Call Center : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Salah satu divisi yang mungkin pertama kali Anda hubungi ketika butuh bantuan terhadap suatu layanan perusahaan sudah pasti call center. Namun, faktanya bukan hanya itu saja tapi masih banyak tugas lainnya. Itulah mengapa, perannya sangat penting bagi departement.

Definisi/Pengertian Call Center

Secara definisi Call Center merupakan sebuah layanan panggilan yang berfungsi untuk memberikan berbagai informasi dari suatu perusahaan. Dengan adanya layanan tersebut tentu membantu para pelanggan. Baik mengenai pelayanan hingga berbagai keluhan.

Melalui layanan tersebut tentu membuat informasi mengenai perusahaan, instansi atau suatu produk makin terpusat. Tujuannya agar para pelanggan atau pihak yang bersangkutan tidak bingung mencari informasi. Sehingga semuanya busa terjawab dengan tepat.

Pada dasarnya, layanan ini memang berfungsi guna membantu orang lain dapat terhubung ke pihak bersangkutan. Itulah mengapa tanggung jawabnya sebagai penyambung lidah sangat vital. Perannya pun terbilang penting untuk sebuah perusahaan.

Tugas Dan Tanggung Jawab Call Center

Ketika mendengar jabatan call center, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan peran yang satu. Tempat bertanya, mengeluh hingga protes terhadap sebuah layanan meja di pekerjaan dari divisi tersebut. Namun tugas serta tanggung jawabnya lebih dari itu, berikut ulasannya.

  • Menerima dan melakukan panggilan.
  • Mendengarkan panggilan dengan seksama.
  • Memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan.
  • Memberikan solusi terbaik untuk pelanggan.
  • Memberikan pelayanan terbaik.
  • Penghubung antara perusahaan dan pelanggan.

Gaji Dan Tunjangan Call Center

Jika bicara mengenai gaji seseorang yang mengisi posisi tersebut, maka jawabannya cukup beragam. Hal tersebut dikarenakan jabatannya pun tak hanya ada satu, melainkan beberapa. Alhasil, nominal gaji yang didapat pun berbeda-beda.

Seperti yang diketahui posisi call center terbagi menjadi beberapa bagian. Diantaranya adalah Operator, Supervisor Agent hingga customer service. Setiap dari jabatan tersebut memiliki angka gaji berbeda-beda.

Faktor lain yang cukup memengaruhi gaji dan tunjangannya adalah status pekerja. Bagi karyawan baru umumnya memiliki nominal lebih rendah jika dibandingkan dengan pegawai lama. Kemudian, nilainya pun cukup dipengaruhi oleh perusahaan tempat bekerja.

Baca Juga Back Office : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Syarat dan Kualifikasi Call Center

Meskipun tugasnya terdengar cukup sederhana yaitu menerima dan melakukan panggilan, untuk bisa mengisi posisi tersebut ada klasifikasi khusus. Pasalnya, tanggung jawab yang diemban tak se-mudah apa yang dipikirkan. Berikut syarat dsn kualifikasinya.

Pendidikan dan Pengalaman

Seseorang yang berprofesi sebagai call Center umumnya memiliki pendidikan minimal lulusan SMA/SMK (Sederajat). Selain itu, biasanya sudah mempunyai pengalaman 1 tahun dalam bidang tersebut. Namun, kembali lagi pada kebijakan perusahaan yang membuka lowongan.

Skill dan Kemampuan

Skill utama yang wajib dimiliki oleh profesi call Center adalah komunikasi. Pasalnya, tugasnya adalah menghadapi berbagai macam orang dengan layar belakang berbeda. Selain itu dituntut untuk mampu memberikan solusi. Product knowledge menjadi poin pentingnya.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Call Center

Tahap wawancara pada dasarnya merupakan langkah akhir dari sebuah proses lamaran kerja. Hal tersebut membuat momen interview menjadi sangat krusial. Oleh karena itu Anda harus memanfaatkannya dengan baik. Berikut beberapa bocoran pertanyaan interview call center.

  • Pengetahuan tentang callcenter.
  • Tugas dan tanggung jawab call service center.
  • Infomasi seputar produk dan perusahaan.
  • Metode komunikasi yang biasa digunakan.
  • Bagaimana cara Anda memberikan solusi.
  • Pengalaman selama bekerja.
  • Bagaimana cara menghadapi pelanggan.
  • Berapa gaji yang Anda minta.

Itulah tadi pembahasan Info Gaji mengenai beberapa tugas utama beserta tanggung jawab call center bagi sebuah perusahaan. Setidaknya, poin-poin diatas menambah pengetahuan tentang divisi ini. Jadi, jika berencana untuk mendaftar sebagai callcenter sudah paham akan perannya.

Tinggalkan komentar