Info Gaji Tukang Parkir Pesawat

Pekerjaan sebagai marshaller memang belum begitu populer di tengah masyarakat. Namun, siapa sangka gaji tukang parkir pesawat ini tak kalah dengan profesi lain yang mentereng.

Menurut ZipRecruiter.com, gaji tukang parkir pesawat per tahun di Amerika Serikat berkisar mulai dari US$19.000 (paling rendah) hingga US$82.500. Nilai ini setara dengan Rp 273 juta sampai dengan Rp 1,155 milyar (kurs US$ 1 = Rp 14.000).

Rerata tukang parkir pesawat di AS menghasilkan US$ 43.861 atau setara dengan Rp 614.000.000 selama 1 tahun.

gaji tukang parkir pesawat

Sebagai perbandingan, di United Kingdom, Inggris, gaji seorang tukang parkir pesawat dapat mencapai minimal UK£ 16.378. Angka ini setara dengan Rp 322 juta per tahun berdasarkan kurs 1 UK£ = Rp 19.750. 

Adapun penghasilan tertinggi marshaller di Inggris mencapai UK£ 62.955 dengan rerata UK£ 32.239 per tahun. Jumlah ini setara dengan Rp 1,24 miliar dan Rp 636 juta berturut-turut.

gaji tukang parkir pesawat per hari

Angka tersebut berdasarkan data gaji 33.207 responden yang di-submit di situs Glassdoor.co.uk.

Lalu, berapa gaji tukang parkir pesawat di Indonesia?

Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia

NoJabatanGaji
1Ramp Agent IndonesiaRp 3.120.000 – Rp 8.940.000
2Juru Parkir Pesawat Junior Rp 4.000.000 – Rp 6.000.000
3Juru Parkir Pesawat Perempuan Junior Rp 4.000.000 – Rp 6.000.000
Gaji Tukang Parkir Pesawat

Melihat perbandingan gaji marshaller di Amerika Serikat dan Inggris tentu menjadi jelas bahwa besaran gajinya dapat berbeda-beda. Terlebih lagi, sulit untuk menyamakan gaji di luar negeri dengan di Indonesia. 

Namun, meski belum menyentuh angka Rp 600 juta per tahun seperti rerata di US, gaji tukang parkir pesawat dalam negeri tetap menjanjikan.

SalaryExplorer.com melaporkan gaji ramp agent yang bertugas memandu pesawat di Indonesia berkisar antara Rp 3.120.000 – Rp 8.940.000. Rerata besaran gajinya adalah Rp 5.880.000 yang sudah termasuk gaji pokok dan tunjangan lainnya.

Direktur operasional Gapura Angkasa, A. Eko Novianto, mengungkapkan bahwa gaji tukang parkir pesawat per bulan di Indonesia menyesuaikan UMR tiap daerah. Kemudian, baru ditambah dengan tunjangan sesuai keahlian, lamanya bekerja (kenaikan berkala), dan lainnya.

Ini berarti, seorang juru parkir pesawat junior dapat saja mengantongi antara Rp 4 – 6 juta per bulan. 

Akan tetapi, marshaller biasanya dipekerjakan oleh maskapai atau bandara. Umumnya, jika dipekerjakan bandara, gaji menyesuaikan dengan UMR setempat. Adapun jika bekerja pada maskapai, maka biasanya besaran gajinya agak lebih besar, sekitar Rp 5-6 juta.

Meski begitu, bekerja di bandara seperti bekerja pada pemerintah (BUMN), karena itu relatif lebih aman dan pemutusan hubungan kerja. Sebaliknya, bekerja pada maskapai berarti bekerja pada perusahaan swasta yang berisiko tinggi mengalami PHK, terutama saat maskapai sedang kesulitan keuangan.

gaji tukang parkir pesawat sebulan

Angka ini tentu dapat naik seiring meningkatnya jam terbang dan pengalaman sebagai seorang marshaller. Laporan dari SalaryExplorer.com mengungkapkan kenaikan gaji berkala ramp agent dapat mencapai 6-42% per 3-5 tahun. 

Jumlah ini memang dapat berbeda sesuai dengan penjelasan sebelumnya. Namun, yang jelas, semakin lama bekerja, maka seorang juru parkir pesawat akan mendapatkan kenaikan gaji berkala.

Gaji Tukang Parkir Pesawat Perempuan

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=RP2-07hVRmY 

Profesi marshaller perempuan memang cukup jarang ditemukan, namun bukan berarti tidak ada. Ini karena di profesi ini tidak ada pembedaan berdasarkan gender, suku, atau lainnya.

