Info Gaji Pilot Citilink

Cita-cita menjadi pilot masih banyak didambakan oleh anak-anak di Indonesia. Selain bisa bepergian kesana kemari, seorang pilot juga mendapatkan bayaran gaji yang sangat besar. Salah satu perusahaan penerbangan yang menggaji pilotnya dengan angka yang fantastis adalah Citilink. Gaji pilot Citilink bisa mencapai tujuh digit alias puluhan juta. Berikut ini penjelasan mengenai Perusahaan Citilink dan gaji para pilot dan krunya:

Profil Perusahaan Citilink

Maskapai penerbangan yang banyak digunakan oleh warga Indonesia ini dulunya adalah anak perusahaan dari maskapai Garuda Indonesia pada tahun 2001. Lalu tahun 2012 sudah menjadi perusahaan sendiri dan terpisah dari Garuda Indonesia. Maskapai ini tidak hanya melayani rute-rute dalam negeri tetapi beberapa rute luar negeri juga sudah disediakan.

Rute luar negeri yang disediakan yaitu Jeddah, Timor Leste, China, Malaysia, dan Australia. Sedangkan rute dalam negeri sudah meliputi berbagai kota dan daerah di Indonesia seperti, Lombok, Batam, Jayapura, Gorontalo, dll. Berbagai penghargaan sudah banyak diterima oleh maskapai ini. Jadi jangan khawatir terhadap kualitas maskapai Citilink.

Maskapai ini juga dikenal sebagai maskapai pesawat yang murah tetapi kualitasnya sangat bagus dan tidak kalah saing dengan maskapai pesawat lainnya. Hal ini karena visi dari maskapai ini yang memang demikian. Sehingga wajar saja banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan maskapai ini.

Gaji Pilot dan Kru Pesawat di Citilink

Gaji Para Pilot

Maskapai Citilink memang menaruh perhatian yang sangat besar kepada para pegawainya. Hal ini sesuai dengan visinya yang tercantum di perusahaan Citilink. Itulah alasan banyak yang mencoba untuk bekerja di perusahaan ini.

Perhatian yang sangat besar ini tidak hanya pada suasana kerja yang nyaman saja, melainkan juga dari besaran gajinya. Gaji pilot Citilink terbilang sangat besar setelah gaji para pilot Garuda Indonesia. Besaran gaji pilot yang masih junior saja sudah berkisar Rp15 juta sampai Rp20 jutaan per bulannya tergantung dari jam terbang.

Juniornya saja sudah dapat besaran gaji yang besar, apalagi gaji seniornya. Gaji kapten pilot seniornya berkisar Rp48 jutaan. Sungguh fantastis bukan ? Angka gaji tersebut belum termasuk yang lain-lain seperti tunjangan hari raya, fee allowance, tunjangan kesehatan, dll.

Besaran gaji tersebut memang membuat iri bagi kebanyakan orang. Namun gaji yang besar tersebut sangatlah wajar, karena tanggung jawab yang diemban juga sangat berat. Kapten pilot memiliki tugas sebagai pengambil keputusan tertinggi dalam menjalankan pesawatnya. Apalagi jika ada kondisi darurat, maka kapten pilot bertanggung jawab pada keselamatan penumpangnya.

Maka dari itu, tidak mudah untuk menjadi pilot. Ada pemeriksaan fisik yang harus dijalani terlebih dahulu. Selain itu, ada sekolah khusus yaitu sekolah penerbangan yang harus ditamatkan. Biaya untuk sekolahnya saja tidak main-main besarnya. Karena sekolah penerbangan tidak hanya mengasah keterampilan saja tetapi juga mengajarkan moral sebagai pilot.

Gaji Co-Pilot

Para Co Pilot juga memiliki pendapatan yang besar. Namun, tentu saja tidak sebesar kapten pilot. Besaran gaji pilot Citilink pada posisi Co Pilot berkisar Rp30 juta sampai Rp40 jutaan tergantung jam terbang yang dilaluinya. Sama seperti halnya kapten pilot, gaji yang besar tersebut adalah yang wajar karena tugas sebagai Co Pilot juga berat.

Co Pilot bertugas sebagai pendamping Kapten pilot yang tentu saja harus bekerjasama dalam mengendalikan pesawat. Selain itu, juga bertanggung jawab jika ada kondisi darurat yang mengharuskan kapten pilot menyerahkan tugasnya ke Co pilot. Jadi seorang Co Pilot juga harus bisa menerbangkan pesawat.

Gaji Pramugari

Profesi sebagai pramugari pun turut menjadi incaran dan dambaan bagi para perempuan. Bahkan banyak anak perempuan yang punya cita-cita ingin menjadi pramugari. Hal ini wajar karena pekerjaan sebagai pramugari senior memiliki gaji yang bisa jadi setara dengan gaji pilot Citilink juniornya.

Gaji pokok pramugari junior di maskapai Citilink berkisar Rp4 jutaan per bulannya. Sedangkan gaji pokok bagi pramugari yang sudah senior mencapai Rp6 jutaan. Besaran gaji tersebut belum digabung dengan upah lain-lainnya seperti, uang terbang per jamnya, bonus, ,tunjangan kesehatan, tunjangan remain over night, dll yang jika ditotal bisa Rp20 jutaan.

Pendapatan yang diperoleh tersebut tentu sepadan dengan tanggung jawab dan resiko kerjanya. Seorang pramugari harus bisa ramah dalam melayani, cakap dalam berbahsa, dan siap menerima resiko selama dalam penerbangan seperti pesawat jatuh atau mengalami kecelakaan.

Baca Juga:

Tahapan Rekrutmen Pegawai

Bagi yang ingin menjadi pilot, co pilot, maupun pramugari di maskapai penerbangan, tentu harus lolos semua tahapan rekrutmen. Hal ini penting supaya disaat penerbangan, baik semua awak kabin dan penumpang bisa selamat sampai tujuan dan mendapatkan pelayanan yang memuaskan.

Untuk bisa menjadi seorang pramugari, ada banyak tahap seperti tahap seleksi berkas, tahap pemeriksaan fisik seperti tinggi dan berat badan. Selain itu, harus lolos tahap psikotes dan keterampilan bahasa Inggris, tahap performance, tahap interview, hingga lolos pantauan akhir.

Begitu juga jika ingin menjadi pilot, ada tahapan yang harus dilalui. Tahapannya mulai dari seleksi berkas, tahap pengukuran body mass index, tahap uji teori penerbangan, tahap tes bahasa Inggris. Jika sudah lolos, maka peserta seleksi akan masuk ke tahap interview, dan terakhir tahap pengujian medis secara mendalam. Semuanya harus bisa lolos.

Demikian penjelasan mengenai perusahaan maskapai Citilink dan gaji pilot Citilink beserta awak kabin lainnya. Memang besar gaji yang didapatkan namun tanggung jawab yang harus diemban juga sangat besar. Bagi yang ingin menjadi bagian dari kru pesawat harus bisa lolos semua tahapan seleksinya.

Tinggalkan komentar