Pengertian Admin Penjualan untuk Beragam Produk Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Pekerjaan seperti Admin Penjualan tentu bukan lagi sesuatu asing bagi banyak orang. Pasalnya, profesi tersebut menjadi salah satu posisi yang memiliki lowongan sangat terbuka. Dengan begitu, Anda pun memiliki kesempatan untuk mengisi section admin sales.

Definisi/Pengertian Admin Penjualan

Posisi yang juga sering disebut dengan admin sales ini memiliki peran utama dalam memberikan dukungan kepada tim penjualan. Hal tersebut dilakukan guna menunjang semua kegiatan Selling. Salah satu diantaranya adalah membangun hubungan bersama klien.

Bukan hanya itu saja, peran admin sales juga memberikan laporan kepada pihak eksekutif penjualan. Lingkungan bekerjanya pun bisa dikatakan cukup kompetitif karena harus mengatur semua urusan dokumen penjualan. Salah satunya ialah mengatur jadwal dan janji.

Admin sales memberikan dukungan penuh dengan mengatur semuanya secara administratif agar tersusun rapih. Selain itu, posisi ini juga menjadi perpanjangan tangan antara pihak klien dan kantor. Terlebih keberadaannya cukup jauh untuk dijangkau oleh klien atau konsumen.

Tugas Admin Penjualan Beserta Tanggung Jawabnya

tugas admin penjualan

Melalui penjelasan secara definisi diatas, mungkin peran seorang admin penjualan sudah sedikit dipahami. Pada dasarnya, masih ada berbagai macam tugas beserta tanggung jawab yang harus ditangani. Untuk lebih paham, simak ulasannya berikut ini.

  • Menangani seluruh permintaan pelanggan.
  • Mengejar target harga jual.
  • Menjaga hubungan dengan pelanggan.
  • Memberikan Feedback kepada pelanggan.
  • Membuat laporan.
  • Mengatur janji temu.
  • Menangani berbagai faktur penjualan.
  • Memeriksa keakuratan data.
  • Memberikan informasi kepada pelanggan.
  • Dan masih banyak lagi.

Gaji Dan Tunjangan Admin Penjualan

Besaran gaji yang diterima oleh admin sales berdasarkan data rata-ratanya adalah Rp. 23.731 per jam. Apabila dikalkulasikan menjadi per tahun, maka jumlah yang didapatkan adalah Rp. 53.100.000. Tapi angka tersebut bisa saja tidak berlaku bagi pekerja yang masih baru.

Pasalnya, untuk admin sales yang masih berstatus baru atau awal, nominal gajinya Rp. 24.000.000. Namun jumlah tersebut bukanlah angka pasti karena tidak menutup memungkinkan dapat gaji lebih. Sebab, hal itu juga berlaku untuk admin berpengalaman.

Admin sales atau penjualan yang sudah berpengalaman umumnya digaji hingga mencapai Rp. 90.000.000 per tahun. Jika Anda bertanya bagiamana cara menentukannya, maka akan ada banyak faktor mengenai jawabannya. Mulai dari jabatan hingga kebijakan perusahaan.

Syarat Dan Kualifikasi Admin Penjualan 

Syarat dan kualifikasi admin penjualan pada umumnya tidak begitu berbeda dengan posisi sales lainnya. Mungkin saja terdapat poin penting yang menjadi fokus utama pihak perusahaan ketika menerima karyawan baru. Berikut beberapa diantaranya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan yang dibutuhkan untuk admin penjualan adalah SMA/SMK sederajat. Kalaupun Anda merupakan lulusan D3 atau S1 tentu hal itu skan menjadi nilai tambah untuk dipertimbangkan. Terlebih sudah pernah bekerja dibidang admin sales beberapa tahun.

2. Skill dan Kemampuan

Skill dasar yang harus dibekali oleh para calon pekerja adalah ilmu komunikasi. Terlepas dari segi teknis tentu hal ini menjadi sangat penting. Pasalnya, tugas utamanya adalah membangun dan menjalin kerjasama antar klien atau pelanggan.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Admin Penjualan

Jika persyaratan akan dokumen sudah terpenuhi, maka tahap selanjutnya dalam melamar kerja adalah wawancara. Proses ini memang tidak mudah untuk dihadapi, Oleh karena itu ada baiknya agar persiapkan diri. Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan.

  • Ceritakan sedikit menganai diri Anda.
  • Bagaimana cara Anda untuk menjaga konsistensi?.
  • Pengalaman terburuk selama Anda bekerja?.
  • Apa yang Anda lakukan untuk mengikuti tren industri?
  • Berapa gaji yang Anda minta?.

Itulah tadi pembahasan mengenai seluruh aspek Admin Penjualan, mulai dari definisi hingga nominal gaji. Pada dasarnya, setiap perusahaan memiliki kriteria yang berbeda-beda dalam merekrut karyawan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk dipelajari terlebih dahulu, dan jangan lupa baca juga artikel selanjutnya pembahasan tentang admin logistik.

Tinggalkan komentar