Info Gaji Karyawan PT Finmas

Gaji Karyawan PT Finmas – Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, gaji adalah hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pengusaha kepada pekerja/buruh yang diangkat dan sesuai dengan kontrak kerja, perjanjian atau peraturan.

Peraturan Perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja dan lainnya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang diberikan yang menjadi dasar bagi  gaji di PT Finmas.

Secara sederhana, komponen gaji PT Finmas adalah hak yang diterima pekerja dari perusahaan, yang ditentukan dan dibayarkan berdasarkan suatu perjanjian atau perjanjian kerja yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Dalam praktiknya, Gaji Karyawan PT Finmas terdiri dari beberapa komponen, termasuk komponen tertentu. Biasanya gaji karyawan terdapat komponen atas pajak dan iuran seperti BPJS ketenagakerjaan. 

Info Gaji Karyawan PT Finmas Terbaru 2021 yang Melebihi UMR

Semua komponen Gaji PT Finmas merupakan total pendapatan yang diterima karyawan setiap bulan atau masa kerja sesuai dengan kontrak kerjanya. Secara umum, gaji yang diterima karyawan terbagi menjadi beberapa komponen, antara lain:

Upah Pokok

Upah pokok adalah upah yang dibayarkan kepada pegawai tergantung pada tingkat atau jenis pekerjaannya. Gaji PT Finmas bermacam-macam yang sesuai dengan jenis pekerjaan dan tingkatan pekerjaan.

Besaran tersebut berkaitan dengan upah minimum regional (UMR) yang berlaku di kota/daerah serta dengan jabatan dan tanggung jawab karyawan di perusahaan khususnya berkaitan dengan gaji PT Finmas.

Sebagai aturan, bagian dari upah dasar tidak melebihi 75% dari total upah. Gaji Finmas sendiri memiliki rata-rata gaji diatas UMR.

Tunjangan

Tunjangan merupakan komponen gaji karyawan. Di Indonesia, dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. Tentunya berbagai tunjangan ini salah satunya dapat menjadi tambahan gaji karyawan PT Finmas.

1. Tunjangan Tetap

Berdasarkan SE-07/MEN/1990 tentang pengelompokan upah, tunjangan tetap adalah pembayaran tetap yang berkaitan dengan pekerjaan tetap bagi pegawai dan keluarganya dan dibayarkan dalam satuan waktu yang sama dengan upah pokok. Contoh tunjangan tetap adalah tunjangan pasangan, tunjangan anak, tunjangan perumahan, tunjangan daerah, dll.

2. Tunjangan Sementara

Tunjangan sementara adalah pembayaran yang secara langsung atau tidak langsung terkait dengan karyawan, diberikan secara sementara dan setelah satu unit waktu dibayarkan yang tidak mencocokkan pembayaran upah pokok, misal tunjangan dihitung berdasarkan kehadiran, tunjangan makan jika diberikan berdasarkan kehadiran, dll.

Potongan Gaji

Ada pengurangan yang tidak ditentukan, misalnya denda karena terlambat, denda karena melanggar peraturan perusahaan, dll sesuai dengan kebijakan perusahaan. Ada juga potongan tetap seperti PPh 21 atau tunjangan sosial yang iurannya dipotong sebagian dari gaji PT Finmas, seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. 

Besaran pemotongan gaji Finmas ini dihitung berbeda untuk setiap karyawan. Hal ini terkadang mempersulit proses penggajian karena komponen pajak penghasilan karyawan perlu diperhitungkan.

Belum lagi ketika melaporkan PPh 21 setiap bulannya. Hal ini menuntut agar staf SDM atau pihak yang bertanggung jawab menghitung pajak pegawai lebih berhati-hati agar tidak salah menghitung PPh 21 dan tidak terlambat melaporkan pajak kepada negara. 

Meski demikian karyawan dapat menghindari pengurangan gaji Finmas dengan datang sesuai dengan jam masuk kerja. Sehingga tidak begitu besar potongan gaji yang harus dikeluarkan.

Upah Lembur

Upah lembur merupakan gaji yang mempekerjakan karyawannya di luar jam kerja dengan ketentuan membayar upah lembur dan nantinya dimasukkan ke dalam perhitungan gaji.

Besarnya uang lembur ini sebagai tambahan atas gaji Finmas yang telah ditentukan sesuai dengan kebijakan perusahaan dan kesepakatan antara kedua belah pihak (perusahaan dan karyawan). Tentunya memperhatikan jam kerja yang diperhitungkan sebagai tambahan gaji di PT Finmas.

