Front Office : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Jabatan Front Office merupakan salah satu bagian penting bagi sebuah perusahaan. Pada ukumnya divisi ini juga dikenal dengan sebutan receptionist. Seperti namanya, bahwa tugasnya adalah berada dibagian depan kantor atau biasanya berada di lobby serta ruang tunggu.

Definisi/Pengertian Front Office

Pengertian front Office jika diartikan kedalam bahasa Indonesia yaitu depan kantor. Sedikit membingungkan memang, jika dimaknai begitu saja. Namun secara definisi front office adalah Salah satu departemen atau divisi yang keberadaannya ada dibagian terdepan perusahaan.

Divisi ini pada umumnya berlaku pada sebuah hotel dan perusahaan besar. Jika Anda melihat karyawan yang ada dimeja resepsionis, maka itulah salah satu staff front Office. Tugasnya sudah pasti menerima dan melayani tamu ataupun klien yang bersangkutan dengan perusahaan, hampir mirip dengan call center yang melayani klien secara daring.

Area depan sebuah kantor merupakan salah satu tempat yang dianggap sangat sibuk. Hal itulah yang membuat peran posisi ini menjadi cukup penting. Mulai dari melayani, memberi arahan hingga memberikan berbagai macam informasi yang dibutuhkan pelanggan.

Tugas Front Office Beserta Tanggung Jawabnya Untuk Sebuah Perusahaan

Supaya proses pendaftaran menjadi lebih lancar dan kemungkinan besar diterima, maka pahami juga tugas utama dari front Office. Setidaknya dapat Anda jadikan barometer tentang apa saja yang mesti dikuasai. Berikut beberapa tugas pentingnya.

  • Melayani pemesanan kamar hotel.
  • Melayani proses check-in dan check-out.
  • Memberikan berbagai informasi kepada tamu.
  • Menangani barang bawaan tamu.
  • Layanan sambungan telepon.
  • Menangani proses pembayaran.
  • Penghubung tamu dengan bagian cleaning service jika ada hal yang diperlukan.

Gaji dan Tunjangan Front Office

Salah satu hal penting yang perlu Anda cari tahu ketika ingin melamar kerja adalah mengeni gaji serta tunjangannya. Tentu hal tersebut berlaku pada semua posisi tanpa terkecuali front Office. Secara umum nominalnya sangat beragam dan tidak begitu pasti.

Hal tersebut dikarenakan, jika bicara mengenai gaji maka akan ada banyak faktor yang memengaruhi. Mulai dari perusahaan tempat Anda bekerja hingga seberapa besar skalanya. Belum lagi, setiap daerah memiliki standar upah yang berbeda-beda.

Jika Anda bekerja disebuah hotel, maka hal tersebut juga dipengaruhi oleh level bintangnya. Namun kisaran gaji secara umumnya yaitu Rp. 2.000.000 – Rp. 9.000.000 per bulannya. Semuanya bergantung pada posisi, pengalaman serta tempat bekerja.

Syarat Dan Kualifikasi Front Office

Menjadi seorang resepsionis merupakan salah satu opsi sebagian orang untuk bisa bekerja. Perihal gaji tentu sangatlah bervariatif semuanya bergantung pada perusahaan tempatnya bekerja. Namun terlepas dari itu penting untuk Anda ketahui syarat dan kualifikasi-nya.

Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi divisi front Office pada umumnya adalah minimal SMA/SMK sederajat atau lulusan S1. Semua tergantung pada pihak perusahaan serta hotel yang ingin menerima pegawai. Namun, biasanya tidak lebih dan kurang dari syarat minimal.

Skill dan Kemampuan

Soft Skill yang harus dimiliki oleh posisi ini adalah komunikasi serta berperilaku ramah dan sopan. Selain itu, penampilan yang menarik pun menjadi salah satu poin penting dan cukup Dipertimbangkan. Kemudian, mampu mengoperasikan software atau perangkat komputer.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Front Office

Untuk bisa diterima dalam sebuah perusahaan, tentu dokumen bukanlah satu-satunya faktor. Pasalnya, tahap wawancara pun menjadi momen vital bagi pihak pembuka lowongan untuk menerima pegawai baru. Berikut beberapa tips lolos wawancara sebagai front Office.

  • Berpakian yang rapi dan bersih.
  • Membawa dokumen yang dibutuhkan.
  • Sertakan sertifikat tertentu.
  • Perhatikan gaya bicara.
  • Tunjukan sikap profesional.

Itulah tadi pembahasan Info Gaji mengenai beberapa syarat dan kualifikasi untuk menjadi seorang front Office. Dengan begitu, kini Anda bisa mulai mempersiapkannya sejak awal. Alhasil, kesempatan bisa diterima di sebuah perusahaan pada posisi tersebut jadi lebih besar.

Tinggalkan komentar