera menghadapi tes wawancara untuk mendapatkan pekerjaan sebagai admin ini, tak perlu khawatir. Pasalnya, ada berbagai macam cara agar proses tersebut dapat dilewati dengan aman. Berikut beberapa tips interviewnya.

  • Ceritakan mengenai diri Anda.
  • Ceritakan secara jelas namun signifikan.
  • Berikan alasan tepat mengenai pengambilan profesi.
  • Kenali perusahaan tempat Anda melamar.
  • Pahami tugas dan unsur penting.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan admin logistik. Bagi Anda yang ingin melamar kerja dibidang tersebut, tidak perlu berkecil hati. Pasalnya, peluang dan kesempatannya saat ini terbuka lebar.

Tinggalkan komentar