Pengertian Direktur Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

InfogajiDirektur adalah jabatan tinggi dalam perusahaan. Umumnya, orang yang menempati posisi ini akan memiliki kekuasaan terhadap banyak hal, termasuk untuk memimpin perusahaan. Banyak orang yang mengira bahwa jabatan ini mudah karena hanya duduk di kursi yang empuk, tapi nyatanya tanggung jawabnya sangat besar.

Definisi/Pengertian Direktur

Arti direktur dalam KBBI adalah seorang pimpinan yang tugasnya mengatur, memberikan nasihat, menyelesaikan permasalah yang terjadi di perusahaan atau instansi. Posisi ini didapatkan dari pemilihan khusus yang dilakukan oleh pihak direksi.

Dari beberapa manajer yang membawahi divisi tertentu, akan dipilih yang paling berkompeten untuk menduduki jabatan ini. Jadi, seorang pimpinan perusahaan tidak dicari dengan cara membuka lowongan pekerjaan seperti posisi lainnya.

Jabatan ini terdiri dari beberapa komponen, tergantung dari kebutuhan perusahaan. Mulai dari pimpinan keuangan, marketing, produksi dan lain sebagainya. Semua pemimpin tersebut akan mempertanggungjawabkan pekerjaannya kepada direktur utama.

Simak Juga: Tentang Jabatan Direksi Lengkap Penjelasan serta tanggung jawabnya.

Tugas Direktur dan Tanggung Jawabnya

Tugas Direktur

Menempati posisi sebagai direktur, rasanya terlihat begitu menyenangkan karena terlihat hanya duduk, tanda tangan dan datang ke rapat. Padahal, ada banyak tanggung jawab yang harus diselesaikan demi perkembangan perusahaan, diantaranya:

  • Menyusun strategi terbaik agar kemajuan perusahaan semakin pesat
  • Mengimplementasikan visi misi perusahaan
  • Melakukan evaluasi perusahaan
  • Sebagai wajah perusahaan
  • Mengawasi jalannya sistem perusahaan

Gaji dan Tunjangan Direktur

Besarnya tanggung jawab dan tugas yang harus diselesaikan direktur, maka tidak heran jika gajinya sangat besar. Perlu diketahui, bahwa gaji pimpinan perusahan tergantung dari perusahaan tempat bekerja. Pendapatan dari perusahaan swasta, berbeda dengan yang diterima oleh instansi.

Pada dasarnya, siapapun yang menempati posisi sebagai pimpinan perusahaan, memiliki wewenang agar bisa memutuskan segala hal. Namun, kamu juga harus mampu bertanggung jawab terhadap keputusan yang sudah dipilih, sehingga sangat masuk akal jika gajinya besar.

Gaji seorang pimpinan perusahaan sebesar Rp 150.000.000 hingga Rp 450.000.000 belum termasuk tunjangannya. Umumnya, pimpinan perusahaan akan mendapatkan banyak fasilitas seperti mobil, tempat tinggal dan jaminan kesehatan.

Syarat dan Kualifikasi Direktur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa posisi ini tidak dibuka seperti pencarian karyawan pada umumnya. Akan tetapi pihak direksi lah yang melakukan pemilihan dengan berbagai pertimbangan pendidikan, pengalaman dan skil.

1.     Pendidikan dan pengalaman

Pihak direksi dan komisaris akan memilih orang yang berkompeten untuk memimpin perusahaan. Setidaknya, seseorang yang sudah lama berpengalaman dengan bidang kepemimpinan yang sama dan merupakan lulusan universitas bonafit dengan nilai terbaik.

2.     Skil dan Kemampuan

Pemegang saham atau pihak direksi tidak mau main-main untuk memilih pimpinan karena jabatan ini akan menjadi penentu jalannya perusahaan. Orang dengan kemampuan memimpin yang baik akan jadi prioritas utama. Selain itu, skil analisisnya juga harus kuat untuk membawa perusahaan semakin maju kedepannya.

Tips Lolos Wawancara Direktur

Posisi sebagai direktur banyak diincar oleh manajer. Pasalnya, ini adalah jabatan tertinggi di perusahaan dan wewenangnya lebih besar. Maka dari itu, para manajer akan berlomba-lomba menunjukkan kualitas terbaiknya. Pada saat wawancara akan ada beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Strategi terbaik dalam menjalankan perusahaan
  • Apa yang jadi kekurangan dan kelebihan kamu
  • Pengalaman terbaik dalam memimpin perusahaan

Direktur punya kewenangan besar dalam mengatur perusahaan. Maka dari itu, kamu perlu memiliki kemampuan mengkoordinasikan semua bawahan agar bisa diajak bekerjasama demi terciptanya suasana kerja yang menyenangkan.

Tinggalkan komentar