Pengertian Direksi Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Kata direksi mungkin sudah sering didengar. Namun, tidak semua memahami apa maksud dan arti dari kata ini. umumnya, orang awam mengerti bahwa kata tersebut berhubungan dengan perusahaan besar dan orang penting. Tapi apa sebenarnya arti kata itu? berikut ini ulasan dari Infogaji.id..

Definisi/Pengertian Direksi

Menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007, Pasal 1 angka 5, direksi adalah organ perseroan yang memiliki wewenang dan tanggung jawab penuh terhadap pengurusan. Selain itu, direksi juga akan mewakili perseroan di dalam atau di luar pengadilan berdasarkan ketentuan anggaran dasar.

Bisa dikatakan bahwa direksi adalah perkumpulan yang bertanggung jawab terhadap pengurusan perusahaan, yang berhubungan dengan hukum. Maka dari itu, orang-orang yang berada dalam jajaran direksi harus memenuhi kualifikasi terbaik.

Orang-orang yang ada di jabatan ini tidak boleh pernah mengalami pailit. Pasalnya, akan bertanggung jawab atas keberadaan perusahaan di mata hukum maupun karyawan secara keseluruhan. Selain itu, tidak boleh diemban oleh orang yang pernah terlibat kasus pidana.

Simak Juga: pengertian CMO lengkap.

Tugas Direksi dan Tanggung Jawabnya

Jajaran petinggi tersebut harus melakukan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan yang sudah disepakati. Salah satunya adalah melakukan pengurusan perseroan dengan memiliki itikad baik. Segala pengurusan harus dilakukan dengan baik karena berhubungan langsung terhadap hukum.

Tanggung jawab yang dipegang secara pribadi melekat atas kerugian yang didapat perseroan, jika ada anggota yang bersalah dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu, ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus kamu lakukan, diantaranya:

  • Membuat daftar pemegang saham, risalah rapat, daftar khusus dan risalah RUPS
  • Memelihara sema dokumen keuangan perseroan
  • Membuat laporan keuangan perseroan

Gaji dan Tunjangan Direksi

Menentukan gaji untuk pihak direksi berbeda dengan upah yang diterima karyawan pada umumnya. ini ditentukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007, terkait Perseroan Terbatas. Ada 4 poin yang ditetapkan oleh UUD tersebut.

Penetapan gaji dan tunjangan, penetapan gaji, honorarium dan tunjangan. Laporan tahunan RUPS dan rancangan penggabungan atau merger juga ditentukan dalam poin-poin yang diatur dalam Undang-Undang Perseroan.

Gaji dan tunjangan yang diterima cukup besar dan sangat menggiurkan. Perseroan multinasional yang dipegang akan mendapatkan persentase pendapatan 25% dari total keuntungan perusahaan. Maka dari itu, tidak ada nominal pasti yang akan diterima setiap bulannya.

Syarat dan Kualifikasi Direksi

Peranan bagian dewan petinggi sangat penting untuk jalannya aktivitas bisnis sebuah PT. Pasalnya, peraturan undang-undang ikut menentukan syarat dan ketentuan seseorang bisa menjadi anggota dan jajaran komisaris.

1.     Pendidikan dan pengalaman

Perbeda dengan jenis pekerjaan lain yang membutuhkan kualifikasi pendidikan khusus sesuai permintaan perusahaan, bagian jabatan ini harus dijalankan oleh orang perseroan dan memiliki kecakapan dalam hal hukum. Pastinya, harus lulusan sarjana dan magister hukum

2.     Skil dan Kemampuan

Seperti yang sudah disampaikan di atas bahwa kemampuan hukum jadi modal utama agar bisa masuk dalam jajaran pimpinan persero atau komisaris. Maka dari itu, kamu yang memiliki kemampuan di bidang hukum, kemungkinan bisa menjadi bagian dari anggota pimpinan persero.

Tips Lolos Wawancara Direksi

Wawancara Direksi

Orang-orang dengan jabatan khusus yang dapat menjadi anggota pimpinan persero atau komisaris. Untuk mendapatkan posisi ini harus ada penunjukkan dari pihak terkait. Setelah dilakukan pemilihan, kamu akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan berikut ini.

  • Apakah pernah mengalami pailit
  • Pernah terlibat dalam tindak pidana atau yang berhubungan dengan hukum
  • Sejauh apa memahami hukum

Direksi bukan jabatan yang sembarangan. Orang yang menempati posisi ini harus dipilih terlebih dahulu melalui screening pihak persero, sehingga posisi ini tidak bisa dengan mudah diperoleh begitu saja oleh masyarakat biasa.

Tinggalkan komentar