Info Gaji Staff Bandara

Gaji Staff Bandara – Bagi kalian yang baru menyelesaikan masa studi dari pendidikan sudah pasti hal pertama yang terpikirkan dan dilakukan adalah mencari pekerjaan. Bekerja di Bandar mungkin menjadi impian kalian, pasalnya gaji staff Bandara terbilang tinggi.

Kini mencari pekerjaan terbilang mudah tapi sulit. Kenapa mudah, karena banyaknya lowongan pekerjaan yang dibuka untuk lulusan baru. Namun, tidak perlu dilupakan juga bahwa dari sekian banyaknya lowongan pekerjaan akan banyak juga yang mendaftar dari orang-orang pencari pekerjaan di luar sana, hal inilah yang dimaksudkan titik sulit dari mencari pekerjaan.

Belum lagi jika lowongan yang dibuka memiliki kualifikasi khusus yang kita tidak memilikinya pada latar belakang kita. Serta tak dilupakan pula mereka yang melewati jalur merah atau melakukan kecurangan dalam tahap penyeleksian.

Mulai dari kantor berbasis keuangan, teknologi informasi, manufacturing, penyedia jasa, dan lain hal lainnya mungkin sudah dicoba dengan mengirimi surat lamaran beserta embel-embel lamaran pekerjaan lainnya. Tak jarang pula banyak lulusan baru yang terjun dalam dunia bisnis ataupun merintis suatu usaha.

Tak banyak orang mengerti dan banyak membutuhkan tenaga serta kerap membuka lowongan. Tidak lain dan tidak ialah pekerjaan menjadi staff bandara. Gajinya besar, banyaknya tunjangan, serta kerja rapi sudah jelas terjamin pada karyawan staff bandara.

Bagi kalian yang ingin menjadi staff bandara tak perlu banyak memiliki kualifikasi dan ada juga bagian-bagian yang bisa untuk lulusan sekolah menengah atas. Perlu diingat juga bahwa kemampuan berbahasa inggris menjadi nilai plus pada penyeleksian staff bandara mengingat calon penumpang maskapai penerbangan tak hanya warga dari Indonesia.

Hal tersebut merupakan sebagian kecil dari lowongan pekerjaan menjadi staff bandara. Secara dominannya biasanya dibutuhkan suatu lisensi keahlian khusus untuk memenuhi syarat dan kualifikasi keterimanya seseorang menjadi bagian dari staff bandara.

Banyak diimpikan oleh sebagian masyarakat karena gajinya yang terhitung lumayan. Akan tetapi, sistem seleksi untuk menjadi staff bandara terbilang ketat karena hanya benar-benar bibit unggulan baik dari segi kemampuan berpikir, kelengkapan berkas administrasi, dan hasil tes baik tes tertulis atau tes wawancara dan lain hal sebagainya.

Daftar Gaji Staff Bandara Indonesia 2021

Gaji Staff Bandara

Berbicara tentang besarnya gaji staff bandara, setiap bagian dan semakin tingginya jabatan serta tanggung jawab tentu saja berbeda pula nominal gaji setiap bulannya. Meskipun demikian, gaji dari staf bandara dengan nominal terkecil pun terhitung lumayan besar. Jenjang karir yang mumpuni dan menjaminnya nominal gaji menjadi nilai plus kenapa banyak yang ingin bekerja menjadi staff bandara.

Berapa sih gaji menjadi staff bandar sampai-sampai seleksinya begitu ketat. Berikut ini mari kita ulas tentang berapa nominal gaji staff bandara.

NoBagianNominal Gaji
1Layanan kebersihan5 juta rupiah per bulan
2Staf administrasi9 juta rupiah per bulan
3teknisi7 juta rupiah per bulan
4Marketing penerbangan10 juta rupiah per bulan
5Bisnis analisis12 juta rupiah per bulan
6Aviation security15 juta rupiah per bulan
7Staff penerbangan19 juta rupiah per bulan
8Flight operation officer20 juta rupiah per bulan
9Manajer32 juta rupiah per bulan
10Kepala departemen54 juta rupiah per bulan
Daftar Gaji Staff Bandara

Baca Juga : Gaji Tukang Parkir Pesawat

Nominal yang tertera diatas ialah nominal gaji secara rata-rata dari setiap bandara serta hanya tertera gaji pokok setiap bulannya. Belum termasuk dari tunjangan lain-lain, karena setiap bandara dan setiap pangkat serta jabatan pastinya memiliki besaran tunjangan yang berbeda-beda pada karyawannya.

Pasasi bandara atau ground staff adalah pekerjaan di bandara yang bertugas melayani pengunjung dari pembelian tiket sampai keberangkatan.

Gaji avsec bandara yang tertera diatas merupakan titik tertinggi dari bagian aviation security, tak dipungkiri juga bahwa terdapat yang menjadi bagian aviation security dan hanya bergaji sekitar 5 juta rupiah per bulan.

Gaji security bandara dan atau gaji avsec bandara biasanya berbeda karena terdapat juga pegawai yang sudah PNS dan ada juga yang belum PNS. Pada bagian avsec terdapat sekolah khusus untuk mendapat suatu lisensi yang digunakan untuk melamar dalam proses penyeleksian avsec.

Sekolah yang dimaksudkan biasanya berbarengan dengan sekolah pramugari atau sekolah penerbangan hanya saja berbeda jurusan atau prodi dan sebagainya. Memang tidak mudah untuk mendapatkan lisensi tersebut, dibutuhkan keahlian khusus serta lulus tes suatu seleksi lisensi. Selepas itu baru lisensi dapat digunakan untuk mendaftarkan diri menjadi pegawai staff bandara bagian aviation security.

