Pengertian Admin Marketing yang Menggiurkan Lengkap, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Admin Marketing tentu tidak sama dengan yang bergerak dalam bidang pergudangan ataupun logistik. Meskipun posisinya sebagai admin, tugas serta tanggung jawabnya berbeda hanya saja masih mengenai pengelolaan. Untuk itu simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Definisi/Pengertian Admin Marketing

Secara umum, definisi admin adalah seseorang yang bertanggung jawab dan bertugas mengelola seluruh operasi pemasaran. Biasanya, para pekerja ditugaskan untuk mempromosikan sebuah produk, layanan ataupun jasa ke pasar yang lebih luas.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan Eksposur ataupun popularitas brand maupun perusahaan di berbagai platform. Sesuai dengan namanya, dimana tugas dan tanggung jawabnya masih seputar pemasaran. Hanya saja, lebih fokus pada promosi.

Selain itu, peran admin juga diperlukan untuk membantu para tim kreatif saat merancang sebuah Campaign atau iklan. Tugasnya adalah menyelaraskan antara proyek dengan apa yang diinginkan oleh perusahaan. Tujuannya meningkatkan brand awareness.

Tugas Admin Marketing Beserta Tanggung Jawabnya

tugas admin marketing

Jika dilihat dari definisinya mungkin Anda bisa memahami terkait apa tugas dari admin Marketing. Tapi perlu dipahami bahwa sosoknya bagi sebuah perusahaan sangatlah penting. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab utamanya.

  • Mengurus data perihal penjualan.
  • Mengecek hasil dari input data.
  • Membuat sebuah laporan.
  • Melakukan pengarsipan atas kegiatan administrasi.
  • Mengelola seluruh database konsumen.
  • Melakukan penjualan.
  • Menawarkan produk.
  • Memberi respon kepada konsumen.
  • Menjelaskan tentang produk ke konsumen.

Gaji Dan Tunjangan Admin Marketing

Besaran gaji yang didapat oleh admin marketing secara umumnya berkisar Rp. 4.700.000 per bulan. Angka tersebut adalah gaji rata-rata yang diterima terutama di Indonesia. Tapi bukan berarti semua pekerja yang bekerja di Section itu memiliki gaji serupa.

Pasalnya, ada berbagai macam hal yang dapat memengaruhi besaran upahnya. Beberapa  faktor diantaranya ialah posisi serta jabatan. Sebab, admin ini pun terdapat tingkatan dari setiap kedudukan yang bermacam-macam membuat gajinya pun jadi berbeda-beda.

Selain itu, pihak instansi atau perusahaan memegang penuh atas kendali penentuan gaji. Hal itu membuatnya sangat berpengaruh atas besaran gaji yang Anda terima. Apalagi, pegawai junior pastinya tidak lebih tinggi dibandingkan dengan pekerja yang berpengalaman.

Syarat Dan Kualifikasi Admin Marketing

Pada umumnya, spesifikasi yang diperlukan oleh perusahaan tidak terlalu memiliki klasifikasi secara signifikan sama seperti lainnya. Hanya saja ada beberapa ketentuan yang harus diperhitungkan terutama mengenai bidangnya. Berikut syarat dan kualifikasi admin Marketing.

Baca Juga: admin logistik

1. Pendidikan dan Pengalaman

Jika Anda berlatar belakang pendidikan akhir SMA/SMK tentu punya kesempatan bekerja sebagai admin Marketing. Terlebih apabila lulusan D3 sampai S1 hal itu akan menjadi poin tambah. Terutama bagi yang sudah memiliki pengalaman pada bidang tersebut.

2. Skill dan Kemampuan

Skill dasar yang dibutuhkan untuk menjadi seorang admin adalah komunikasi dan disiplin. Pasalnya, tugas utamanya adalah berkaitan penawaran berbagai barang. Selain itu, pekerjanya juga dituntut untuk memahami sistem kerja pemasaran.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Admin Marketing

Apabila Anda akan menghadapi interview untuk melanjutkan tahapan sebagai admin marketing, tak perlu bingung. Sebab, terdapat berbagai macam langkah supaya proses tersebut bisa dihadapi dengan baik. Berikut beberapa tips interviewnya.

  • Jelaskan mengenai keunggulan diri Anda.
  • Ceritakan secara lugas namun singkat.
  • Berikan alasan mengenai pilihan divisi.
  • Cari tahu rentan perusahaan tempat melamar.
  • Pahami tugas serta aspek penting.

Itulah tadi pembahasan tentang berbagai macam hal yang berkaitan mengenai admin Marketing. jika Anda yang melamar dan mengambil dibidang tersebut, tidak perlu merasa ragu Sebab, sosok dari posisi ini sangat dibutuhkan.

Tinggalkan komentar