Frontend Developer : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Frontend developer mungkin menjadi salah satu profesi yang ada berkat perkembangan teknologi. Meskipun terdengar cukup asing, pekerjaan tersebut saat ini sangat diminati. Terlebih kini banyak perusahaan, instansi ataupun lainnya yang membutuhkannya.

Definisi dan Pengertian Frontend Developer

Secara definisi, Frontend developer adalah seseorang yang bertugas untuk mengembangkan suatu program ataupun Website. Oleh karena itu, pekerjaan yang satu ini sangat mengandalkan teknologi masa kini. Terlebih perihal pengembangan software dan lainnya.

Hal tersebut membuat profesi yang satu memiliki klasifikasi khusus dalam penerimaan pekerja. Pasalnya, Skill dan kemampuan yang dibutuhkan bersifat tidak umum atau sangat mengandalkan ilmu pendidikan. Apalagi perannya terbilang cukup vital bagi perusahaaan.

Jika bicara mengenai posisi, front developer terbagi menjadi beberapa bagian. Hal tersebut memicu tugas yang dikerjakannya pun cukup beragam. Bahkan tanggung jawabnya bukan hanya sekedar mengembangkan saja, melainkan lebih komplek dari yang Anda ketahui.

Tugas Frontend Developer Beserta Tanggung Jawabnya

Sebelum Anda memutuskan untuk masuk ke bidang tersebut tentu ada baiknya agar pahami terlebih adalah akan tugasnya. Hal tersebut bertujuan gua persiapan diri dan mempelajari berbagai aspek pentingnya. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab Frontend developer.

  • Menentukan struktur halaman Website.
  • Memaksimalkan UX (User Experience).
  • Menyeleraskan antara fungsi serta etika.
  • Memastikan kompatibilitas pada Website.
  • Optimasi Website.
  • Konsistensi Branding pada Website.
  • Dan masih banyak lagi.

Gaji dan Tunjangan Frontend Developer

Gaji seseorang yang bekerja dalam posisi Frontend developer bisa dikatakan cukup tingga. Hal tersebut dikarenakan perannya yang tergolong vital bagis sebuah perusahaan ataupun kelembagaan. Namun, perihal nominal upahnya seejauh itu tidak ada angka pasti.

Secara umum gaji yang diterima untuk posisi ini berkisar Rp. 6.800.000 hingga mencapai puluhan juta. Hal tersebut bergantung seberapa besar tanggung jawab yang diembannya. Selain itu, pengalaman serta kinerja juga sangat memengaruhi upah yang didapatkan.

Namun secara umum untuk seorang pekerja baru pun gajinya bisa mencapai Rp. 3.000.000 Perbulannya. Tidak menutup kemungkinan adanya kenaikan apabila diimbangi dengan kinerja yang epik. Jadi, kesimpulannya gaji serta tunjangan dipengaruhi oleh banyak faktor.

Syarat dan Kualifikasi Frontend Developer

Seperti profesi lainnya yang membutuhkan Skill dan kemampuan khusus, Frontend developer juga pada dasarnya begitu. Bahkan bisa dikatakan tidak semua orang dapat melakukannya. Berikut beberapa penjelasan mengenai hal yanh dibutuhkan.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pada dasarnya pendidikan yang diprioritaskan dalam posisi tersebut adalah sosok lulusan sarjan teknik informatika. Secara umumnya S1 lulusan ilmu komputer. Hal tersebut dikarenakan klasifikasi utamanya ialah memahami bahasa pemrograman.

2. Skill dan Kemampuan 

Perihal Skill yang dibutuhkan untuk Frontend developer adalah berbagai macam bahasa pemrograman. Sebab hal tersebut merupakan modal utama untuk bisa mengerjakan semua tugasnya. Selain itu, didasari dengan soft Skill berupa komunikasi dan masih banyak lagi.

Baca juga : Gaji, Tugas, Hingga Kualifikasi Menjadi Digital Marketing yang Perlu Anda Ketahui

Tips Lolos Wawancara Sebagai Frontend Developer

Selain mempersiapkan berbagai macam dokumen yang dibutuhkan saat melekat kerja, Anda juga harus memahami unsur lainnya. Salah satu diantaranya adalah mengenai bagaimana cara menghadapi tes wawancara. Berikut beberapa pertanyaan perihal interview-nya.

  • Ketertarikan dengan coding.
  • Sistem kerja yang Anda terapkan.
  • Pertanyaan seputar HTML.
  • Pertanyaan tentang CSS.
  • Pertanyaman tentang JS. 
  • Pertanyaan umum.
  • Pertanyaan tentang pengalaman.

Itulah tadi pembahasan mengenai salah satu profesi yang cukup digandrungi saat ini yaitu Frontend Developer. Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang Frontend Developer.

Meskipun peluangnya terbuka lebar, namun Anda harus membekali diri dengan Skill dan kemampuannya. Sebab, tingginya persaingan yang ada dibidang tersebut.

Tinggalkan komentar