Frontliner : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Bagi sebagian orang mungkin pekerjaan frontliner ini terdengar cukup asing ditelinga. Pada dasarnya, frontliner merupakan salah satu kategori profesi atau jabatan disebuah perusahaan. Sesuai namanya, dimana keberadaannya ada di bagian terdepan suatu kantor.

Definisi dan Pengertian Frontliner

Jika mendengar istilah Frontliner mungkin akan terdengar cukup asing terutama bagi orang awan. Namun bedanya jadinya apabila mendengar kata customer Services, teller hingga resepsionis. Padahal diantaranya memiliki kesamaan dalam tugas hingga tanggung jawab.

Pada dasarnya jabatan ini merupakan sebuah divisi kategori yang umumnya ada disuatu perusahaan. Tugas utamanya adalah memberikan layanan serta informasi kepada pelanggan yang membutuhkan. Itulah mengapa perannya terbilang sangat vital.

Sesuai dengan namanya, posisi ini berada dibagian depan suatu kantor atau area tersibuk seperti lobby dan sejenisnya. Profesi garda depan perusahaan ini juga memiliki beberapa jenis lainnya dengan tugas serta tanggung jawab berbeda-beda. Mulai dari teller, front office, customer service hingga resepsionis.

Tugas Frontliner Beserta Tanggung Jawab

Jika bicara mengenai tugas dari Frontliner mungkin Anda akan merasa bingung. Tapi apabila disebutkan satu persatu kategori yang ada didalamnya, secara otomatis akan paham. Berikut beberapa tugas serta tanggung jawab utama yang diemban oleh staffnya.

  • Menerima Panggilan.
  • Sebagai sumber informasi pelanggan.
  • Memberikan solusi terhadap masalah pelanggan.
  • Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
  • Mwmberikan arahan sesuai ketentuan.
  • Penghubung klien dengan bagian-bagian tertentu, semisal kabag, finance atau juga bagian cleaning service.

Gaji Dan Tunjangan Frontliner

Jika bicara mengenai gaji dan tunjangan profesi yang satu ini maka nominalnya akan sangat bervariatif. Meskipun ada nilai standar yang diterapkan, namun hal tersebut bukan patokan pasti. Pasalnya, ada banyak faktor dan cukup memengaruhi nilai gaji dengan jabatan staff ini.

Frontliner sendiri memiliki beberapa sub kategori hingga jabatan yang diisi. Hal tersebut membuat nominal gaji hingga tunjangannya menjadi bervariatif. Bahkan, mulai dari Rp. 2.000.000 sampai Rp. 8.000.000 tergantung posisi yang diemban.

Selain itu, faktor lain yang juga memengaruhi nilai gaji adalah tempat bekerja. Perusahaan memiliki kebijakan tertentu dalam menentukan upah kepada para karyawannya. Ada yang menerapkan UMR ataupun tidak. Tergantung ketentuan yang berlaku saja.

Syarat dan Kualifikasi Frontliner

Syarat dan kualifikasi tentu menjadi hal penting yang harus Anda ketahui saat ingin melamar sebuah pekerjaan. Hal itu juga berlaku pada profesi yang satu ini dimanan memiliki klasifikasi khusus untuk para calon karyawannya. Berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

Pendidikan dan Pengalaman

Pada umumnya, minimal pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut adalah lulusan SMA/SMK hingga S1. Semuanya bergantung pada sosok yang dibutuhkan oleh perusahaan. Selain otu, biasanya sudah mempunyai pengalaman selam 1 tahun.

Skill dan Kemampuan

Perihal kemampuan, soft Skill yang harus dimiliki oleh calon karyawan adalah ilmu komunikasi. Mengingat tugas utamanya adalah menghadapi pelanggan ataupun klien yang berkaitan dengan perusahaan. Selain itu, mampu mengopersikan komputer dan masih banyak lagi.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Frontliner

Untuk bisa bekerja sebagai seorang karyawan tentu harus melewati tahap wawancara terlebih dahulu. Hal tersebut juga berlaku pada kualifikasi Frontliner. Agar mampu melalui tahap interview secara maksimalc berikut beberapa tips yang mungkin dapat diterapkan.

  • Kenali perusahaan tempat Anda melamar.
  • Cari tahu tentang posisi Frontliner.
  • Pahami aspek penting posisi staff tersebut.
  • Perkenalkan diri dengan spesifik.
  • Jangan terlalu basa-basi.
  • Bersikap profesional.

Itulah tadi pembahasan Info Gaji mengenai salah satu divisi yang ada pada sebuah perusahaan yaitu Frontliner. Jika bicara mengenai pendidikan dan pengelaman tentu sangat dibutuhkan dan menjadi hal wajib dipenuhi. Dengan begitu kesempatan untuk diterima jadi makin terbuka.

Tinggalkan komentar