Copywriter : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Dalam industri kreatif tentu sudah tidak asing lagi dengan profesi yang satu ini yaitu Copywriter. Istilah ini digunakan kepada orang-orang yang bekerja sebagai penulis konten. Tujuannya adalah guna menginformasikan ataupun mempromosikan sesuatu.

Definisi dan Pengertian Copywriter

Copywriter adalah sebuah profesi yang bertugas menulis teks dengan tujuan untuk mempromosikan serta memasarkan suatu produk ataupun jasa. Namun tidak bisa disamakan seperti content Writer. Pasalnya, diantara keduanya memiliki tanggung jawab yang berbeda.

Beberapa tahun terakhir ini, profesi ini menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang cukup diminati. Hal tersebut dikarenakan perkembangan dunia bisnis dan digital bergerak secara cepat. Alhasil, pelaku industri kreatif menggabungkan antara keduanya.

Terlebih saat ini sebuah perusahaan ataupun brand telah menyadari bahwa pentingnya melakukan pemasaran secara online. Hal tersebut membuat sosok Copywriter menjadi sangat diburu. Namun pastinya untuk mengisi posisi ini membutuhkan Skill dan kemampuan khusus.

Dalam sebuah perusahaan besar, profesi ini biasanya juga berdampingan dengan para backend developer karena kedua pekerjaan ini memang saling ada kaitannya.

Tugas Copywriter Beserta Tanggung Jawabnya

Dari definisinya mungkin Anda sudah dapat menyimpulkan apa jobdesk dari pekerjaan ini. Namun pada dasarnya, apa yang dilakukan pekerja tersebut tidak sesederhana atau hanya sekedar menulis saja. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawabnya.

  • Membuat konten yang kreatif.
  • Menyajikan konten sesuai target pasar.
  • Melakukan analisa.
  • Mengamati pergerakan sosial media.

Gaji dan Tunjangan Copywriter

Gaji seseorang yang bekerja sebagai Copywriter pada umumnya berkisar Rp. 3.000.000 – Rp. 6.000.000 per bulannya. Namun angka tersebut bisa saja berbeda dari yang Anda dapatkan, entah lebih rendah atau tinggi. Hal itu dikarenakan bergantung pada beberapa faktor.

Perlu diketahui bahwa setiap perusahaan memiliki angka standar untuk urusan pemberian gaji. Hal tersebut juga berlaku pada bagian Copywriter. Jadi bisa dikatakan bahwa pihak perusahaan memegang kendali penuh dalam berapa upah yang akan diberikan.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk memasukkan lamaran kerja, pastikan terlebih dahulu nominal gajinya. Tapi, sejauh ini Copywriter ada yang bersifat freelance atau independen. Dengan begitu penghasilannya tidak bergantung pada suatu perusahaan.

Syarat dan Kualifikasi Copywriter 

Sebelum memutuskan untuk mengambil profesi yang satu ini, tak ada salahnya agar Anda mempersiapkan diri terlebih dahulu. Terutama dalam hal klasifikasi yang umumnya dibutuhkan oleh pihak perusahaan atau lainnya. Berikut beberapa syarat serta kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Umumnya, pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi profesi tersebut adalah SMA/SMK sederajat. Namun yang lebih diprioritaskan ialah lulusan S1 jurusan ilmu komunikasi. Memiliki pengalaman serta sertifikat tambahan dalam bidang menulis menjadi poin penting.

2. Skill dan Kemampuan

Skill yang dibutuhkan dalam profesi tersebut sudah pasti kemampuan dalam menulis. Baik membuat atau mencari ide hingga prosesnya. Selain itu, diperlukan juga ilmu komunikasi untuk pekerjanya. Terakhirnya kemampuan dalam memahami strategi Marketing.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Copywriter 

Profesi ini bukanlah tipe pekerjaan yang bisa dikatakan mudah. Hal tersebut membuat prosesnya pun menjadi cukup rumit tak terkecuali pada tahap wawancara. Berikut beberapa bocoran pertanyaan yang bisa Anda persiapkan sebelum menghadapi proses interview.

  • Kesalahan tersebar selama menjalani profesi tersebut.
  • Hal yang dilakukan sebelum menulis.
  • Pemahaman perihal SEO-Friendly.
  • Alasan mengambil dan menyukai pekerjaan ini.
  • Faktor penting dalam copywriting.
  • Pengalaman selama menjalani profesi tersebut.

Itulah tadi pembahasan mengenai Copywriter yang merupakan salah satu profesi dalam industri kreatif. Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang Copywriter.

Bagi Anda yang ingin terjun dalam bidang tersebut, ada baiknya agar mempersiapkan diri terlebih dahulu. Apalagi perihal soft Skill dan kemampuan lainnya.

Tinggalkan komentar