Gaji UMP Sumatera Selatan

Gaji UMP Sumatera Selatan – Provinsi Sumatera Selatan mempunyai standar gaji UMP (Upah Minimum Provinsi) yang diterapkan kepada Kabupaten-kabupatennya. Gaji UMP provinsi Sumatera Selatan kalau bisa diketahui oleh para karyawan yang berada di wilayah tersebut untuk menambah wawasan agar tidak dibohongi oleh bos yang memperkerjakannya.

UMP sendiri sering diterapkan pada sektor industri. Dari sektor industri sendiri, Sumatera Selatan adalah sebuah provinsi yang memiliki beberapa kawasan industri yaitu Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api dan Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit PT Wai Musi Agroindah.

gaji UMP kadang kala terapkan oleh gubernur dan jajaran pemrov pada masing-masing provinsi. Gaji UMP dibuat menurut peraturan pemerintah No. 78 tahun 2015. Pada tahun 2021 gaji UMP Sumatera Selatan tidak mengalami perubahan.

Daftar Gaji UMP Sumatera Selatan Tahun 2021

Hampir setiap hari buruh nasional gaji UMP diterbitkan ulang untuk menstabilkan keperluan perusahaan serta pegawainya. Sehingga dengan seimbangkan gaji UMP Sumatera Selatan, diharapkan dapat menyejahterakan rakyatnya.

TahunUMP (Upah Minimum Provinsi)
2021Rp 3.043.111
2020Rp 3.043.111
2019Rp 2.804.453
2018Rp 2.595.995
2017Rp 2.388.000
Daftar Gaji UMP Sumatera Selatan Tahun 2021

Baca Juga: Gaji UMP Kepulauan Riau

Table tersebut admin peroleh dari website resmi pemerintah yang beralamat disini.

Daftar Gaji UMK Provinsi Sumatera Selatan 2021

Selain gaji UMP Sumatera Selatan, ada juga gaji minimum untuk setiap kota atau kabupaten yang disebut UMK (Upah Minimum Kabupaten). Berikut adalah daftar upah minimum kabupaten atau kota (UMK) Sumatera Selatan tahun 2021:

Kabupaten/KotaUMK/UMR
Kabupaten Ogan Komering UluRp 3.114.928
Kabupaten Ogan Komering IlirRp 4.200.479
Kabupaten Muara EnimRp 3.158 277
Kabupaten LahatRp 4.200.479
Kabupaten Musi RawasRp 3.195.273
Kabupaten Musi BanyuasinRp 3.147.036
Kabupaten BanyuasinRp 3.091.934
Kabupaten Ogan Komering Ulu TimurRp 3.165.519
Kabupaten Ogan Komering Ulu SelatanRp 3.165.519
Kabupaten Ogan IlirRp 3.165.519
Kabupaten Empat LawangRp 3.165.519
Kabupaten Penukal Abab Lematang IlirRp 3.165.519
Kabupaten Musi Rawas UtaraRp 3.165.519
Kota PalembangRp 3.165.519
Kota Pagar AlamRp 3.165.519
Kota Lubuk LinggauRp 3.165.519
Kota PrabumulihRp 3.165.519
Daftar Gaji UMK Provinsi Sumatera Selatan 2021

Baca Juga: Gaji UMP Riau

Table di atas hanya upah batas bawah yang harus diberikan oleh perusahaan. Pada akhirnya nominal di atas bukanlah nominal aslinya yang diperoleh pekerja. Gaji yang diperoleh oleh pekerja biasanya lebih dari nominal pada daftar tersebut tergantung gelar, tanggung jawab yang dibebankan oleh karyawan, masa kerja, tunjangan dan uang lembur yang diberikan oleh pekerja tersebut.

Apa itu UMP ?

UMP adalah singkatan dari Upah Minimum Provinsi. Pengertian Upah Minimum Provinsi (UMP) menurut peraturan menteri tenaga kerja republik indonesia pasal 1 No. PER-01/MEN/1999 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan keputusan menteri tenaga kerja dan transmigrasi republik indonesia No. KEP-226/MEN/2000 tahun 2000 tentang upah minimum.

Upah Minimum Provinsi (UMP) merupakan gaji bulanan terendah yang merupakan upah pokok termasuk tunjangan tetap yang diterapkan untuk seluruh kabupaten atau kota di satu provinsi. Sehingga setiap provinsi memiliki nominal yang berbeda sesuai yang sudah ditentukan oleh gubernur suatu provinsi yang ditentukan menurut kondisi tertentu yang sesuai dengan wilayah provinsi tersebut.