Bonus

Bonus merupakan komponen terakhir dalam perhitungan gaji karyawan. Jenis pembayaran yang termasuk dalam tunjangan adalah tunjangan hari raya, tunjangan kinerja, tunjangan tahunan, dll. Perhitungan besaran bonus karyawan ini didasarkan pada syarat dan ketentuan serta pedoman perusahaan.

Lalu, berapa gaji karyawan PT Finmas ? Gaji rata-rata bulanan staf penjualan dikutip dari indeed, gaji karyawan PT Finmas di Indonesia sekitar Rp 5.369.488.

Selain itu, menjadi karyawan PT Finmas terdapat berbagai keuntungan seperti memperoleh biaya service/bulan, di luar gaji Finmas. Bahkan, bonus bulanan yang tidak terbatas disertai jenjang karir yang menjanjikan, pelatihan pengembangan karyawan, penempatan di pusat perbelanjaan /department store (bukan penjualan lapangan).

Profil Singkat PT Finmas

PT Finmas merupakan perusahaan yang bertujuan sebagai platform pinjaman secara seluler terkemuka di Indonesia dan berkomitmen untuk membangun masa depan yang lebih inklusif secara finansial bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Finmas menyediakan akses kredit sesuai permintaan yang cepat, mudah, dan terjangkau melalui aplikasi selulernya. 

PT Finmas didirikan oleh tim teknologi digital internasional dengan pengalaman luas dalam membangun dan meningkatkan pertumbuhan bisnis.

PT Finmas juga dapat dikatakan sebagai perusahaan pinjaman peer-to-peer yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan mitra Sinarmas, sebagai mitra strategis dan eksekutif pendiri perusahaan internet revolusioner serta sebagai penasihat strategis. Sebab misi PT Finmas yaitu, membuka kebebasan finansial dan peluang bagi semua Warga Negara Indonesia.

Contoh Slip Gaji PT Finmas

Slip gaji merupakan bukti atas pembayaran dari pekerjaan yang dilakukan. Dalam slip gaji karyawan biasanya terdapat dua komponen. Komponen sisi pendapatan dan komponen pengurangan.

Komponen sisi pendapatan contohnya, gaji pokok, tunjangan-tunjangan, serta bonus. Sedangkan dari sisi pengurangan, terdapat komponen contohnya pengurangan pajak, asuransi, BPJS, dan iuran lainnya. Berikut contohnya :

Contoh Slip Gaji PT Finmas
Contoh Slip Gaji PT Finmas

Catatan : Slip gaji diatas bukannya slip gaji PT Finmas yang asli melainkan hanyalah contoh agar kamu bisa mendapatkan gambaran seperti apa bentuk slip gaji itu.

Persyaratan Kerja

Untuk bergabung di PT Finmas syarat dibutuhkan tergolong tidak cukup sulit. Untuk level Sales dibutuhkan pendidikan minimal SMA/SMK dengan usia 19-40 tahun. Namun, untuk level manager perlu pendidikan minimal Sarjana dengan bidang komputer, teknik informatika, dan bidang berkaitan lainnya disertai pengalaman yang mumpuni. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengunjungi website resmi perusahaan Finmas https://www.finmas.co.id/ .

Produk/Layanan

Produk/layanan yang diberikan PT Finmas merupakan pendanaan. Terdapat dua jenis pendanaan yaitu Cash Advance dan Installment.

  1. Cash advance merupakan pendanaan dengan limit minimal 500.000 hingga 5.000.000. Syarat yang diperlukan berupa E-KTP disertai slip gaji ataupun kartu karyawan dengan mulai dari 0,27% dengan rentang pengembalian 1-3 bulan.
  2. Untuk installment memiliki limit yang sama dengan Cash Advance. Tetapi lebih khusus diperuntukan ke belanja dengan waktu pengembalian waktu hingga 9 bulan. Adapun syaratnya cukup lampirkan KTP disertai SIM/NPWP/BPJS/lainnya

Penutup

PT Finmas merupakan perusahaan yang bergerak di pendanaan dengan produk yang diperkenalkan ada dua jenis. Pertama pendanaan untuk kegiatan bukan belanja dan kegiatan belanja, limit yang diberikan hingga Rp 5.000.000.

Gaji karyawan PT Finmas terdiri dari dua komponen yaitu pendapatan dan pengurangan. Untuk syarat menjadi karyawan di perushaan Finmas minimal berpendidikan SMA/SMK untuk Sales. Dikutip dari Indeed rata-rata gaji di PT Finmas yang diberikan sudah melebihi UMR. Bagaimana? Tertarik untuk bekerja di PT Finmas?

Tinggalkan komentar