Info Gaji Pramugari Batik Air

Batik Air adalah salah satu perusahaan transportasi udara di Indonesia yang telah mendapatkan banyak kepercayaan masyarakat. Batik Air sering kali menjadi pilihan penerbangan karena menyediakan penerbangan yang ekonomis dan pelayanan yang cepat. Hal ini tidak terlepas dari kinerja para pramugarinya. Kira-kira berapa ya, besar gaji pramugari batik air sendiri?

Seperti yang banyak diketahui orang, pramugari dipandang sebagai profesi yang cukup prestisius. Karena dianggap sebagai profesi yang mentereng, elegan dan cukup menjanjikan. Namun tidak banyak orang tahu apakah profesi ini cukup menjanjikan dalam segi gaji. Sebelum membahas soal gaji pramugarinya. Berikut ini adalah informasi sekilas mengenai Batik Air.

Mengenai Maskapai Batik Air

Seperti yang dituliskan sebelumnya, Batik Air adalah salah satu penyedia jasa transportasi udara di Indonesia. Walaupun Batik Air terbilang maskapai penerbangan baru, namun batik Air sudah mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia. Tidak heran, jika sudah banyak bagian masyarakat menggunakan dan mempercayai Batik Air sebagai penyedia transportasi udara.

Pendiri dari Batik Air sendiri adalah Rusdi Kirana, awalnya Batik Air adalah rute pengalihan dari jumlah pesanan yang sudah terlalu banyak pada maskapai Lion Air. Namun akhirnya pada tahun 2013, Batik Air secara resmi menjadi sebuah maskapai penerbangan yang dapat memberikan pelayanan penuh. Secara perdana Batik Air sudah melakukan penerbangan pada tanggal 03 Mei 2013 dengan rute pertamanya yaitu tujuan Jakarta Manado.

Pramugari dari Batik Air, seperti nama maskapainya dikenal dengan ciri khas seragamnya yang menyerupai kebaya. Menggunakan bawahan bercorak batik sangat sesuai dengan nama maskapainya. Pelayanan Batik Air memiliki kelas untuk pernerbangan Ekonomi dan Bisnis. Untuk kelas Ekonomi akan ada 3 pramugari yang melayani penerbangannya. Sedangkan untuk Kelas Bisnis, kabin akan dilayani oleh 2 pramugari.

Pelayanan dari Batik Air ini sudah cukup lengkap. Buktinya pada setiap penerbangan sekalipun pada penerbangan singkat sekalipu. Setiap penumpang dari Batik Air akan tetap mendapatkan makanan dan minuman dalam penerbangannya.

Gaji yang Didapatkan Oleh Pramugari Batik Air

Ternyata gaji pramugari Batik Air tidak hanya berasal dari gaji pokoknya saja. Ada berbagai bonus dan tunjangan yang bisa didapatkan oleh pramugari Batik Air. Bahkan besarnya gaji bisa ditambah jika pramugari ingin menambah jam dan hari terbangnya. Untuk memperjelas total dan sumber gaji dari pramugari Batik Air. Berikut ini adalah ulasan dan penjabarannya:

1. Gaji Pokok Pramugari Batik Air

Setiap pramugari Batik Air akan mendapatkan gaji pokok yang menjadi hak dasarnya. Kisaran gaji pokok dari pramugari Batik Air adalah 2 sampai 3 juta rupiah. Besaran ini juga berlaku bagi pramugari Batik Air yang masih dalam tingkatan junior atau terbilang baru. Jadi, bisa dibilang pada periode pertama bekerja saja pramugari sudah mendapatkan gaji yang terbilang tinggi untuk pemula.

Namun, itu hanya berupa kisaran karena kisaran tersebut masih harus menyesuaikan dengan UMP atau Upah Minimum Provinsi. Pramugari juga merupakan salah satu profesi yang harus mengikuti  regulasi tersebut.

2. Tambahan Uang Terbang

Tidak hanya gaji pokok, pramugari bisa mendapatkan uang tambahan dari jam terbangnya. Penghasilan ini disebut dengan uang terbang. Upah rata-rata uang terbang pramugari batik air adalah Rp40.000 per jamnya.

Pramugari sendiri memiliki rata-rata jam terbang 6 jam dalam sehari. Katakan saja pramugari mengambil semua jam terbang tersebut. Maka pramugari akan mendapatkan tambah sebesar Rp240.000 per hatinya. Tentu saja, jumlah ini bisa lebih jika pramugari bersedia menambah jam kerjanya.

3. Uang Makan

Tidak hanya uang terbang, ketika melakukan tugasnya dalam penerbangan pramugari juga akan mendapatkan uang makan. Uang makan ini berbeda dengan uang terbang di mana upah pramugari dihitung per jamnya. Uang makan ini dihitung per hari dalam hari kerja si pramugari.

Untuk besaran upahnya sendiri pramugari bisa mendapatkan uang makan dari kisaran Rp15.000 sampai Rp45.000 seharinya. Ini adalah besaran saja, jadi besarannya bisa aja berbeda pada setiap tingkatan pramugari. Mungkin saja pramugari bisa mendapatkan lebih besar jika tingkatannya sudah semakin senior.

Baca Juga:

Ini Total Gaji Pramugari Batik Air

Setelah mengulas sumber pendapatan dari pramugari Batik Air, sekarang bisa diakumulasikan berapa besar gaji total yang didapatkan oleh pramugari Batik Air. Jika dikatakan seorang pramugari terbang selama 16 hari dengan per harinya terbang selama 6 jam. Maka bisa dijumlahkan gaji pokok sebesar Rp3.000.000, uang terbang dalam periode tersebut 3.840.000 dan uang makan dalam kisaran Rp45.000 dalam 16 hari menjadi Rp720.000.

Jika ditotalkan maka gaji total dari pramugari Batik Air bisa mencapai Rp7.600.000. Tentu saja, itu adalah angka yang cukup besar. Bahkan dengan gaji pokok yang ditambah dengan uang tambahan, pramugari bisa mendapatkan dua kali lipat dari gaji pokoknya.

Apalagi akumulasi adalah akumulasi dari jam kerja minimal. Pramugari mungkin saja bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi jika melakukan lembur. Menambah jam terbang sehingga mendapatkan uang tambahan yang lebih banyak. 

Itulah total dari gaji pramugari Batik Air ternyata tidak salah masyarakat memandang prestise profesi satu ini. Karena memang gaji yang ditawarkan cukup besar bahkan sudah besar dari awal bekerja Namun tetap saja menjadi pramugari bukanlah perkara mudah. Baik menjadi pramugari di perusahaan penerbangan swasta maupun negeri.

Calon pramugari harus memenuhi berbagai kriteria yang dapat membuktikan keunggulannya. Tidak hanya itu calon pramugari juga harus menempuh berbagai pendidikan. Memiliki kemampuan tidak hanya melayani tapi juga melindungi penumpang dalam penerbangan. Tentu saja, hal tersebut sebanding dengan gaji yang tinggi.

Tinggalkan komentar