Pengertian CMO Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Infogaji.id-Dalam struktur jabatan perusahaan, ada banyak unsur kepemimpinan. Tidak hanya CEO, tapi juga ada CMO. Di perusahaan besar, ada berbagai divisi yang harus dipimpin oleh orang yang berkompeten di bidangnya.

Definisi/Pengertian CMO

Menurut Market Business Review, arti CMO adalah jabatan eksekutif atau pemimpin yang tanggung jawabnya pada bagian pemasaran atau marketing. Orang yang memegang jabatan ini harus berkoordinasi dengan pimpinan lain dalam menjalankan tugasnya.

Sedangkan dari berbagai sumber lainnya, menyebutkan bahwa CMO sama dengan marketing director. Namun, banyak yang juga menyatakan bahwa tanggung jawab chief marketing lebih luas dari marketing director.

Forbes menuliskan, jabatan ini merupakan posisi yang cukup mengerikan. Pasalnya, seorang chief marketing tidak hanya berkutat soal pemasaran, tetapi juga untuk mengembangkan bisnis. Inovasi besar seringkali justru muncul dari kerja kerasnya.

Tugas CMO dan Tanggung Jawabnya

Chief marketing adalah orang yang punya tugas dan tanggung jawab cukup luas di bidang pemasaran. Kamu harus bisa menentukan tujuan dan mencapai target pemasaran. Seluruh tujuan lengkap dengan masing-masing pencapaiannya harus diimplementasikan dalam strategi marketing.

Chief marketing berwenang dan harus bertanggung jawab untuk memutuskan strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan. Selain itu, masih banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan, diantaranya:

  • Menyesuaikan antara strategi dengan budget yang sudah ditentukan perusahaan
  • Melakukan analisis strategi pemasaran perusahaan
  • Memahami dengan baik aktivitas strategi marketing terbaru
  • Berkontribusi atas bertumbuhnya perusahaan
  • Mengembangkan inovasi dari berbagai instrumen pendukung
  • Memegang kendali pertumbuhan usaha berdasarkan aktivitas marketing yang dijalankan

Gaji dan Tunjangan CMO

CMO adalah jabatan tertinggi dari divisi pemasaran. Di jaman yang serba digital ini, justru akan mempermudah pekerjaan bagian marketing. Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau seorang chief marketing akan naik jabatan menjadi CEO.

Posisinya yang paling tinggi di bagian marketing, maka tentu gaji yang diterima paling top pada divisi pemasaran. Namun, juga tergantung dari perusahaan tempat kamu bekerja, disesuaikan dengan beban dan tanggung jawab yang harus dipegangnya.

Untuk perusahaan besar, umumnya akan memberikan gaji di angka Rp 125.000.000 hingga Rp 200.000.000 sebagai pendapatan pokok. Sedangkan untuk tunjangan dan bonus akan diberikan diluar nominal yang tertera.

Baca Juga: pengertian CEO

Syarat dan Kualifikasi CMO

Chief marketing merupakan aspek yang cukup penting karena jadi penentu brand berkembang pesat atau tidak. Penjualan akan berjalan lancar apabila memiliki seorang pemimpin di divisi pemasaran yang terbaik dengan kualifikasi unggulan.

Kinerja seorang chief marketing bisa dilihat dari keuntungan yang diperoleh suatu perusahaan. Sebagus apapun produk yang ditawarkan, jika perencanaan dan strategi pemasaran yang ditentukan salah, maka tidak bisa diterima masyarakat secara efektif.

1.   Pendidikan dan pengalaman

Kamu bisa menjadi seorang chief marketing apabila sudah berhasil menempuh sekurang-kurangnya S2 dibidang pemasaran. Kamu juga harus sudah berpengalaman minimal 10 tahun di bidang marketing dan pimpinan.

2.   Skil dan Kemampuan

Kemampuan memimpin, analisis, berkomunikasi dengan baik, pemahaman hukum jadi beberapa skil wajib yang harus dimiliki seorang chief marketing. Selain itu, kamu juga harus kreatif dan memiliki kemampuan teknis dalam menggunakan tools analisis dan media sosial.

Tips Lolos Wawancara CMO

Wawancara CMO

Jabatan tinggi pada divisi marketing ini memang membutuhkan seseorang dengan kualitas terbaik. Pasalnya, kamu akan jadi salah satu penentu berkembangnya perusahaan menjadi lebih baik. Apabila kualifikasi memenuhi persyaratan, coba untuk pelajari pertanyaan wawancara berikut ini:

  • Berapa nilai penjualan terbesar
  • Strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan ini
  • Cara mengkoordinasi tim marketing agar melampaui target
  • Kekurangan dan kelebihan

Menduduki jabatan CMO punya tanggung jawab besar di bidang pemasaran. Apabila marketing tidak berjalan dengan baik, maka seluruh sistem perusahaan akan berhenti karena tidak ada permintaan dari pasar. Maka dari itu, chief marketing harus punya strategi terbaik agar produk laris manis.

Tinggalkan komentar