Info Gaji Pramugari Garuda Indonesia

Pramugari termasuk daftar profesi dengan penghasilan menjanjikan. Profesi ini tidak lagi identik dengan wanita, namun juga pria yang biasanya disebut pramugara. Bila membicarakan nominal, gaji pramugari Garuda dapat dikatakan sebagai salah satu yang tertinggi. Tentunya gaji yang diterima para pramugari sepadan dengan kerja keras dan waktu yang harus dilalui untuk pelatihan ketat.

Proses menjadi pramugari tidaklah singkat. Calon pramugari perlu mengikuti beragam tes, persiapan training, hingga uji coba untuk dapat dinyatakan layak terbang. Sebagai maskapai berkualitas tinggi, Garuda Indonesia menyeleksi secara ketat para karyawannya untuk memastikan penumpang mendapatkan pelayanan terbaik. Inilah beberapa fakta seputar perekrutan hingga nominal gaji yang didapatkan pramugari Garuda:

Urutan Jabatan Pramugari Garuda Beserta Gajinya

Mendengar profesi pramugari, banyak orang yang beranggapan bahwa gajinya terjamin. Ada gaji pokok, tunjangan, dan bonus lainnya. Hal tersebut tidak keliru, namun gaji yang diterima oleh pramugari bisa berbeda tergantung posisinya. Ada pramugari yang masih berada di masa pelatihan (training), junior, hingga senior.

1. Pramugari Junior

Adapun pramugari yang telah dinyatakan lolos seleksi akan bergabung dalam penerbangan sebagai junior, artinya masa pelatihan (training). Penting diketahui, pramugari junior biasanya mengenakan seragam berwarna hijau tosca dan termasuk yang paling sering dilihat penumpang selama penerbangan berlangsung.

Tugas pramugari junior adalah pelaksana lapangan seperti menghidangkan konsumsi, membantu permintaan penumpang, memberi penjelasan seputar keamanan selama penerbangan, dan lain sebagainya.

Pramugari dalam jabatan ini mengikuti penerbangan yang telah dijadwalkan sebelumnya, dan biasanya mengenakan seragam warna hijau yang melambangkan nuansa tropis dan menyegarkan. Pramugari junior menerima gaji pokok dan komponen lainnya seperti allowance serta hitungan jam terbang (misalnya menggantikan teman yang berhalangan atau mendapat jam tambahan). Bila ditotal, jumlah gaji yang diterima pramugari junior bisa mencapai kisaran 15 juta per bulannya.

2. Pramugari Senior

Jenjang karir selanjutnya dalam Garuda Indonesia adalah pramugari senior. Pramugari yang berada dalam tingkat ini ditandai dengan warna seragam orange yang menggambarkan semangat dan keramahan.

Umumnya tugas dari pramugari senior tidak berbeda jauh dengan junior. Keduanya merupakan pelaksana lapangan yang berperan menjaga keselamatan dan membantu penumpang. Perbedaannya terletak pada nominal gaji yang diterima. Biasanya gaji dari pramugari senior mencapai 20 juta.

3. Maitre d’Cabin

Jabatan pramugari yang berada di tingkat kedua adalah Maitre d’Cabin. Meski namanya terdengar asing, perannya sangat penting dalam penerbangan. Tugasnya menyertai para pramugari sebagai koordinator. Pada penerbangan terdapat beberapa jenis kelas. Ada first, business, hingga economy class. Pada setiap kelas ada satu Maitre d’Cabin sebagai koordinatornya. Tugasnya sebagai pengawas sekaligus pelaksana.

Maitre d’Cabin juga bisa berperan dalam mengisi suara dalam penerbangan. Agar bisa mencapai jenjang ini, pramugari harus melewati beberapa masa pelatihan setelah berperforma baik pada jabatan sebelumnya. Pada maskapai Garuda Indonesia, biasanya pramugari yang memegang jabatan ini mengenakan seragam berwarna ungu. Warna ungu menandakan kesan elegan, inspiratif, serta kreatif. Gaji yang diterima umumnya hingga 28 juta.