Syarat Menjadi Staff Bandara

Sebelum kalian mengikuti tahap tes, kalian harus memenuhi beberapa kualifikasi tertentu sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Nah pada umumnya syarat menjadi staff bandara meliputi:

  • Wanita/Pria dengan usia minimal 18 tahun.
  • Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat.
  • Tidak buta warna dan hepatitis.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Belum pernah menikah.
  • Berkelakuan baik
  • Berkepribadian menarik.
  • Tinggi badan minimal 158 cm untuk wanita, sedangkan pria minimal 165 cm.
  • Tidak pernah terlibat dengan tindakan yang melanggar hukum.
  • Dapat berkomunikasi dengan baik.
  • Menguasai bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris.
  • Memiliki berat badan proporsional.

Baca Juga : Gaji Pilot

Gambaran Tes Seleksi Staff Bandara

Nah berikut ini adalah beberapa rangkaian yang harus kalian lalui supaya menjadi staff bandara, antara lain.

1. Tes Performance

Tes pertama yang harus kalian lalui adalah tes performance, tes ini meliputi mengukur tinggi dan berat badan. Tinggi badan minimal untuk wanita adalah 158 cm, sedangkan laki-laki 165 cm. Pada tes ini juga ada penilaian mengenai kerapian dari ujung kaki hingga ujung kepala. Selain itu anda juga akan dites cara berjalan, cara berpakaian, dan cara duduk.

2. Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris

Tahapan yang selanjutnya kalian akan diuji mengenai kemampuan psikotes dan bahasa Inggris. Kalian bisa mempelajari tes potensi akademik mulai dari silogisme, sinonim, tes gambar, tes angka, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk tes Bahasa Inggris, kalian bisa mempelajari soal-soal di TOEFL.

Kenapa kita perlu di tes Bahasa Inggris? Karena jika kalian memiliki kemampuan Bahasa Inggris, tentu saja hal tersebut menjadi nilai plus bagi perusahaan. Selain itu bahasa Inggris sekarang sudah menjadi sangat penting apalagi jika kalian ingin bekerja di Bandara Internasional.

3. Tes Wawancara

Tes ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakter kalian dan seberapa jauh pengetahuan kalian mengenai maskapai penerbangan yang kalian lamar. Tes ini juga bisa menjadi momen yang tepat bagi kalian untuk menyampaikan kemampuan kalian secara langsung.

4. Tes Kesehatan

Tes ini bertujuan untuk membuktikan jika kalian memiliki kesehatan fisik yang baik serta bisa bertahan terhadap tekanan dalam pekerjaan, pada tahap ini kalian akan dites meliputi:

  • Tes Penglihatan.
  • Tes Darah.
  • Tes Obat dan Alkohol.
  • Tes Telinga.

Baca Juga : Gaji Pramugari

Tugas-Tugas Staff Bandara

Sekarang mari kita ulas bagian lainnya dari menjadi staff bandara, apa saja yang kalian tahu tentang tugas dari menjadi staff bandara? Apakah sudah memahami semuanya atau bahkan belum mengetahui satupun. Oleh karena itu mari kita pelajari bersama beberapa tugas dari bagian staff bandara di bawah ini :

1. Checking Counter

Tugasnya adalah mencetak boarding pass pada setiap penumpang yang akan melakukan penerbangan dan sudah membeli tiket serta menentukan tempat duduk dan juga selesai pemrosesan bagasi jika ada.

2. Lost and Found

Bagi penumpang yang membawa banyak barang dan membawanya dalam bagasi pesawat maka akan bertemu langsung dengan petugas lost and found. Petugas ini mengecek keberadaan barang pada bagian lokasi tujuan untuk memastikan bahwa tidak ada barang dari penumpang yang tertinggal.

3. Boarding Gate

Bertugas mengecek boarding pass dari setiap penumpang dengan kartu identitas yang dimilikinya serta memantau para penumpang yang akan melakukan proses penerbangan agar tidak ada yang tertinggal.

4. Services

Bagian ini merupakan bagian yang tidak semua orang mendapatkan pelayanannya karena tugas intinya adalah mengarahkan penumpang dengan kebutuhan khusus, anak kecil, atau orang sakit saat hendak melakukan penerbangan mulai dari masuk bandara hingga masuk pesawat. Pendampingan ini menjadi tanggung jawab penuh petugas services.

5. Ticketing

Jelas terdengar dari nama jabatannya, tugasnya pun sama yaitu melakukan proses ticketing pada penumpang mulai dari pembelian tiket baik di tempat atau melalui telepon atau aplikasi pihak ketiga dan segala hal yang berkaitan dengan pembelian tiket.

6. Transfer Desk

Bagian ini bertugas membantu dan mendampingi para penumpang yang sedang melakukan transit dari lokasi keberangkatan menuju lokasi tujuan. Bagi yang belum tahu, transit ini merupakan proses perpindahan pesawat yang dilakukan di bandara karena mungkin tidak adanya maskapai penerbangan yang melakukan perjalanan langsung ke tempat tujuan.

Akhir Kata

Gaji staff bandara memang sangat menggiurkan sehingga banyak sekali orang yang ingin bekerja di Maskapai Indonesia. Daftar gaji diatas mungkin ada yang tidak sesuai, itu karena setiap wilayah memiliki UMR yang berbeda-beda. Tetapi, daftar gaji diatas bisa kamu jadikan refrensi, karena pasti tidak jauh berbeda dari gaji aslinya.

Tinggalkan komentar