Info Gaji Pilot

Menjadi seorang pilot sudah pasti banyak didambakan oleh banyak orang, pasalnya gaji pilot yang menggiurkan menjadi pertimbangan menggeluti profesi ini. Tak hanya dikhususkan untuk laki-laki, seorang perempuan juga bisa menjadi seorang pilot hingga tahap kapten sekaligus.

Gajinya besar, berseragam rapi, dan bergengsi penuh, itulah alasan kenapa pilot banyak dicita-citakan oleh banyak anak muda. Namun, kerjanya sangat sibuk serta intensitas waktu pulang ke rumah yang jarang.

Memang kuantiti pilot wanita lebih sedikit di banding pilot laki-laki. Akan tetapi, adanya pilot wanita memang tidak boleh diremehkan. Perbandingan antara banyaknya pilot wanita dan pilot laki-laki benar-benar sangatlah berbeda.

Menjadi seorang pilot tentu saja tidak mudah. Melewati proses seleksi yang panjang, biaya studi yang mahal, serta ketatnya para pesaing-pesaing saat penyeleksian. Tak heran jika siswa yang diterima sekolah penerbangan pastinya sehat dan bibit unggulan.

Di Indonesia banyak terdapat sekolah penerbangan mulai dari yang negeri maupun swasta. Biaya studi yang dibebankan bervariasi tergantung pada kualitas pembelajaran dan prospek kerja dari para alumni nya. Untuk kalian yang memang bercita-cita menjadi seorang pilot maka siapkan secara matang fisik, mental, serta juga finansial.

Beberapa contoh sekolah penerbangan yang ada di Indonesia meliputi STPI ( Sekolah Tinggi penerbangan Indonesia ) Curug, Politeknik Penerbangan Makassar, Politeknik Penerbangan Surabaya, Bali International Flight Academy, Aero Flyer Institute, Alfa Flying School, dan masih banyak lagi. Siswa penerbangan cetakan sekolah-sekolah berikut sudah tidak diragukan skill nya.

Dari banyaknya sekolah tinggi penerbangan yang ada di Indonesia masa studi dan biaya yang harus dikeluarkan saat menempuh studi berbeda dari setiap instansinya. Dari masa studi mulai dari 1 tahun hingga 3 4 tahun dan biaya studi kisaran 100 juta rupiah hingga mencapai titik 3 milyar rupiah.

Jelas sudah banyak dimengerti bahwa tugas seorang pilot adalah menerbangkan atau mengendarai alat transportasi udara atau pesawat atau yang biasa disebut juga burung besi. Dalam satu kali jalan penerbangan seorang kapten pilot tidak bertugas sendiri, didampingi dengan first officer dan pilot junior.

Pilot kapten bertugas menerbangkan dan menjalankan pesawat serta memegang tanggung jawab penuh maskapai selama perjalanan. Tanggung jawab ini merupakan tanggung jawab yang besar mengingat beliau membawa banyak nyawa dari penumpang dan juga kru pesawat seperti pramugari.

Menyinggung tentang pilot yang menjadi dambaan banyak karena gajinya besar memang tidak salah. Gaji per bulan dari profesi pilot memang tidak tanggung-tanggung setara dengan besarnya tugas dan risiko saat perjalanan. Kisaran dari gaji pilot kurang lebih diatas 15 juta tergantung pada jabatan dan tugasnya.

Di Indonesia terdapat banyak sekali maskapai penerbangan yang menawarkan jasa transportasi udara mulai dari kelas ekonomi hingga kelas bisnis. Mulai dari Citilink, Lion Air, Batik Air, Garuda Indonesia dan masih banyak lagi. Mengantar penumpang dalam negeri maupun ke luar negeri.

Setiap maskapai menawarkan gaji yang berbeda-beda kepada setiap pilotnya. Gaji terbesar memang di pegang oleh Garuda Indonesia dan untuk maskapai lainnya masih dalam ranah hampir sama. Hal tersebut belum terhitung tunjangan dan komisi lainnya selain dari hitungan gaji pokok.

Syarat Menjadi Pilot

Gaji Pilot

Perlu kalian ketahui jika syarat menjadi pilot sudah diterapkan sejak seleksi masuk sekolah pilot, jadi beda sekolah mungkin saja berbeda persyaratan tinggi badannya. Namun sebagai acuan, biasanya persyaratan mengikuti seleksi masuk pilot itu mencakupi:

  1. Tinggi badan minimal 160 cm untuk perempuan dan untuk laki-laki minimal 165 cm.
  2. Usia minimal 18 tahun, maksimal 23-26 tahun.
  3. Lulus SMA/sederajat.
  4. Tidak buta warna, dll.

