Pengertian Lengkap Finance, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Infogaji-Ada banyak divisi dalam perusahaan, termasuk bagian yang mengelola keuangan. Selain accounting, posisi finance cukup penting karena berkaitan dengan pengelolaan dana perusahaan. Jabatan ini harus dipegang oleh orang dengan ketelitian tinggi, karena kaitannya dengan uang perusahaan.

Definisi/Pengertian Finance

Finance berasal dari bahasa Inggris yang artinya keuangan. Sedangkan secara ilmu pengetahuan, berkaitan dengan pengelolaan uang. Ini dilakukan agar kondisi keuangan tetap stabil dan perhitungannya tepat. Tidak ada kekurangan atau kelebihan dana.

Merujuk pada jabatan, finance merupakan pekerjaan yang kaitannya dengan pengelolaan keuangan di sebuah perusahaan. Maka dari itu, pengawasan keluar masuknya uang perusahaan juga diawasi oleh bagian keuangan. Sistem keuangan juga harus diperbaiki oleh divisi ini.

Seorang staf keuangan hanya perlu bekerja di dalam ruang kantor dan berkutat dengan laptop tanpa harus terlibat langsung di lapangan. Staff keuangan harus memahami kondisi keuangan perusahaan dengan baik agar bisa memilah pendanaan yang bisa di acc atau tidak.

Tugas Finance dan Tanggung Jawabnya

Berbeda dengan akuntan yang hanya membuat laporan tanpa harus berhubungan langsung dengan uang. Staf keuangan bersentuhan langsung dengan uang perusahaan. Staf keuangan fokus pada tugas pengelolaan, pencarian, pengalokasian dan pembayaran di sebuah perusahaan.

Selain itu, staf keuangan juga memegang langsung dana perusahaan dan melakukan pengaturan uang kas perusahaan dan memastikan bahwa dana sesuai dengan laporan yang sudah dibuat akuntan. Di sisi lain, tanggung jawab staf keuangan cukup banyak, diantaranya:

  • Mengatur keuangan perusahaan
  • Melakukan pembayaran kebutuhan perusahaan
  • Mengontrol transaksi keuangan
  • Membuat laporan jurnal pembiayaan keuangan
  • Menerima berbagai dokumen melalui vendor
  • Mengelola dana perusahaan bersama pimpinan

Gaji dan Tunjangan Finance

Gaji dan tunjangan sebagai finance cukup besar. Ini sangat masuk akal karena tugasnya sangat besar. Dana yang keluar dan masuk di pegang langsung oleh staf keuangan, sehingga keberadaan uang perusahaan menjadi tanggung jawab penuh staf keuangan.

Gaji yang diterima oleh staf keuangan di angka Rp 4.500.000 untuk pemula atau fresh graduated. Sedangkan untuk staf keuangan yang berpengalaman, pendapatannya bisa mencapai di atas Rp 10.000.000. Gaji akan diterima setiap bulan.

Uang tersebut belum termasuk tunjangan jabatan dan bonus lainnya. Maka dari itu, banyak orang yang ingin menjadi seorang staf keuangan. Namun, tetap diingat bahwa tanggung jawab besar terhadap uang perusahaan harus tetap dipertimbangkan jika kamu ingin menjadi staf keuangan.

Baca juga: Pengertian dan Tanggung jawab accounting

Syarat dan Kualifikasi Finance

Staf keuangan harus diemban oleh orang dengan ijazah tertentu. Selain itu, ada kemampuan dan skil tertentu yang harus dipenuhi agar bisa menjadi seorang staf keuangan. Pasalnya, jabatan ini membutuhkan kualifikasi berikut ini:

1.     Pendidikan dan pengalaman

Lulusan minimal S1 yang berkaitan dengan keuangan dan sertifikat akuntan, dapat menjadi kandidat sebagai staf keuangan. Selain itu, pengalaman di bidang yang sama juga akan menentukan seseorang bisa diterima sebagai staf keuangan atau tidak.

2.     Skil dan Kemampuan

Seorang staf keuangan harus mampu mengelola keuangan dengan baik. Selain itu, kamu juga harus mampu mempresentasikan hasil analisis di depan manajemen. Pribadi yang jujur harus dimiliki sebagai seorang staf keuangan.

Tips Lolos Wawancara Finance

Lolos wawancara sebagai staff keuangan memang tidak mudah. Kamu harus mempersiapkan diri dengan baik supaya bisa diterima. Persiapan harus dilakukan meskipun kamu udah punya pengalaman di bidang keuangan. Umumnya, pertanyaan yang diberikan saat interview adalah sebagai berikut:

  • Jelaskan pekerjaan yang harus ditangani bagian keuangan
  • Kualitas yang harus dimiliki seorang staf keuangan
  • Gambarkan diri
  • Kekurangan dan kelebihan

Finance adalah jabatan cukup strategis karena dipercaya untuk mengelola keuangan. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa resiko dan tanggung jawabnya sangat besar, karena harus membawa uang perusahaan secara langsung.

Tinggalkan komentar