Info Gaji Pegawai Bank BI

Gaji Pegawai Bank BI – Sebelum membahas lebih lanjut mengenai gaji pegawai bank BI alangkah baiknya jika kamu tahu terlebih dahulu, apa sih itu BI beserta peranannya. Bank Indonesia atau BI adalah lembaga milik negara yang mengatur sistem perbankan di Indonesia atau bisa disimpulkan BI bukan perusahaan perbankan tembat menyimpan dan menarik uang.

Berapa sih gaji karyawan di bank BI? “ mungkin pertanyaan demikian pernah terlintas dikepala banyak orang, atau mungkin salah satunya kamu dan berfikir “wah pasti gede nih, secara kan lembaga keuangan” Yaps benar sekali, tapi mengenai informasi lebih detailnya, yuk kita simak dibawah ini.

Daftar Gaji Pegawai Bank BI (Bank Indonesia) Seluruh Jabatan Terbaru 2021

Berikut daftar gaji karyawan Bank BI beserta jabatannya :

NoJabatan Karyawan Besaran Gaji / Bulan
1Manager /Akuntansi / KeuanganRp. 20 – 35 Juta / Bulan
2Assistant Manager /Adminstrasi Rp.10 – 17 Juta / Bulan
3Gubernur BI Rp.41 – 100/ Bulan
4Eksekutif BIRp.25 -70 Juta / Bulan
5Director /Eksekutif BIRp.25 – 70 Juta / Bulan
6Akuntansi / Keuangan Rp.15 – 18 Juta / Bulan
7Audit /Akuntansi Keuangan Rp.15 – 18 Juta / Bulan
8Analyst and HR Related HRD Rp.11 – 13 Juta / Bulan
9Secretary For Director /Adminstrasi Rp.5 – 7 Juta / Bulan
10Sekretaris /Adminstrasi Rp.5 – 7 Juta / Bulan
11Manager /ManajemenRp.10 – 28 Juta / Bulan
12Assistant Manager /Manajemen Rp.11 – 13 Juta / Bulan
13Pengawas Bank /Manajemen Rp.11 – 13 Juta / Bulan
14Kepala Bagian Rp.7 – 15Juta / Bulan
15Manajemen Rp.10 – 28 Juta / Bulan
16Officer Rp.15 – 18 Juta / Bulan
17Staf Administrasi /Adminstrasi Rp.3 – 5 Juta / Bulan
18Staff HRD Rp.3 – 5 Juta / Bulan
19Pelayanan Profesional Rp.9 – 11 Juta / Bulan
20Legal /Pelayanan Profesional Rp.9 – 11 Juta / Bulan
Daftar Gaji Bank BI

Diatas adalah daftar gaji karyawan di Bank BI beserta jabatannya, jika diamati dengan seksama nominal diatas terbilang cukup tinggi, bayangkan saja gaji seorang Akuntansi berada di kisaran angka 15 hingga 18 juta perbulan. Akan tetapi hal tersebut sangatlah wajar, jika dilihat dari Bank BI bukanlah lembaga sembarangan.

Baca Juga :

Profil dan Sejarah Singkat

Gaji Bank BI

Bank Indonesia atau yang lebih kerap disebut BI adalah sebuah lembaga negara yang telah berdiri sejak 1953, namun ada faka yang mungkin tak semua orang tau, yakni BI dulunya merupakan lembaga yang dibangun oleh pemerintah hindia belanda, yang kala itu masih bernama De Javasche Bank dan disingkat DJB dan berubah nama menjadi Bank Indonesia pasca Indonesia meraih kemerdekaan.

Bank Indonesia merupakan Bank Sentral yang bertujuan menjadi  lembaga yang mengatur dan memelihara kestabilan mata uang rupiah baik kestabilan mata nilai mata uang dan jasa domestic serta kestabilan nilai akan mata uang asing atau KURS.

Pengambil alihan Bank Indonesia didahului dengan proses nasionalisasi De Javasche Bank NV (DJB) yang diselenggarakan pada Desember 1951 dengan dilandaskan Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 1951 Tentang Nasionalisasi De Javasche Bank NV. Setelah itu pemerintah membuat undang – undang tentang penetapan undang – undang pokok bank Indonesia.

Hingga saat ini Bank Indonesia mampu menjadi lembaga keuangan yang bertanggung jawab atas keberlanjutan sistem keuangan Indonesia.

Contoh Slip Gaji Karyawan

Berikut contoh slip gaji karyawan, namun gambar dibawah ini bukanlah slip gaji dari Bank Indonesia melainkan hanyalah sebagai contoh semata, namun sebenarnya slip gaji pada umumnya tak jauh beda dari gambar tersebut yakni sama – sama berisi informasi mengenai gaji secara lebih mendetail..

