Cleaning Service : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Salah satu posisi yang juga wajib ada pada sebuah perusahaan adalah cleaning service. Mungkin sebagian orang menganggap perannya tidak begitu krusial. Padahal faktanya keberadaannya sangatlah penting guna menjaga serta merawat seisi gedung dan lainnya.

Definisi/Pengertian Cleaning Service

Jabatan Cleaning service merupakan seseorang yang berprofesi sebagai petugas kebersihan dan tugasnya sama percis seperti namanya. Namun jika bicara mengenai tanggung jawab maka tergantung pada tempat bekerja. Selain itu, posisi pun cukup memengaruhi.

Namun pada intinya, cleaning services tidak akan jauh dari hal-hal yang berurusan dengan kebersihan. Mulai dari merawat sarana prasarana hingga melayani karyawan kantor. Karena itulah tugas serta tanggung jawabnya.

Secara umum, petugas kebersihan pun terbagi menjadi beberapa katogeri, tergantung kebutuhan. Mulai dari maintenence gedung, merawat perlengkapan kantor, hingga melayani pelanggan ataupun pegawai. Pada intinya, memberikan pelayanan terbaik hampir sama dengan call center.

Tugas Cleaning Service Beserta Tanggung Jawabnya

Jika bicara mengenai tugas serta tanggung jawabnya, mungkin Anda sudah memahami dari namanya saja. Namun oada dasarnya, keberadaannya memiliki peran lebih dari menjaga kebersihan saja. Berikut beberapa tugas serta tanggung jawab seorang cleaning service.

  • Membersihkan gedung bagian dalam.
  • Merawat bagian luar.
  • Menjaga kebersihan toilet.
  • Membersihkan setiap ruangan.
  • Memelihara perlengkapan kantor.
  • Memberikan pelayanan terbaik.

Gaji Dan Tunjangan Cleaning Service

Salah satu faktor utama yang cukup memengaruhi gaji dan tunjangan petugas kebersihan adalah tempatnya bekerja. Hal tersebut dikarenakan setiap perusahaan memiliki kebijakan berbeda. Meskipun ada standar nominal, namun tetap saja tidak ada angka pastinya.

Salah satu hal yang dapat menjadikannya angka pasti adalah kebijakan pemerintah dalam mengatur UMR (Upah Minimum). Namun, lagi-lagi setiap kota, provinsi dan daerah di Indonesia memiliki kebijakan berbeda. Jadi, akhirnya cukup memengaruhi nominal gaji.

Setiap perusahaan tentu berusaha untuk berlaku adil kepada para pekerjanya, tak terkecuali petugas kebersihan dikantor. Hal tersebut juga pada akhirnya memberlakukan jabatan dari semua divisi. Mulai dari kepala departemen, back office, staff hingga tingkatan Paling bawah. Cukup diketahui saja, Gaji cleaning service pertamina di beberapa kantor pusat bisa mencapai 4 hingga 5 juta rupiah.

Syarat dan Kualifikasi Cleaning Service

Sama seperti profesi ataupun posisi lainnya yang ada disebuah perusahaan, cleaning service pun memiliki klasifikasi khusus. Jangan Anda berpikir bahwa tugasnya hanya bersih-bersih dan terlihat sangat mudah. Berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

Pendidikan dan Pengalaman

Secara pendidikan, mungkin posisi yang satu ini bisa dikatakan cukup fleksibel. Namun, sebagian perusahaan masih menerapkan lulusan minimal guna memastikan profesionalitasnya. Umumnya, dibutuhkan seseorang lulusan SMA/SMK sederajat.

Skill dan Kemampuan

Untuk menjadi seorang cleaning service tentu membutuhkan Skill dsn kemampuan khusus. Terlebih jika Anda bekerja untuk perusahaan yang memiliki skala cukup besar. Minimal sosok yang dibutuhkan, ulet, disiplin, mencerminkan kebersihan hingga bisa bekerjasama.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Cleaning Service

Wawancara juga pada dasarnya diberlakukan pada proses penerima karyawan yang mengisi posisi satu ini. Interview memang terasa tidak mudah untuk dilalui mengingat momen ersebut sangat memengaruhi keputusan perusahaan. Berikut beberapa tipsnya.

  • Datangalah tepat waktu.
  • Cerminkan kebersihan dalam diri.
  • Bersikap profesional.
  • Ceritakan pengalaman kerja Anda.
  • Perhatikan tutur kata dan gaya bicara.
  • Berkomunikasi dengan baik.
  • Menjawab dengan jujur.
  • Siapkan jawaban dari pertanyaan jebakan.
  • Berikan nominal gaji yang sesuai.

Itulah tadi pembahasan Info Gaji mengenai gaji dan tunjangan cleaning service. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa hal tersebut bergantung pada beberapa poin. Jadi, tidak ada angka pasti atau standarnya, tergantung skala besar kecilnya tempat bekerja dan lainnya.

Tinggalkan komentar