Apakah ada perbedaan antara gaji marshaller perempuan dan laki-laki?

Kabar baiknya, di bidang ini tidak ada perbedaan gaji maupun tugas kerja antara marshaller perempuan dan laki-laki. Artinya, seorang marshaller perempuan akan mengantongi besaran gaji yang setara dengan marshaller laki-laki pada tingkat yang sama.

Jadi, juru parkir pesawat perempuan junior juga mengantongi gaji sekitar Rp 4 – 6 juta per bulan dan dapat meningkat sesuai pengalaman dan keahlian.

Anggap jam kerja sesuai undang-undang sebesar 40 jam per minggu. Maka setiap penghasilan tukang parkir pesawat per jamnya sekitar Rp 25 – 50 ribu. Jika dalam 1 minggu ada 5-6 hari kerja, maka gaji tukang parkir pesawat per hari sekitar Rp 150 – 200 ribu.

Menurut beberapa sumber, setiap marshaller biasanya mendapatkan tugas memandu sekitar 5 pesawat per hari. Dengan beban kerja yang tidak terlalu berat, profesi ini cukup menjanjikan.

Hal yang Mempengaruhi Gaji Tukang Parkir Pesawat

Berdasarkan uraian sebelumnya, ada 3 faktor yang mempengaruhi besaran gaji seorang marshaller atau tukang parkir pesawat di manapun berada, yaitu:

  1. Lokasi pekerjaan. Gaji tukang parkir pesawat dapat berbeda antarnegara. Di negara maju atau ekonominya besar, tentu besaran gajinya lebih tinggi daripada di negara berkembang dengan ekonomi kecil. Hal ini juga berlaku antardaerah atau provinsi di negara tersebut.
  2. Brand Maskapai. Maskapai besar dengan banyak penerbangan internasional tentu menyediakan gaji yang lebih besar daripada maskapai kecil dengan mayoritas penerbangan domestik.
  3. Pengalaman Kerja. Marshaller dengan jam terbang yang lebih tinggi biasanya mendapatkan satuan penghasilan yang lebih besar. Ini berkaitan dengan keahlian yang didapat dari hasil pengalaman tersebut.

Jika Anda tertarik menjadi seorang marshaller, Anda mungkin berharap untuk bekerja di maskapai besar dengan gaji yang juga besar. Akan tetapi, maskapai besar biasanya lebih memilih tenaga yang telah berpengalaman.

Maka dari itu, sebagai marshaller junior, sangat baik untuk tidak terlalu memperdulikan di mana dan kepada siapa Anda bekerja di awal. Setelah mendapatkan pengalaman dan mengembangkan keahlian, Anda akan memiliki daya tawar yang lebih besar untuk bekerja di manapun. 

Job Deskripsi Marshaller

gaji tukang parkir pesawat di indonesia
Sumber: https://youtu.be/o6ZIc_l7zY8 

Membahas gaji marshaller pesawat memang menarik. Akan tetapi, sebenarnya seperti apa gambaran pekerjaan seorang juru parkir pesawat?

Menurut Kementerian Perhubungan RI, fungsi marshaller setidaknya mencakup 3 hal:

  1. memastikan landasan pacu steril dan aman untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
  2. membantu memastikan agar pesawat terparkir sempurna.
  3. menjaga ketertiban dan kerapian di landasan pacu.

Untuk mewujudkan 3 hal tersebut, maka marshaller perlu melakukan prosedur berikut saat akan membantu memarkirkan pesawat.

Marshaller menaiki kendaraan follow me car agar mudah terlihat, lalu mendekat ke arah pesawat. Dari taxiway (jalan penghubung bagi pesawat), marshaller mengarahkan pesawat untuk mengikuti ke arah apron (tempat parkir pesawat).

Ketika berada di area ramp, marshaller turun dari kendaraan dan memberikan isyarat tangan. Selanjutnya, marshaller memberikan aba-aba atau petunjuk dalam bentuk sinyal visual untuk mengarahkan di mana titik pemberhentian pesawat.

Sesuai deskripsi tugas ini, maka seorang marshaller harus menguasai berbagai macam sinyal visual sebagai petunjuk untuk mengarahkan pesawat.

Maka dari itu, sebelum menjadi marshaller, calon kandidat perlu mengikuti pelatihan dan mendapatkan lisensi di bidang ini.

