Full Stack Developer : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Istilah full stack developer mungkin sedikit asing dibandingkan dengan profesi atau posisi lainnya. Hal itu dikarenakan section yang satu ini tidak dimiliki oleh perusahaan. Pasalnya, hanya dibidang tertentu saja khususnya yang bergerak dibidang digital atau software.

Definisi dan Pengertian Full Stack Developer

Secara definisi, full stack developer merupakan sosok pengembang aplikasi ataupun Website yang bekerja campuran (Hybrid). Pada bidang ini terbagi menjadi dua bagian Front end developer dan backend developer.. Supaya lebih paham, ketahui juga pengertian keduanya.

Frontend developer merupakan sosok yang ada pada bagian terdepan atau Finishing dalam sebuah Project. Bisa diartikan tugasnya adalah membuat tampilan sebuah Website atau aplikasi menjadi lebih menarik. Tujuannya tentu untuk menciptakan daya tarik dari segi visual.

Sedangkan Backend developer mengatur serta mengelola semua sistem yang ada pada Website ataupun aplikasi. Bisa dikatakan sosok ini adalah perancang utama sebelum nantinya dilanjutkan oleh Frontend developer. Namun keduanya tentu memiliki peran yang penting.

Tugas Full Stack Developer Beserta Tanggung Jawabnya

Tugas yang dipegang oleh sosok Full stack developer pada dasarnya cukup kompleks. Sebab, sebuah proses pengerjaan suatu aplikasi ataupun Website sangat bergantung pada sosok yang satu ini. Supaya lebih jelas, berikut beberapa tugas dan tanggung jawabnya.

  • Membuat perencanaan dalam Project.
  • Merancang Website atau aplikasi.
  • Merancang tampilan.
  • Membangun server side.
  • Menguji hasil dari rancangan.

Gaji dan Tunjangan Full Stack Developer

Jika bicara mengenai gaji, maka jawabannya akan sangat bervariatif. Anda mungkin saja tidak menemukan nilai yang sama dari setiap pekerjanya. Hal tersebut dikarenakan ada banyak faktor yang cukup memengaruhi. Namun bukan berarti nominalnya tidak memiliki standar.

Gaji rata-rata yang diterima oleh seorang full Stack developer yaitu berkisar Rp. 4.800.000 – Rp. 6.000.000. Namun nominal tersebut tidak menjadi nilai pasti dari setiap perusahaan yang mempekerjakan. Pasalnya, ada berbagai macam hal yang dijadikan pertimbangan.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk mengambil profesi tersebut sebaiknya pahami terlebih dahulu ketentuannya. Termasuk mengenai gaji beserta kualifikasi yang dibutuhkan. Pasalnya, semakin berpengalaman maka makin besar nilainya.

Syarat dan Kualifikasi Full Stack Developer

Sosok yang dibutuhkan untuk mengisi posisi satu ini tentu tidak bisa diisi oleh sembarang orang. Mengingat tugasnya lebih dari developer, baik Frontend ataupun Backend bahkan dituntut untuk dapat mengusai keduanya. Berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan yang diprioritaskan untuk posisi ini adalah S1 teknik informatika, sistem informasi dan lainnya. Pastinya sangat mengutamakan keahlian dalam bidang komputer. Terlebih Kika Anda memiliki pengalaman maka hal tersebut akan menjadi nilai tambah.

2. Skill dan Kemampuan

Secara Hard Skill, sosok full Stack developer wajib menguasai bidang Frontend dan juga Backend developer. Selain itu harus paham akan manajemen database serta pemrograman. Kemampuan dasarnya adalah mampu bekerja sama dengan tim.

Baca juga : Gaji, Tugas, Hingga Kualifikasi Menjadi Editor Artikel yang Perlu Anda Ketahui

Tips Lolos Wawancara Sebagai Full Stack Developer

Jika Anda sedang dalam situasi ingin menghadapi tes wawancara sebagai full Stack developer, jangan khawatir. Pasalnya yang perlu dilakukan adalah hanya mempersiapkan diri dari kemungkinan berbagai pertanyaan umumnya. Berikut beberapa diantaranya.

  • Bahasa Pemrograman Favorit.
  • Contoh aplikasi atau web yang pernah dikerjakan.
  • Jelaskan sistem yang digunakan.
  • Hal terpenting yang harus dimiliki dalam bidang ini.
  • Cara Anda mengikuti dan menghadapi trend.
  • Pemahaman tentang Design pattern.
  • Jelaskan pengalaman selama bekerja.

Itulah tadi pembahasan mengenai Full Stack developer. Untuk bisa mengisi posisi tersebut setidaknya Anda harus menguasai bidang Frontend dan Backend developer. Selain itu, persiapkan juga berbagai macam Skill dasarnya agar membuka peluang lebih besar.

Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang Full Stack developer.

Tinggalkan komentar