Content Writer : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Pada dasarnya, Content Writer merupakan sosok yang penting dalam proses pembuatan informasi ataupun konten di sebuah Website. Dari penjelasan tersebut mungkin Anda sudah bisa memahaminya. Namun, kalaupun masih kurang jelas silahkan simak ulasan berikut ini.

Definisi dan Pengertian Content Writer

Content Writer merupakan salah satu profesi atau bidang pekerjaan yang memiliki tugas yaitu sebagai penulis profesional. Perihal fokusnya tentu pada dasarnya sangat bervariatif. Mulai dari penulisan berita, artikel, informasi pada sosial media, jurnal dan masih banyak lagi.

Penulis konten adalah salah satu profesi yang saat ini sangat dibutuhkan dan cukup diminati oleh banyak orang. Mengingat bahwa kini media digital menjadi tempat orang-orang dalam mencari informasi. Itulah mengapa bidang tersebut memiliki prospek yang cukup bagus.

Namun dibalik itu semua tentu profesi ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang. Sosoknya harus memiliki Skill serta kemampuan khusus mengingat bidangnya adalah jasa tenaga ahli. Jadi, bagi Anda yang berminat untuk jadi seorang penulis konten harus bekali diri dengan ilmunya.

Tugas Content Writer Beserta Tanggung Jawabnya

Pada dasarnya tugas dari profesi yang satu ini mungkin terdengar cukup sederhana. Pasalnya, dianggap hanya menulis sebuah konten dan nantinya akan diunggah dalam sebuah Website. Namun faktanya tanggung jawabnya tak sesederhana itu, berikut beberapa diantaranya.

  • Membuat atau menulis konten.
  • Mengedit dan mengubah konten.
  • Menganalisa dan melakukan sebuah riset.
  • Mencari kata kunci.
  • Mengedukasi pembaca.

Gaji dan Tunjangan Content Writer

Jika bicara mengenai gaji dari profesi ini memiliki jawaban yang bervariatif. Bahkan Anda dapat menemukan sosok yang sama dengan tugasnya pun seragam namun upahnya berbeda. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor yang berpengaruh terhadap gaji.

Pada umumnya, seorang content Writer juga memiliki beberapa kategori. Pertama yaitu freelance dimana tidak ada ikatan apapun terhadap satu instansi atau perusahaan. Kedua adalah berstatus pegawai atau dengan kata lain bekerja dibawah naungan sebuah lembaga.

Dari kedua unsur tersebut pun tentu memiliki gaji dan tunjangan yang cukup berbeda. Belum lagi dipengaruhi oleh standar upah yang telah ditetapkan pihak terkait. Seperti misalnya kebijakan pemerintah dalam membuat UMK dan juga keputusan perusahaan atau klien.

Syarat dan Kualifikasi Content Writer

Sebagai salah satu profesi yang dikategorikan sebagai tenaga ahli, tentu tak membuatnya bisa dikerjakan oleh siapapun. Pada akhirnya hal tersebut merujuk klasifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang content Writer. Berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Jika Anda berurusan dengan perusahaan ataupun instansi untuk menjadi content Writer maka dibutuhkan pendidikan minimal lulusan SMA/SMK sederajat. Untuk S1 tentu menjadi nilai tambah. Namun dalam bidang ini yang paling penting adalah memiliki pengalaman.

2. Skill dan Kemampuan

Mengisi posisi yang bersifat tenaga ahli tentu membutuhkan banyak Skill. Salah satu diantaranya adalah sudah pasti memahami teknik menulis dengan baik dan benar. Paham akan SEO. Terakhir adalah mengetahui bagaimana melakukan riset.

Baca juga : Gaji, Tugas, Hingga Klasifikasi Menjadi Warehouse yang Perlu Anda Ketahui

Tips Lolos Wawancara Sebagai Content Writer

Jika Anda berencana untuk melamar kerja di perusahaan sebagai content Writer, tentu tahap yang satu ini tak bisa dilewatkan. Proses Interview memang selalu berlangsung menegangkan, namu tidak jika sudah mengetahui peartanyaannya. Berikut beberapa diantaranya.

  • Kualifikasi konten yang bagus?
  • Hal yang dilakukan sebelum menulis?
  • Cara riset terhadap target audiens?
  • Cara menentukan topik konten?
  • Pemahaman tentang SEO-Friendly?

Itulah tadi pembahasan mengani berbagai aspek penting untuk memahami apa itu content Writer. Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang Content Writer.

Tinggalkan komentar