Contoh Slip Gaji Bank BI
Contoh Slip Gaji Bank BI

Baca Juga :

Persyaratan Bagi Pelamar Kerja

Dapat bekerja lembaga tersebut tentu sebuah prestasi yang membanggakan, lantaran tak sembarang orang  dapat meraihnya. Hal tersebut tak lain karena persyaratan untuk dapat masuk ke lembaga tersebut tak semudah membolak balikkan telapak tangan, lalu apa saja persyaratannya? Yuk simak dibaha ini.

Jabatan : Tenaga Swakelola Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran (DPSP) BI

Syarat Pencaker :

  • Pendidikan minimal S1 jurusan Ilmu Ekonomi/Studi Pembangunan/ Perbankan/ Statistik/ Teknik Industri atau jurusan lain yang relevan terbuka bagi yang berpengalaman/ Fresh Graduate
  • Berusia maksimal 30 tahun (per 31 Agustus 2021)
  • Menguasai Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint, Outlook)
  • Menguasai Bahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulis
  • Tidak pernah dikenakan sanksi oleh BI terkait dengan pelaksanaan pengadaan sebelumnya di BI
  • Memiliki pengetahuan dan mengikuti isu-isu terkini baik nasional dan internasional terutama yang terkait bidang ekonomi/ keuangan digital/ perbankan
  • Menguasai software pengolahan data untuk statistik/ ekonometrika seperti Eviews/ SPSS/ Stata/ R
  • Memiliki pengalaman dalam penyusunan kuisioner, pelaksanaan monitoring atau survei kegiatan dan tabulasi data informasi hasil monitoring
  • Memiliki pengalaman dalam penyusunan model bisnis, menyusun data, analisis data dan koordinasi dengan pihak terkait dalam pengumpulan informasi maupun konfirmasi
  • Pengalaman dan pengetahuan dalam bidang Sistem Pembayaran menjadi nilai tambah yang sangat dipertimbangkan

Berkas Lamaran (Scan dalam format .pdf) :

  • Curriculum Vitae (CV)
  • Ijazah & Transkrip nilai
  • KTP & NPWP
  • Foto formal berwarna ukuran 4X6
  • Sertifikat TOEFL/TOEIC/IELTS yang masih berlaku

Catatan : Lowongan dan persyaratan diatas bisa saja sudah tidak berlaku, untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan kunjungi laman resmi Rekrutmen BI melalui link berikut Karier Bank BI.

Tugas dan Fungsi Bank Indonesia

Berikut fungsi dan Tugas Bank Indonesi terhadap keberlangsungan sistem keuangan di Indonesia :

1. Menjadi Kasir Uang Pemerintah

BI, bukan perusahaan perbankan seperti Bank pada umumnya, BRI misalnya, melainkan lebih jauh melampaui dari level tersebut. Tugas BI yang pertama ialah menjadi kasir uang pemerintah. Maksud dari hal tersebut adalah BI menjadi sumber keuangan pemerintah baik itu menyimpan dan menarik uang untuk kebutuhan operasional negara.

2. Mengeluarkan dan Mengedarkan Uang

Dulu saat masih kecil, mungkin kamu pernah berfikir “wah siapa ya,pembuat uang? Enak dong banyak duitnya” jika benar berarti kita sama :P. selain menjadi kasir bagi negara, teryata BI juga mempunyai wewenang untuk mencetak serta mengedarkan uang kepada public, melalui bank.

3. Menjaga Kestabilan Terhadap Mata Uang Asing

Kurs adalah nilai mata uang sebuah negara di negara lain atau bisa juga disebut nilai tukar pembayaran dinegara lain. Menjaga kestabilan nilai rupiah adalah salah satu tugas Bank Indonesia, bayangkan saja tidak ada BI sudah pasti nilai rupiah sangat anjlok.

4. Menetapkan Peraturan Perbankan

BI bisa juga disebut induk dari perbankan yang ada di negara kita, oleh karena itu BI memiliki wewenang membuat peraturan yang harus dipatuhi oleh bank  – bank Indonesia.

Akhir Kata

Bank Indonesia bukanlah perusahaan layaknya perbankan pada umumnya, yang memberikan pinjaman dan kegiatan financial lainnya kepada para nasabahnya, melainkan lembaga negara yang mengatur segala aktifitas moneter yang berjalan di Indonesia.

Berbicara mengenai gaji di Bank BI sudah pasti tak perlu dikhawatirkan lagi dan sangat layak untuk diperjuangkan. Demikian pembahasan pada artikel Gaji Pegawai Bank BI kali ini semoga bermanfaat dan jangan lupa share yah!

Tinggalkan komentar