Editor Artikel : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Profesi sebagai Editor artikel mungkin tidak se-populer pekerjaan lainnya. Namun ketahuilah bahwa pekerjaan yang satu saat ini cukup diminati. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan akan konten atau artikel berkembang pesat. Baik untuk sebuah perusahaan ataupun lainnya.

Definisi dan Pengertin Editor Artikel

Secara definisi editor adalah seseorang yang bertanggung jawab atas semua fungsi terhadap penyuntingan. Mulai dari proses mengamati, merevisi hingga memperbaiki. Tujuannya adalah guna menyajikan sesuatu yang sesuai dengan ketentuan serta standar tertentu.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa editor artikel adalah sosok yang bertanggung jawab atas penyuntingan sebuah artikel setelah sebelumnya dikerjakan oleh para copywriter. Dengan begitu, tugasnya adalah memastikan bahwa semua konten sudah memenuhi ketentuan dan standarnya. Kalaupun tidak maka akan ada revisi.

Peran seorang editor tentu sangatlah krusial. Pasalnya posisi ini menjadi salah satu tolak ukur layak atau tidaknya sebuah artikel sebelum di publish. Dengan begitu, apabila terjadi kesalahan bukan hanya dari penulis taoi juga editor. Jadi, harus jeli dsn teliti saat mengamati.

Tugas Editor Artikel Beserta Tanggung Jawabnya

Seorang editor sudah pasti mengamati apa yang ditugaskan untuk memastikan semuanya telah sesuai. Dalam hal ini dikhususkan pada bidang artikel. Namun, tugasnya bukan hsnya itu saja tapi lebih kompleks lagi. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawabnya.

  • Mengamati Artikel.
  • Menyunting atau memperbaiki artikel.
  • Memastikan artikel sudah sesuai ketentuan.

Gaji dan Tunjangan Editor Artikel

Jika bicara mengenai gaji dan tunjangan seorang editor artikel, maka tidak ada nominal pasti. Bisa dikatakan bahwa profesi ini sangat bergantung terhadap tempatnya bekerja. Skala perusahaan baik kecil ataupun besar cukup memengaruhi nilai upah yang didapatkan.

Oleh karena itu, sebelumnya pihak perusahaan yang membuka lowongan akan menjabarkan apa saja klasifikasinya. Selain itu, umumnya nominal gaji ikut serta ditampilkan sebagai gambaran. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya perubahan melalui negosiasi.

Terlebih jika Anda merupakan salah satu editor berpengalaman, maka nominal gajinya mungkin bisa saja tinggi. Selain itu, pada posisi profesi tersebut terdapat beberapa bagian atau jabatan. Hal itu pun pada akhirnya memengaruhi nilai upah dan tunjangan pekerja.

Syarat dan Kualifikasi Editor Artikel

Sebelum Anda memutuskan untuk mengirim lamaran kerja sebagai editor artikel, tentu sebaiknya persiapkan diri terlebih dahulu. Bukan hanya sekedar kelengkapan akan dokumen tapi juga kemampuan. Berikut beberapa syarat dan kualifikasi yang harus dipenuhi.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan yang dibutuhkan untuk umumnya adalah lulusan SMA/SMK sederajat. Namun, akan lebih baik lagi jika menyandang status sarjana dalam bidang literasi. Pengalaman minimal 1 tahun dan hal tersbeut akan menjadi poin tambahan membuka peluang.

2. Skill dan Kemampuan

Skill utama yang harus dikuasai sudah pasti memahami proses tulis dan menulis. Namun bukan hanya itu saja, sosok editor harus teliti dan jeli dalam memerhatikan tulisan. Jadi, bisa dikatakan bahwa membutuhkan seseorang yang detail serta mampu berpikir kritis.

Tips Lolos Wawancara Editor Artikel

Menjadi seorang editor artikel juga sudah pasti akan menghadapi proses wawancara. Apalagi jika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan besar yang bergerak dalam bidang tersbeut. Namun jangan khawatir berikut beberapa persiapan sebelum tahap interview.

  • Pengetahuan tentang bidang artikel.
  • Pemahaman tentang tugas seorang editor artikel.
  • Alasan mengambil profesi editor.
  • Pengalaman bekerja sebelumnya.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa hal seputar editor artikel. Mulai dari definis, tugas hingga gaji serta tunjangannya. Namun point pentingnya adalah bagaimana Anda mempersiapkan diri. Sebab, profesi ini sangat mengandalkan kemampuan individu.

Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang editor artikel.

Tinggalkan komentar