Peranan Penting Seorang Auditor Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Jika mendengar kata Auditor mungkin sudah tak asing lagi ditelinga. Namun, meskipun begitu masih banyak orang hanya mengetahui istilahnya saja tapi tak memahami apa saja tugasnya. Padahal, profesi ini memiliki prospek yang terbilang bagus. Berikut ulasan lengkapnya.

Definisi/Pengertian Auditor

Secara definisi, auditor merupakan istilah yang berasal dari kata audit. Artinya adalah sebuah proses pemeriksaan atau mengevaluasi sesuatu sesuai dengan fokus pekerjaannya. Oleh karena itu, dibutuhkan seseorang yang sangat berkompeten untuk mengisi posisi satu ini.

Jadi bisa disimpulkan bahwa, profesi ini adalah seseorang yang bertugas memeriksa, mengevaluasi sesuatu dengan konteks tertentu. Hal tersebut bergantung pada bidang tempatnya bekerja. Sebab, fungsi dari keberadaannya sangat beragam sesuai fokusnya.

Untuk menjadi seorang profesi tersebut tentu dibutuhkan keahlian khusus dalam bidang tertentu. Hal tersebut mengingat tugas utamanya adalah memeriksa dan mengevaluasi. Secara tidak langsung proses menilai akan sesuatu membutuhkan sosok Expert dibidang utamanya.

Tugas Auditor Beserta Tanggung Jawabnya

Dalam dunia bisnis tentu ada banyak sekali jenis Auditor dengan beragam perannya untuk sebuah perusahaan. Hal tersebut bergantung pada bidang yang ditekuni. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawabnya:

  • Membuat sebuah perencanaan. 
  • Mengendalikan dan mencatat seluruh proyek.
  • Mengawasi sistem yang digunakan perusahaan.
  • Membuat laporan atau bukti audit.
  • Pengendalian secara internal.
  • Meninjau ulang berbagai laporan.
  • Dan masih banyak lagi.

Gaji dan Tunjangan Auditor

Profesi ini merupakan salah satu profesi yang keberadaannya bukan hanya pada perusahaan khusus atau divisi ang tertentu. Pasalnya, posisi ini terdapat di berbagai macam industri ataupun dunia bisnis. Bahkan, instansi pemerintahan ataupun swasta juga memilikinya.

Pada akhirnya, hal tersebut membuat besaran gaji yang didapat kan tidak ada nominal pasti. Bukan perihal ketidakjelasannya melainkan berbagai macam kebijakan sesuai tempat bekerja. Karena bisa saja gaji yang didapat di perusahaan A beda dengan B.

Begitu juga ketika Anda bekerja sebagai auditor disebuah instansi dibawah kepemerintahan. Namun kabar baiknya adalah, pekerjaan merupakan salah satu profesi yang memiliki prospek terbilang bagus. Baik secara jenjang karir hingga finansial atau gaji per bulannya.

Syarat Dan Kualifikasi Auditor

Jika Anda berencana ingin menjadi seorang Auditor, tentu ada banyak hal yang harus dipahami. Pasalnya, profesi yang satu ini buLisa dikatakan sebagai pekerjaan dengan keahlian khusus bersifat ahli (expert). Berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

Baca juga: admin penjualan

1. Pendidikan dan Pengalaman

Sebelum memutuskan untuk masuk dan mengambil posisi tersebut, tentu ketahui terlebih dahulu layar belakang perusahaannya. Sebab, hal itu menentukan kebutuhan syarat pendidikan secara khusus. Namun pastinya pengalaman menjadi kunci utama.

2. Skill dan Kemampuan

Seorang auditor sudah pasti dituntut untuk memahami apa itu auditing. Selain itu juga diharapkan memiliki ilmu pengetahuan yang luas terutama dalam bidangnya. Mempunya jiwa yang bertanggung jawab adalah Skill dasar dan wajib dimiliki.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Auditor

Baik pengalaman pertama, kedua ataupun ketiga, tahap wawancara memang selalu berakhir dengan menegangkan. Bahkan hal ini tetap berlaku bagi yang mendapatkan promosi menjadi auditor. Berikut beberapa pertanyaan yang biasanya ditanyakan saat interview.

  • Apa yang Anda sukai dari posisi ini?.
  • Kualitas apa yang harus dimiliki?.
  • Langkah yang dilakukan untuk sukses?.
  • Bagaimana cara Anda membantu perusahaan berkembang?.
  • Bagaimana cara Anda bekerja selama ini?.
  • Bagaimana dengan karir Anda dalam 5 tahun kedepan?.

Itulah tadi pembahasan mengenai salah satu profesi yang masih belum banyak mengetahui yaitu Auditor. Dengan ketidakpopuleran posisi tersebut tentu harusnya dapat Anda manfaatkan. Karena secara otomatis pesaingnya pun tak banyak.

Tinggalkan komentar