Info Gaji Pramugari Citilink

Pekerjaan sebagai pramugari tentunya sangat diidamkan oleh banyak wanita. Menjadi pramugari tidaklah mudah. Banyak sekali tahapan seleksi yang harus dilakukan. Besarnya resiko menjadi seorang pramugari juga membawa dampak pada jumlah gaji yang akan diterima oleh sang pramugari. Lantas, berapakan jumlah gaji pramugari, khususnya gaji pramugari Citilink?

Ada beberapa jenis maskapai penerbangan di Indonesia, salah satunya bernama Citilink. Besarnya gaji pramugari Citilink tentunya berbeda dengan maskapai lain, sebab setiap maskapai memiliki ketentuan berbeda-beda mengenai jumlah gaji. Adapun gaji seorang pramugari juga ditentukan dengan kelas tertentu, yaitu senior dan junior.

Risiko Menjadi Seorang Pramugari

Sebelum mengetahui besarnya Gaji Pramugari Citilink, sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai apa saja risiko yang dihadapi oleh seseorang yang bekerja sebagai pramugari. Beberapa risiko besar tentu dirasa setimpal dengan gaji yang akan mereka terima. Simak beberapa pemaparannya berikut ini:

1. Risiko Kecelakaan

Selain bisa berkeliling dunia secara gratis, risiko terbesar menjadi bagian dari awak pesawat terbang adalah kecelakaan. Memang tidak bisa dijadikan sebagai tolok ukur utama, sebab semua pekerjaan pasti memiliki risiko kecelakaan. Namun, perlu diketahui bahwa transportasi udara lebih rentan akan potensi kecelakaan dan kemungkinan besar mengalami kematian bahkan jasad hilang.

2. Senioritas Tinggi

Bukan main-main, dunia pekerjaan sebagai pramugari menganut sistem senioritas yang tinggi. Pramugari senior akan mengambil alih kekuasaan untuk menentukan beberapa aktivitas dalam maskapai penerbangan. Biasanya, pramugari senior lebih berhak untuk menentukan hari libur, rute penerbangan, akomodasi penginapan dan lain sebagainya.

3. Minim Waktu Berkumpul Bersama Keluarga

Risiko terberat lainnya adalah jauh dari keluarga. Tentu saja hal tersebut pasti terjadi. Pasalnya, pekerjaan ini akan menuntut sang pramugari untuk selalu stay melayani perjalanan penumpang setiap harinya. Bahkan disaat hari libur, pramugari tidak bisa menikmati liburan bersama keluarga. Kemungkinan libur sangatlah minim, sebab pelayanan kepada penumpang sudah menjadi tugas utamanya.

4. Menerima Komplain Penumpang

Setiap penumpang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Karakter dari masing-masing penumpang juga berbeda. Tidak jarang, seorang pramugari akan menerima keluhan dari penumpang, baik secara sopan ataupun emosi. Pramugari dituntut memiliki kredibilitas lapang dada dan sigap dalam menghadapi komplain apapun yang diberikan oleh penumpang.

5. Rentan Mengalami Pelecehan Seksual

Pelecehan seksual kerap terjadi di dalam transportasi umum, termasuk jalur udara alias pesawat terbang. Penampilan pramugari yang terbilang proporsional, cantik, dan menarik tidak jarang mengundang daya tarik, sehingga rentan untuk dilecehkan oleh orang-orang tertentu. Beberapa risiko tentu memiliki jaminan keselamatan yang bisa diadili melalui hukum yang adil oleh negara.

6. Risiko Pemecatan

Bekerja sebagai pramugari haruslah penuh dedikasi dan hati-hati. Apabila seorang pramugari salah langkah satu kali, maka tidak akan diberikan kesempatan kedua. Sedikit kesalahan akan berakibat fatal. Seorang pramugari dengan sedikit kesalahan akan diberhentikan atau dipecat tanpa adanya negosiasi. Karir yang selama ini diperjuangkan akan mati seketika akibat kesalahan akibat keteledoran semata.

Gaji Pramugari Citilink Senior

Risiko yang dialami oleh pramugari di setiap maskapai rata-rata tidak jauh berbeda. Lain halnya dengan persoalan gaji. Besarnya gaji pramugari senior dan junior berbeda-beda dan tiap maskapai juga berbeda pula. Untuk mengetahui lebih lanjut, inilah beberapa ketentuan gaji pramugari Citilink yang sudah senior, beserta bonus-bonus yang mereka dapatkan:

1. Gaji Pokok Pramugari Citilink

Maskapai penerbangan Citilink termasuk jenis maskapai dengan tarif rendah. Citilink termasuk dari golongan anak perusahaan Garuda Indonesia. Adapun gaji pokok yang diberikan kepada pramugari Citilink senior adalah kurang lebih Rp10.000.000 per bulan. Berbeda dengan senior, pramugari Citilink junior mendapatkan gaji pokok lebih sedikit, yaitu sekitar Rp6.000.000 rupiah per bulannya.

2. Uang Terbang

Selain gaji pokok, pramugari Citilink juga mendapatkan bonus berupa uang terbang. Pendapatan uang terbang akan selalu didapatkan saat pramugari landing bersama penumpang. Hitungan uang terbang adalah setiap per jam. Jadi, bisa dipastikan bahwa semakin jauh jarak yang ditempuh, semakin besar pula total jumlah uang terbang yang didapatkan oleh pramugari Citilink senior.

3. Bonus Uang Makan

Besarnya bonus yang didapat berupa uang makan ini bervariasi. Setiap pramugari Citilink berhak mendapatkan uang makan saat landing. Besarnya jumlah uang makan juga ditentukan oleh jarak penerbangan dan durasi penerbangan yang dilakukan. Uanh makan akan masuk dan diakumulasi bersih bersama dengan gaji-gaji yang lain. Bonus uang makan ini memang tidak sepenuhnya diketahui oleh orang awam.

4. Uang Kerajinan

Berbeda dengan bonus-bonus di atas, ketentuan uang kerajinan adalah dinilai dari kecakapan seorang pramugari dalam melakukan pekerjaannya. Uang kerajinan akan diberikan kepada pramugari yang tidak pernah izin cuti ataupun sakit. Pramugari Citilink akan mendapatkan uang kerajinan jika memiliki reputasi baik dalam menjaga kualitas pekerjaan yang dilakukan.

5. Bonus Uang RON

Apa itu uang RON? RON sendiri merupakan singkatan dari Remain Over Night. Pramugari akan mendapatkan bonus RON ketika menginap di hotel berkelas. Pada aktivitasnya, perjalanan yang dilakukan oleh pramugari dan juga pilot tidak dilakukan dalam waktu sekali pulang pergi. Mereka akan menginap di hotel tertentu untuk singgah dan beristirahat di sana.

Baca Juga:

Setiap pekerjaan memiliki risiko yang berbeda-beda. Besarnya risiko juga mempengaruhi besarnya pendapatan atau gaji seseorang. Beberapa ulasan mengenai besarnya gaji pramugari Citilink bisa dijadikan sebagai gambaran umum terkait gaji dari maskapai lain yang bisa dibandingkan sesuai dengan kelas dan kualitas masing-masing. Jika diakumulasi, gaji pramugari maskapai Citilink bisa mencapai Rp30.000.000 setiap bulan. Tentu sangat menakjubkan, bukan?

Tinggalkan komentar