Digital Marketing : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Istilah digital Marketing tentu bukan lagi sesuatu yang asing khususnya bagi para pelaku bisnis. Hal tersebut karena sudah menjadi bagian paling penting dari berjalannya sebuah usaha. Sederhananya adalah suatu strategi untuk menemukan metode dalam pemasaran.

Definisi dan Pengertian Digital Marketing

Secara definisi, Digital Marketing adalah sebuah aktivitas mempromosikan atau membesarkan sebuah brand dan produk. Namun dalam hal ini metode yang digunakan ialah digital. Terutama mengandalkan perkembangan dunia internet yang kini makin pesat.

Sedangkat sosok yang mengerjakan tugas tersebut umumnya disebut digital marketer. Sesuai seperti definisinya yang berarti tugasnya adalah menyusun strategi hingga menemukan metode paling tepat. Terutama dalam hal memasarkan dan promosi produk atau brand.

Aktivitas seperti itu pada era seperti sekarang ini tentu menjadi bagian penting dalam dunia bisnis. Mengingat saat ini hampir semua orang sangat mengandalkan internet guna menemukan berbagai informasi. Sehingga digital marketer memanfaatkan momen tersebut.

Dalam bekerja, profesi Digital Marketing ini juga dibantu dengan content writer agar konten pemasaran mereka juga nampak menarik. Sehingga kolaborasi keduanya pun juga akan memberikan dampak optimal saat bersaing dengan kompetitor pemasaran.

Tugas Digital Marketing Beserta Tanggung Jawabnya

Tugas dari seseorang yang memegang kendali terhadap digital Marketing bisa dikatakan cukup komplek. Hal tersebut dikarenakan profesi satu ini terus berkembang sering kemajuan dunia digital. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tanggung jawab digital marketer.

  • Content Marketing.
  • Menciptakan konten yang berkualitas.
  • Membantu audiens dalam mendapatkan informasi.
  • Sosial media Marketing.
  • Menjangkau target pasar.
  • Memasarkan melalui SEO.
  • Menentukan metode pemasaran.

Gaji dan Tunjangan Digital Marketing

Jika bicara mengenai gaji sosok yang ada dibalik dari aktivitas digital Marketing bisa dikatakan cukup bervariatif. Anda akan menemukan orang dengan upah rendah bahkan sangat tinggi sekalipun. Hal tersebut dikarenakan bergantung pada kebijakan dari pihak perusahaan.

Umumnya, gaji yang diterima untuk sosok digital marketer yaitu berkisar Rp. 2.500.000 hingga Rp. 10.000.000. Bahkan tak menutup kemungkinan ada yang mendapatkan upah serta tunjangan lebih tinggi. Pasalnya, semua tergantung pada hal-hal yang berkaitan.

Beberapa diantaranya sudah tentu bergantung pada pihak perusahaan yang mempekerjakan. Selain itu, pengalaman menjadi tolak ukur untuk penentuan gaji sebagai digital marketer. Anda tidak bisa memukul rata antara upah fresh graduate )dengan marketer berpengalaman.

Syarat dan Kualifikasi Digital Marketing

Sama seperti profesi lainnya, untuk mengisi posisi sebagai digital marketing tentu membutuhkan spesifikasi khusus. Hal tersebut dikarenakan tugas yang diemban tak bisa dilakukan oleh semua orang. Berikut beberapa syarat dan kualifikasi yang dibutuhkan.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Secara pendidikan umumnya sosok digital Marketing sangat memprioritaskan lulusa S1 ilmu pemasaran. Namun hal tersebut tentu bukan tolak ukur karena bergantung perusahaan. Pastinya membutuhkan orang yang sudah memiliki pengalaman dalam bidang Marketing.

2. Skill dan Kemampuan

Digital marketer butuh Skill dalam bidang komunikasi tentunya. Hal tersebut terlepas dari ilmu utamanya yaitu Marketing. Selain itu, sosoknya dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan terknologi. Selain itu, update tren atas perubahan dunia digital.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Digital Marketing

Tahap wawancara memang selalu menjadi bagian paling krusial dalam proses melamar kerja. Pasalnya momen tersebut merupakan tahap terpenting guna pihak perusahaan mengambil keputusan. Untuk menghadapinya, berikut beberap tips dan persiapan yang perlu dilakukan.

  • Jangan takut memberikan kritik Website perusahaan lain.
  • Eksis dan aktif dalam dunia digital.
  • Jangan memaksakan diri untuk tahu segalanya.
  • Jangan tergiur untuk membahas hal tak penting.
  • Nyaman terhadap kegiatan analisa.

Itulah tadi pembahasan mengenai salah satu bidang yang saat ini sangat dibutuhkan yaitu Digital Marketing. Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang Digital Marketing.

Jika Anda berencana untuk mengambil profesi tersebut maka persiapkan diri terlebih dahulu. Mengingat daya saingnya kini bisa dikatakan cukup ketat.

Tinggalkan komentar