Pengertian Direktur Utama Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Infogji.id-Jabatan direktur memang terdiri dari beberapa posisi. Namun yang paling tinggi jajarannya adalah direktur utama. Apa saja yang menjadi tugas dan wewenang posisi ini? Bagaimana cara agar bisa menduduki jabatan tertinggi di perusahaan?

Definisi/Pengertian Direktur Utama

Pengertian Direktur Utama

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyebutkan bahwa direktur adalah orang yang memimpin sebuah Perseroan Terbatas. Bisa diartikan pula sebagai pimpinan dalam perusahaan. Mengingat dalam perusahaan ada banyak divisi, maka akan ada banyak direktur yang memimpin setiap departemen.

Lalu, apa arti dari direktur utama? Artinya, Pemimpin yang menjadi pemimpin dari seluruh direktur divisi yang ada. Direktur keuangan, operasional, pemasaran dan lain sebagainya, ada di bawah pimpinan direktur utama.

Direktur utama jadi penentu jalannya sistem perusahaan. Bisa dikatakan pula, bahwa posisi ini akan jadi ujung tombak keberhasilan perusahaan dari segi manajemen. Apabila manajemennya bagus, tentu seluruh aspek berjalan sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Pengertian Direktur Keuangan dan Tanggung jawab

Tugas dan Tanggung Jawab Direktur Utama

Semua keputusan besar, pada akhirnya harus diputuskan oleh pimpinan utama perusahaan yaitu direktur. Untuk itu, jabatan ini harus diduduki oleh orang dengan kepribadian baik. Tugasnya tidak hanya dari segi teknis, tetapi secara keseluruhan, diantaranya:

  • Melakukan pengawasan terhadap seluruh fungsi perusahaan
  • Sebagai gambaran perusahaan
  • Merencanakan dan menjalankan strategi terbaik demi lancarnya sistem perusahaan.
  • Menjalin hubungan kerja yang baik antar karyawan
  • Memastikan bahwa seluruh pegawai bekerja dengan baik sesuai SOP 

Gaji dan Tunjangan Direktur Utama

Semua orang sudah paham kalau gaji direktur utama pasti sangat besar karena pekerjaannya dituntut sempurna dan sangat berpengaruh pada sebuah perusahaan. Bagi direktur yang baru diangkat jabatan, gajinya sebesar Rp 100.000.000.

Seiring dengan berjalannya waktu dan pengalaman, gaji direktur akan naik sesuai ketentuan perusahaan. Umumnya, direktur dengan pengalaman dibawah 5 tahun, akan mendapat gaji antara Rp 150.000.000 sampai Rp 250.000.000.

Sedangkan direktur yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun, akan mendapatkan gaji Rp 350.000.000 setiap bulan. Angka yang sangat fantastis dan besar. Apalagi, nilai yang tertera tersebut masih terhitung gaji pokok dan belum ditambah dengan tunjangan dan fasilitas lainnya.

Syarat dan Kualifikasi Direktur Utama

Demi mendapatkan direktur pertama yang punya kualitas unggulan, ada beberapa syarat yang diajukan. Mulai dari tingkat pendidikan, pengalaman, skil dan kualifikasi. Ketiga komponen ini sangat dibutuhkan untuk mendapat kandidat terbaik.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Mulai dari jenjang minimal pendidikan Master, jadi apabila ada orang dengan gelar doktor bidang keuangan, maka kemungkinan diterima semakin tinggi. Disisi lain, pengalaman dalam menjadi direktur minimal 5 tahun, juga akan jadi pertimbangan.

2. Skil dan Kemampuan

Menjadi pemimpin bukan perkara mudah. Kamu harus bisa memimpin banyak orang dan memastikan bahwa semua terkoordinasi dengan baik. Skil lain yang perlu dimiliki adalah keterampilan bahasa Inggris agar bisa memaparkan program dengan baik dalam bahasa asing

Tips Lolos Wawancara Direktur Utama

Wawancara adalah tahap pencarian kandidat terbaik untuk berbagai posisi, tak terkecuali pimpinan utama perusahaan. Jika interview berjalan dengan lancar, maka kemungkinan kamu jadi salah satu kandidat terkuat. Pelajari pertanyaan interview berikut ini agar hasilnya maksimal.

  • Pengalaman terbaik saat jadi direktur
  • Pengalaman terburuk saat jadi direktur
  • Strategi dalam mengatur perusahaan
  • Cara menyelesaikan masalah internal
  • Cara menyelesaikan masalah eksternal
  • Ceritakan latar belakang keluarga

Apabila kamu terpilih menjadi direktur utama, pastikan bahwa menjalankan pekerjaan dengan baik tanpa ada diskriminasi bawahan. Kamu juga harus mengkomunikasikan segala hal dengan baik tanpa marah-marah agar masalah bisa terselesaikan dengan baik.

Tinggalkan komentar