Baca Juga: Gaji UMP Sumatera Barat

Penetapan gaji UMP diupdate setiap tahun melalui proses yang cukup lama. Dahulu UMP bisa disebut sebagai istilah Upah Minimum Regional Tingkat 1. Dasar hukum penetapan gaji UMP dilakukan sesuai peraturan menteri tenaga kerja dan transmigrasi No. 7 tahun 2013. Upah minimum ditetapkan dengan memperhatikan rekomendasi dewan pengupahan provinsi.

Perbedaan UMR, UMP, dan UMK

Dari sisi pengertian UMR sendiri ialah upah minimum regional yang berfungsi sebagai standar gaji minimum yang ditetapkan perusahaan untuk memberi gaji kepada pegawai. Sebelum UMR dihapus, UMR dibuat dengan peraturan menteri tenaga kerja No.05/Men/1989 tanggal 29 mei 1989 tentang upah minimum.

Sedangkan UMP kepanjangan dari upah minimum provinsi yang menjadi standar minimum yang ditetapkan bos untuk memberi gaji kepada pegawai atau buruh yang setiap wilayah provinsi memiliki gaji yang tidak sama. Penetapan Gaji UMP dilaksanakan setiap tahun dengan aspek tertentu dan penetapan dilakukan oleh gubernur dari provinsi tersebut.

Baca Juga: Gaji UMP Sumatera Utara

Dan UMK adalah upah minimum kabupaten atau kota yang dijadikan standar minimum yang ditetapkan pengusaha untuk memberi memberi upah kepada pekerja atau buruh yang setiap kabupaten atau kota memiliki nominal yang tidak sama. UMK dibuat oleh gubernur yang kabupaten atau kotanya termasuk ke dalam provinsi yang dinaunginya. Jumlah UMK biasanya lebih besar dari upah minimum provinsi.

Karena saat ini UMR telah di tiadakan, maka yang bisa menjadi perbandingan perbedaannya saat ini adalah UMP dan UMK. UMP dan UMK sama–sama ditetapkan oleh gubernur namun hal yang berbeda adalah penetapan UMK juga diambil oleh bupati atau wali kota.

Baca Juga: Gaji UMP Naggroe Aceh Darussalam

Di sisi waktu penetapanya, UMK dipublikasikan dan diperbaharui secara bersamaan oleh gubernur setelah penetapan UMP yaitu setiap tanggal 21 november. Sedangkan UMP dipublikasikan dan ditetapkan secara bersamaan oleh gubernur masing–masing sebelum perilisan UMK yaitu pada tanggal 1 november. Nominal dari UMK juga lebih tinggi dari nominal UMP.

Aspek Penentu UMP

Gaji UMP Sumatera Selatan ditetapkan oleh gubernur serta dengan memperhatikan saran dewan pengupahan provinsi, karena kondisi setiap daerah yang berbeda-beda. Ada tahap yang menjadi aspek penentu dari UMP tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Dewan pengupahan daerah yang merupakan lembaga independen yang memiliki beberapa orang ahli, pekerja dan pengusaha, membuat tim survei untuk mencari tahu harga sejumlah kebutuhan yang dibutukan oleh pegawai atau karyawan.
  2. Hasil dari observasi tersebut dibuat menjadi angka Kebutuhan Hidup Layak (KHL).
  3. Menurut KHL tersebut, Dewan pengupahan daerah tersebut mengusulkan Upah Minimum Provinsi kepada Gubernur yang selanjutnya disahkan oleh Gubernur.
  4. Penentuan tersebut didasarkan pada kebutuhan untuk hidup pegawai atau karyawan yang lajang, oleh karena itu biasanya ada tunjangan khusus bagi karyawan yang sudah berkeluarga.

Akhir Kata

Dari beberapa penjelasan di atas ada poin–poin penting terkait gaji UMP Sumatera Selatan. Poin yang pertama adalah UMP tersebut hanya sebagai sarana pengaman agar perusahaan tidak memberi gaji di bawah rata-rata dan bukan hanya diguakan patokan utama nominal yang diterima oleh buruh, ada aspek lain yang mempengaruhi perbedaan nominal yang diterima.

Poin yang kedua adalah UMP tersebut digantikan oleh UMK yang nominalnya lebih besar jika dalam sebuah kabupaten atau kota tersebut sudah ditetapkan UMK oleh gubernur di provinsi tersebut.

Kata Kunci: UMP Sumatera Selatan 2021, Gaji UMP Sumatera Selatan 2021, Gaji UMP dan UMK Sumatera Selatan 2021, Daftar Gaji UMK dan UMP Sumatera Selatan 2021, dan Nominal Gaji UMP Sumatera Selatan 2021.