Fakta Menarik dari Admin Produksi Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Sejauh ini masih ada banyak orang yang menganggap bahwa bekerja sebagai admin produksi tidak sekeren posisi lainnya. Selain itu, tugas dan ditanggung jawabnya dianggap begitu sederhana. Padahal faktanya tidaklah seperti itu, berikut ulasan lebih lengkapnya.

Definisi/Pengertian Admin Produksi

Sesuai dengan namanya, pekerjaan yang satu ini adalah seseorang bekerja sebagai admin dengan mengelola semua urusan produksi. Peran utamanya adalah mengurus seluruh proses administrasi yang berkaitan dengan produksi. Mulai dari menyusun laporan dan sebagainya.

Alasan bahwa menjadi seorang admin produksi tidak sesederhana yang Anda pikirkan adalah karena berbagai aspek pekerjaannya. Posisi ini melibatkan berbagai macam tindakan, pemikiran hingga ketelitian. Sebab tugasnya ialah mengatur dan mendata seluruh barang.

Selain itu, seorang admin produksi tidak hanya mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan data dan laporan saja. Keberadaan sosoknya sangat dibutuhkan guna bertugas sebagai petugas operator. Dengan begitu, tugas serta tanggung jawabnya bisa dikatakan cukup kompleks.

Tugas Admin Produksi Beserta Tanggung Jawabnya

Jika masih belum memahami akan tugasnya yang cukup kompleks, tidak usah bingung. Jangan sampai hal ini membuat Anda mengurungkan niat untuk mengambil posisi tersebut. Berikut beberapa tugas serta tanggung jawab untuk seorang admin produksi.

  • Menarik data hasil produksi.
  • Minginput dan memproses data.
  • Memastikan jalannya proses produksi.
  • Membuat laporan harian.
  • Membuat jadwal kerja untuk operator.
  • Memastikan jam kerja berjalan efektif.
  • Menerima permintaan pesanan produk.
  • Membuat permintaan bahan baku.
  • Membuat pengajuan ke inventori.
  • Mengurus retur barang.
  • Dan masih banyak lagi.

Gaji Dan Tunjangan Admin Produksi

Nominal gaji yang didapat oleh admin produksi berdasarkan Secara ukumnya adalah Rp. 2.400.000 per bulan. Bahkan jika Anda bekerja disebuah perusahaan multinasional maka nilainya mencapai Rp. 17.00.000. Angka yang sangat tinggi untuk profesi sebagai admin.

Tentu nominal tersebut bisa mematahkan anggapan bahwa admin produksi tidak sekeren posisi lainnya. Tapi jumlah tersebut bukanlah nilai pasti sebab tak menutup memungkinkan lebih dari ketentuan diatas. Apalagi jika Anda seorang admin berpengalaman.

Admin yang sudah berpengalaman biasanya digaji hingga mencapai Rp. 8.000.000 per bulan (perusahaan lokal). Apabila Anda bertanya tentang cara menentukannya, maka ada banyak pengaruh mengenai nilainya. Mulai dari posisi hingga skala perusahaan.

Syarat Dan Kualifikasi Admin Produksi

Syarat dan kualifikasi pekerjaan Admin pada dasarnya tak berbeda dengan pekerjaan secara umum. Tapi biasanya terdapat klasifikasi khusus yang menjadi kebutuhan utama pihak perusahaan ketika merekrut karyawan baru. Berikut beberapa spesifikasi diantaranya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan yang diperlukan untuk admin produksi umumnya adalah SMA/SMK sederajat. Jika Anda adalah lulusan D3 atau S1 tentu ini menjadi poin plus yang akan dipertimbangkan. Tapi pastinya diutamakan sosok yang berpengalaman dama bidang pekerjaan ini 1-2 tahun.

2. Skill dan Kemampuan

Skill dasar yang harus dimiliki oleh para calon karyawan adalah Kedisiplinan. Terlepas dari Sisi teknis Kemampuan ini menjadi Begitu penting. Sebab, tugas utamanya Ialah Mengelola dan mengatur berbagai macam urusan sseputar produksi dan dibutuhkan ketelitian.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Admin Produksi

Jika lolos secara dokumen dan telah terpenuhi, maka langkah Berikutnya dalam melamar kerja yaitu Interview. Proses ini memang cukup mendebaarkan saat dihadapi, Oleh sebab itu ada baiknya untuk persiapkan diri. Berikut pertanyaan wawancara pada umumnya.

  • Berikan alasan tentang pilihan Admin ?.
  • Apa yang Anda ketahui tentang produksi?.
  • Tugas penting Admin?.
  • Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?.
  • Seberapa banyak Anda memiliki pengelaman?.
  • Mengapa perusahaan harus memilih Anda?.

Itulah tadi pembahasan mengenai Admin produksi secara lengkap. Mulai dari definisi, tugas dan tanggung jawab hingga gajinya. Pada dasarnya, pekerjaan yang satu ini memiliki prospek dan jenjang karir yang bagus, dan jangan lupa baca juga admin marketing ya…

Tinggalkan komentar