4. Flight Manager Service

Tingkat tertinggi dalam jabatan pramugari di Garuda Indonesia adalah manager penerbangan, disebut juga Flight Manager Service. Pramugari dengan jabatan ini memakai seragam dengan warna biru, melambangkan nilai kepercayaan, handal, dan ketenangan. Tugas yang diemban oleh manajer penerbangan cukup berat, karena mendapatkan kepercayaan langsung dari pilot.

Pramugari dalam jabatan ini memiliki tambahan bekal ilmu yang harus dipelajari dengan baik sebelumnya, yakni keperawatan. Contohnya jika ada penumpang sedang sakit, manager penerbangan harus mampu menentukan tindakan yang tepat. Selain itu juga tetap mengawasi kinerja awak kabin dan memberi kritik atau masukan setelah penerbangan berakhir. Gaji Flight Manager Service berkisar 30 juta.

Baca Juga:

Persyaratan Menjadi Pramugari Garuda

Semakin banyak orang yang tertarik menjadi bagian dari maskapai unggulan Indonesia ini. Wajar, mengingat nominal gaji pramugari Garuda yang tinggi. Meski begitu, profesi ini tidak sesederhana yang terlihat. Ada beberapa syarat utama yang harus dipenuhi oleh calon pramugari. Persyaratan ini memiliki latar belakangnya masing-masing, sehingga ketetapannya wajib dipenuhi. Inilah beberapa hal yang wajib dimiliki oleh kandidat:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Bersedia untuk mengikuti pelatihan dalam kelas Flight Attendant sesuai biaya yang telah ditetapkan.
  • Sehat secara jasmani maupun rohani.
  • Berpenampilan menarik serta kepribadian baik.
  • Usia minimal 18 tahun, maksimal 27 tahun ketika mendaftar.
  • Tinggi badan paling rendah 158 cm, paling tinggi 172 cm.
  • Belum menikah.
  • Pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat, lebih dituamakan lulusan dari D3 ke atas.
  • Tidak berkacamata, memakai lensa kontak diperbolehkan dengan ketentuan angka minus maksimal -3.00, silinder maksimal C – 1.00.
  • Fasih dalam Bahasa Inggris, baik lisan maupun tertulis. Mampu berbahasa asing lainnya diutamakan.

Tahap Seleksi Pramugari Garuda

Setelah memenuhi syarat yang ditentukan pihak Garuda, calon pramugari perlu melewati berbagai tahapan bernama seleksi FAT. Inilah beberapa hal yang terdapat dalam proses seleksi pramugari:

  • Pengukuran tinggi serta berat badan.
  • Psikotes (tes psikologi) serta tes kemampuan bahasa asing.
  • Pemeriksaan latar belakang serta wawancara kompetensi.
  • Pemantauan akhir dan pemeriksaan medis.

Sebelum melakukan seleksi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti berikut:

  • Mengisi form pendaftaran online melalui situs training resmi milik Garuda Indonesia.
  • Berpakaian rapi sesuai ketentuan; kemeja pendek terang dengan rok selutut warna gelap, sepatu pantofel atau hak tinggi.
  • Memakai riasan natural dan rambut ditata rapi, untuk yang berambut panjang harus diikat satu.
  • Membawa dokumen lengkap seperti CV, fotokopi KTP, SKCK, akte kelahiran, kartu keluarga, ijazah, selembar pas foto background merah (3×4), serta selembar foto seluruh badan berukuran postcard.

Demikianlah informasi seputar jabatan gaji pramugari Garuda serta bagaimana syarat dan tahapan yang harus dilewati. Dalam penentuan gaji, ada beberapa hal yang berperan seperti masa kerja, kompetensi, hingga performa lapangan sehingga menghasilkan hubungan menguntungkan baik finansial maupun profesional dengan perusahaan.

Tinggalkan komentar