Pengertian CEO Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Infogaji.id-Menjabat sebagai CEO di perusahaan tertentu adalah jabatan yang sangat bergengsi. Pasalnya, kamu akan menjadi pemimpin di sebuah perusahaan. Ada banyak tugas yang harus dikerjakan, termasuk membuat kebijakan yang tujuannya untuk perkembangan perusahaan ke arah lebih baik.

Definisi/Pengertian CEO

CEO adalah singkatan dari kata Chief Executive Officer. Ini adalah jabatan eksekutif tinggi dalam perusahaan. Di Indonesia, istilah tersebut lebih dikenal sebagai direktur utama, sehingga harus bisa bertanggung jawab terhadap keseluruhan aktivitas operasional perusahaan.

Seorang Chief punya kekuasaan penuh dalam keputusan investasi dari investor yang potensial. Kekuasaan chief bisa berasal dari jabatan formal, pemilikan saham atau keahlian dan koneksi. Sedangkan menurut Mahbubi, posisi ini adalah pucuk pimpinan manajemen perusahaan.

Sedangkan menurut Sudana dan Aristina (2017), chief adalah direktur utama yang bertanggung jawab mulai dari perencanaan dan memutuskan berbagai keputusan. Selain itu, chief harus bisa menjadi penghubung pihak luar dan dalam.

Baca Juga: Pengertian lengkap Teller

Tugas CEO dan Tanggung Jawabnya

Tugas CEO

Jabatan ini memegang posisi tertinggi dalam perusahaan, sehingga seorang direktur utama harus bisa melakukan fungsi manajerial dengan baik. Mulai dari perencanaan, organisir, pengontrolan dan problem solver.

Tidak hanya itu, seorang chief atau direktur utama harus memenuhi berbagai tugas dan tanggung jawab, sesuai wewenang yang dimilikinya sebagai pucuk pimpinan, salah satunya harus mampu mengimplementasikan visi dan misi perusahaan kepada semua karyawan. Sedangkan tanggung jawab lainnya adalah sebagai berikut:

  • Memimpin perkembangan perusahaan
  • Melakukan koordinasi dengan pihak board of director demi majunya perusahaan
  • Melihat potensi kerjasama dengan pihak lain demi meningkatnya keuntungan
  • Menjalin hubungan baik dengan sesama direktur dari perusahaan lain demi meningkatkan reputasi dan kredibilitas.

Gaji dan Tunjangan CEO

Tugas dan tanggung jawabnya yang besar, membuat CEO memiliki gaji yang sangat besar. Berdasarkan hasil penelitian dari Kelly Services Indonesia, di tahun 2019, gaji direktur utama ada di angka Rp 160.000.000 hingga Rp 250.000.000.

Sedangkan untuk perusahaan konstruksi, pendapatannya jauh lebih tinggi, bahkan mencapai Rp 400.000.000. Kamu akan memperoleh gaji di sekitar Rp 120.000.000 – Rp 150.000.000, apabila bekerja sebagai chief di industri logistic.

Nominal yang tertera tersebut terlihat sangat besar, namun jika dilihat dari segi tanggung jawabnya, sangat seimbang. Pasalnya, chief harus jadi pusat segala keputusan dan kebijakan. Bisa dikatakan bahwa, maju tidaknya perusahaan tergantung dari siapa yang menjadi chiefnya.

Syarat dan Kualifikasi CEO

Bukan perkara mudah menjadi seorang chief yang memimpin perusahaan. Kamu harus punya standar tinggi karena posisi ini bukanlah jabatan sembarangan karena yang mengangkat langsung dari pihak direksi.

1. Pendidikan dan pengalaman

Seorang Chief biasanya memiliki tingkat pendidikan tinggi, minimal lulusan Master dari dalam maupun luar negeri dengan jurusan manajemen, bisnis, hukum dan lain-lain. Selain itu, pengalaman menjadi direktur, sekurang-kurangnya 5 tahun di perusahaan bonafit.

2.  Skil dan Kemampuan

Chief harus memiliki banyak skil dan kemampuan agar bisa memimpin perusahaan semakin maju dari berbagai sisi. Keterampilan interpersonal dan komunikasi yang baik jadi syarat utama. Kamu juga harus punya kemampuan dalam memimpin dan skil analisis yang kuat serta tegas.

Tips Lolos Wawancara CEO

Jabatan ini tidak main-main dan hanya orang-orang tertentu yang bisa mendudukinya. Pasalnya banyak kualifikasi dan pengalaman yang dibutuhkan. Dari segi tes untuk menentukan kandidat terbaik pun tidak sembarangan, termasuk dalam sesi wawancara, dengan pertanyaan berikut ini.

  • Pengalaman memimpin di perusahaan lama
  • Masalah terbesar yang dihadapi perusahaan kecil dan besar
  • Sebutkan kelemahan dan kelebihan

CEO menjadi salah satu penentu berkembangnya perusahaan. Maka dari itu, tidak semua orang bisa menduduki jabatan ini. Apabila kamu ingin menjabat posisi ini, harus benar-benar berusaha dengan maksimal karena perannya sangat penting dalam perusahaan.

Tinggalkan komentar