Syarat Menjadi Seorang Marshaller

gaji tukang parkir pesawat per bulan
Sumber: https://africhroyale.com/felicia-attipoe-ghanaian-single-mother-who-defied-the-odds-to-become-ghanas-first-female-aircraft-marshaller/ 

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang marshaller, Anda perlu tahu apa saya syarat dan ketentuannya.

Usia

Marshaller dapat bekerja kepada bandara atau maskapai. Masing-masing pihak bisa menerapkan kebijakan yang berbeda.

Umumnya, syarat usia tukang parkir pesawat adalah antara 18 – 35 tahun. Namun, ada pula yang menerapkan batasan maksimal 24 atau 28 tahun, terutama untuk rekrutan baru.

Tinggi Badan

Meski tidak ada ketentuan gender tertentu, namun untuk menjadi marshaller ada batasan tinggi badan tertentu.

Bagi perempuan, minimal tinggi badan seorang juru parkir pesawat tidak boleh kurang dari 158-160 cm (berbeda sesuai maskapai). Adapun bagi laki-laki, minimal tinggi badan tidak boleh kurang dari 165 cm.

Tidak Buta Warna atau Minus

Seorang air marshaller perlu memiliki penglihatan yang sehat. Kelainan masalah penglihatan bisa menimbulkan risiko yang seharusnya tidak perlu terjadi.

Buta warna sama sekali tidak boleh bagi seorang juru parkir pesawat. Adapun mata minus, maka masih bisa selama minusnya tidak terlalu besar.

Syarat Formal Lainnya

Selain masalah usia dan tinggi badan, ada pula beberapa syarat lainnya yang memiliki ukuran relatif, di antaranya:

  1. sehat jasmani dan rohani;
  2. berpenampilan menarik dan berkepribadian baik;
  3. mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik;
  4. mampu menangani pelanggan.

Pendidikan

Tingkat pendidikan minimal seorang air marshaller adalah SMA/SMK. Jadi, tidak perlu memiliki ijazah sarjana untuk melamar sebagai seorang tukang parkir pesawat. Bahkan, Anda tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan penerbangan.

Telah Mengikuti Pelatihan

Akan tetapi, sebagai gantinya, Anda harus sudah mengikuti pelatihan menjadi air marshall yang biasanya diselenggarakan oleh sekolah tinggi penerbangan.

Pelatihan ini setingkat diploma dan bisa Anda selesaikan dalam waktu 1 tahun. Akan tetapi, terkadang ada juga lembaga yang mengadakan percepatan sehingga Anda bisa menyelesaikannya dalam hitungan bulan.

Dalam pelatihan tersebut, Anda juga akan mendapatkan materi tentang bahasa inggris dan soft skill yang diperlukan untuk bekerja di bidang ini.

Memiliki Lisensi Aircraft Marshalling

Setelah itu, Anda perlu mengambil ujian untuk mendapatkan lisensi aircraft marshalling. Lisensi atau sertifikasi ini berasal dari Badan Nasional Sertifikasi Indonesia. 

Biasanya, lembaga pelatihan sekaligus dapat langsung menyelenggarakan sertifikasi ini. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih lembaga pelatihan yang telah tersertifikasi dan terhubung dengan berbagai maskapai atau lembaga aviasi.

Daftar Lembaga yang Menyediakan Pelatihan Aircraft Marshalling

Jika Anda berniat untuk menjadi tukang parkir pesawat atau marshaller, Anda bisa mendaftar pelatihan di berbagai lembaga pelatihan penerbangan.

Berikut daftar lembaga yang menyediakan pelatihan sebagai juru parkir pesawat lengkap dengan biayanya.

LembagaBiayaKeterangan
Aircraft Marshaller ASTA Learning CentreRp 4.500.000selesai dalam 1 bulan, belum termasuk uji lisensi
SAS Training CentreRp 8.500.000Selesai dalam 1 minggu, sudah termasuk uji lisensi
Jogja Flightperlu menghubungi contact person langsungbelum ada informasi
Politeknik Penerbangan Palembangperlu menghubungi contact person langsungselesai dalam 15 hari, 1 angkatan = 10 orang
BP3 Cicurug, Tangerang (UPT Kemenhub)gratis, biaya dari pemerintahhanya pada momen-momen tertentu

Akhir Kata

Demikian info mengenai gaji tukang parkir pesawat lengkap dengan job deskripsi, syarat pendaftaran, serta lembaga pelatihan dan biayanya. Tertarik? Langsung saja siapkan syarat dan jalani prosedurnya.

Tinggalkan komentar