Tahap Seleksi Menjadi Pilot

Ada beberapa tahapan seleksi yang harus kalian lakukan sebelum menjadi pilot, tahapan tersebut meliputi:

  1. Seleksi Berkas.
  2. Pengukuran BMI.
  3. Tes Teori Penerbangan.
  4. Tes TOEIC.
  5. Psikotes dan Wawancara
  6. Medical Examination

Baca Juga : Gaji Tukang Parkir Pesawat

Pembagian Pangkat Pilot

Sebelum membahas dan mengulik dalam tentang berapa nominal gaji pilot mari kita bahas terlebih dahulu pembagian pilot. Terdapat pilot junior, first officer, dan pilot kapten. Berikut penjelasan dari setiap sub pilot:

1. Junior First Officer

Hampir sama dengan first officer, junior first officer berpangkat satu, biasanya merupakan pilot lulusan baru yang memiliki jam terbang belum banyak dibanding dengan first officer. Tugas dan kerjanya sama saja mendampingi pilot. Pangkatnya hanya terdapat satu garis pada pundaknya.

2. First Officer

Jika flight engineer memiliki pangkat bergaris emas dengan jumlah tiga, second officer juga bergaris tiga pada pangkatnya,  yang membedakan ialah pada flight engineer terdapat tambahan garis samar berwarna ungu ( opsional tergantung dari maskapai ), tugasnya tidak lain meliputi mendampingi dan membantu tugas dari kapten pilot dan duduk persis berada di samping kapten pilot.

3. Kapten Pilot

Jabatan tertinggi yang ada dalam perpangkatan pilot adalah kapten pilot. Tugasnya tidak main-main membawa tanggung jawab akan berhasilnya penerbangan berjalan hingga tempat tujuan. Karena pangkatnya tertinggi dan tanggung jawab akan tugasnya yang besar maka wajar saja jika jabatan kapten memiliki gaji per bulan yang tertinggi daripada jabatan yang lainnya. Pangkat pada pundak dalam baju seragamnya terdapat empat garis emas.

4. Flight Engineer

Satu tingkat pangkat di bawah Kapten pilot, Flight Engineer memiliki garis emas pada seragamnya di bagian pundak berjumlah tiga dan tugasnya adalah mengoperasikan sistem pesawat di belakang kapten pilot dan pendampingnya. Memang tidak memegang kendali penuh pada penerbangan. Akan tetapi, kendali penuh sistem pesawat yang sedang terbang dipangku penuh oleh flight engineer.

5. Second Officer

Biasa disebut juga co-pilot, seorang pilot yang hendak naik jabatan ke second officer harus memiliki jam terbang lebih dari atau titik minimalnya 150 jam setelah menjadi pilot.

6. Cadet Officer

Garis pangkat emas pada pundaknya hanya teremban satu garis. Pangkat paling awal yang biasanya adalah seorang pilot yang baru menyelesaikan studinya dari sekolah penerbangan dan belum memiliki banyak riwayat jam terbang. Hampir sama dengan junior first officer tentang jumlah garis, pangkat, serta tugasnya yang mendampingi kapten pilot.

Baca Juga : Gaji Staff Bandara

Gaji Pilot di Berbagai Maskapai Indonesia

Setelah membahas penuh tentang pembagian jabatan dan tugas dari pilot. Sekarang mari kita uraikan berapa gaji seorang pilot sesuai dengan pangkatnya dari beberapa maskapai yang jelas berbeda.

1. Gaji Pilot Garuda

NoPangkatGaji
1First Officer20 juta rupiah per bulan
2Pilot Junior60 juta rupiah per bulan
3Pilot Kapten120 juta rupiah per bulan
Gaji Pilot Garuda

2. Gaji Pilot Lion Air

NoPangkatGaji
1Co-pilot35 juta rupiah per bulan
2Pilot Kapten45 juta rupiah per bulan
Gaji Pilot Lion Air

3. Gaji Pilot Citilink

NoPangkatGaji
1Co-pilot48 juta rupiah per bulan
2Pilot Kapten60 juta rupiah per bulan
Gaji Pilot Citilink

4. Gaji Pilot Susi Air

NoPangkatGaji
1Co-pilot24 juta rupiah per bulan
2Pilot Kapten35 juta rupiah per bulan
Gaji Pilot Susi Air

Baca Juga : Gaji Pramugari

Dengan catatan bahwa nominal yang tertera dalam tabel merupakan kisaran rata-rata gaji per bulan dari setiap jabatan pilot dalam beberapa maskapai. Nominal tersebut juga baru hitungan dari gaji pokok yang belum ditambah dengan tunjangan lainnya.

Akhir Kata

Ada baiknya tidak hanya melihat dari segi besarnya gaji saat kalian mencita-citakan ingin menjadi seorang pilot maskapai penerbangan. Sebelum mendaftar pada sekolah penerbangan pelajari dulu segala hal tentang dunia perpilotan dan penerbangan tentang bagaimana dana yang dibutuhkan, risiko yang terselubung, kesiapan otak, fisik, dan psikis, serta masih banyak lagi.

Tinggalkan komentar