Pengertian Direktur Keuangan Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Infogaji.id-Ada banyak beberapa pimpinan dalam perusahaan. Mulai dari direktur utama hingga direktur keuangan. Apakah kamu ingin menempati posisi ini? Syarat dan kualifikasinya sangat banyak karena berkaitan langsung dengan pengaturan dana perusahaan.

Definisi/Pengertian Direktur Keuangan

Direktur keuangan adalah pemimpin yang melakukan pemantauan dan mengambil keputusan terkait dana perusahaan. Manajer keuangan di sebuah perusahaan akan membantu direktur bagian keuangan demi stabilnya perekonomian.

Dalam Bahasa Inggris, jabatan ini dikenal dengan CFO atau Chief Financial Officer atau kepala jabatan keuangan. Posisi ini memiliki tanggung jawab dalam perencanaan dan pencatatan keuangan. Selain itu, kamu juga harus mengelola berbagai risiko keuangan di sebuah perusahaan.

CFO biasanya akan mendampingi CEO dalam melakukan tugas untuk bertemu dengan pihak lain demi kepentingan perusahaan. Umumnya, aktivitas ini berhubungan langsung dengan dealing project untuk menaikkan omset perusahaan.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Jabatan Direktur dan Tanggung jawabnya

Tugas Direktur Keuangan dan Tanggung Jawabnya

Tugas Direktur Keuangan

Segala hal yang berhubungan dengan keuangan selalu tampak ngeri. Pasalnya, jika ada kekurangan dari uang perusahaan, maka kamu yang harus bertanggung jawab. Terlebih jika menempati posisi direktur di bagian keuangan, maka segala resiko harus dipahami.

Tugas dan tanggung jawab pimpinan di bidang keuangan tidak hanya sekedar bertanggung jawab terhadap uang perusahaan. Namun harus mampu merencanakan pembiayaan perusahaan. Selain itu, ada beberapa lagi tugas yang harus dijalankan, yaitu:

  • Memberikan target kepada seluruh akuntan
  • Membuat strategi pendanaan jangka panjang dan pendek
  • Menjaga posisi keuangan perusahaan agar tidak terjadi masalah
  • Membuat laporan keuangan perusahaan secara berkala
  • Memastikan aktivitas keuangan berjalan sesuai aturan hukum dan pedoman keuangan.

Gaji dan Tunjangan Direktur Keuangan

Jabatan direktur keuangan, sudah tidak perlu diragukan lagi jumlah gajinya. Tentu sangat besar dengan fasilitas kelas atas. Ini bisa terjadi karena tanggung jawabnya sangat besar dalam menjalankan fungsi keuangan perusahaan.

Pemberian gaji bagi pimpinan perusahaan di bidang keuangan cukup beragam. Ini tergantung dari perusahaan tempat bekerja. Apakah milik swasta atau milik negara, tentu gaji yang diterima akan berbeda. Akan tetapi, nilainya tetap besar.

Umumnya, gaji pimpinan di divisi keuangan rata-rata di angka Rp 10.000.000. Apabila pengalamannya sudah sangat banyak, pertama kali mengemban jabatan ini, gaji yang diterima bisa mencapai Rp 25.000.000.

Syarat dan Kualifikasi Direktur Keuangan

Direktur yang bekerja dibagian keuangan memang harus dipegang oleh orang yang mengerti benar tentang seluk-beluk keuangan. Tentu kualifikasi yang ditentukan harus dipenuhi, termasuk dari segi pendidikan, pengalaman dan kemampuan kerjanya.

1.   Pendidikan dan pengalaman

Besarnya tanggung jawab di bidang keuangan perusahaan, membuat seseorang yang akan jadi pemimpin pada departemen keuangan harus memiliki minimal pendidikan magister ekonomi, akuntansi, bisnis dan jurusan lain yang terkait. Pengalaman lebih dari 10 tahun akan membuat kamu dipertimbangkan pada posisi ini.

2.   Skil dan Kemampuan

Kemampuan berkoordinasi dengan komunikasi yang baik akan mempermudah kamu menjelaskan strategi keuangan kepada bawahan dan direktur utama. Skil analisis yang baik terkait bidang keuangan juga harus dimiliki.

Tips Lolos Wawancara Direktur Keuangan

Seperti jabatan direktur pada umumnya, pimpinan divisi keuangan juga dipilih oleh pihak direksi dengan melihat kinerja selama ini. Namun demikian, akan ada beberapa kandidat yang di interview terkait posisi ini dengan pertanyaan sebagai berikut:

  • Apa kelebihan jabatan direktur
  • Apakah kamu ingin menjabat sebagai posisi ini
  • Apa yang akan kamu lakukan jika menempati posisi ini

Persyaratan menjadi direktur keuangan memang tidak mudah. Semua kualifikasi akan tetap tidak bisa dipenuhi apabila kamu bukan orang yang jujur. Pasalnya, posisi ini sangat dengat dengan tindak korupsi, sehingga harus benar-benar berhati-hati.

Tinggalkan komentar