General Manager : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

General manager atau bisa disebut dengan GM, menjadi salah satu posisi penting di semua perusahaan. Dalam struktur perusahaan, GM berada di bawah Direktur secara langsung, sehingga cukup disegani. Apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya?

Definisi/Pengertian General Manager

GM merupakan pemimpin seluruh bagian. Bisa dibilang bahwa GM adalah manajer dari seluruh manajer yang ada di sebuah perusahaan. Pasalnya, GM memimpin banyak unit dan mengepalai banyak manajer lainnya di setiap divisi.

Maka dari itu, GM bisa dibilang sebagai pemimpinnya pemimpin. Sehingga keputusan yang dibuatnya akan sangat berpengaruh pada seluruh struktur kerja yang ada di bawahnya. Sehingga, GM harus diemban oleh seseorang yang memiliki kualitas terbaik

Bagi seorang manajer, menjadi GM adalah posisi yang diimpikan karena menjadi puncak kepemimpinan dalam sebuah manajemen. Karir seorang manajer akan menduduki tingkatan teratas jika sudah menjadi GM.

Tugas General Manager dan Tanggung Jawabnya

Sebagai pemimpin dari seluruh manajer yang ada di sebuah perusahaan, GM harus bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Tentu saja, tugas yang dilakukan ada banyak dan terdiri dari beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bertanggung jawab ke luar dan ke dalam perusahaan
  • Menentukan tujuan dan rencana perusahaan dalam jangka pendek dan jangka panjang
  • Melakukan pengawasan dan koordinasi terhadap tugas-tugas yang sudah didelegasikan kepada manajer masing-masing devisi
  • Menentukan peraturan
  • Memperbaiki penataan perusahaan yang dianggap kurang sesuai dengan visi misi perusahaan, agar pendapatan semakin meningkat.
  • Menjadi perantara antara direktur dan manajer divisi
  • Membimbing anak buah dan mengevaluasi kerja agar semakin baik

Gaji dan Tunjangan General Manager

Gaji adalah hak yang diterima seseorang apabila sudah menyelesaikan pekerjaannya. Semua orang yang bekerja akan memperoleh gaji sesuai kesepakatan di awal perjanjian kerja, termasuk dengan seorang general manager.

Pendapatan yang didapat GM sangat besar karena membawahi beberapa pemimpin di sebuah perusahaan. Umumnya, gaji GM di Indonesia sekitar Rp 50.000.000 – Rp 75.000.000, tergantung perusahaan yang dipimpin.

Prestasi juga akan jadi pertimbangan nilai gaji yang diterima. Tidak mengherankan jika pendapatan GM sangat besar karena tanggung jawabnya sangat berat dan langsung mempertanggung jawabkannya kepada direktur.

Baca Juga : Gaji dan Tunjangan Project Manager di Indonesia.

Syarat dan Kualifikasi General Manager

GM adalah orang yang bertanggung jawab penuh terhadap atasan terkait berbagai resiko di perusahaan. Untuk itu, posisi GM harus dipegang oleh orang yang mumpuni dengan pengalaman dan kemampuan terbaik. Berikut ulasannya:

1. Pendidikan dan pengalaman

Pendidikan tinggi dan pengalaman jadi bekal, agar kamu bisa jadi GM di sebuah perusahaan. Setidaknya kamu memiliki ijasah minimal S1 dan berpengalaman menjadi GM sebelumnya. Kamu yang sudah berpengalaman menjadi menajer kurang lebih 5 tahun pun berkesempatan menjadi GM.

2. Skil dan Kemampuan

Kemampuan memimpin jadi kunci yang penting bagi seorang GM. Kamu juga harus bisa berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik. Tidak hanya itu, kamu ahli dalam memotivasi orang lain agar bawahan bisa semakin semangat dalam melakukan tanggung jawabnya.

Tips Lolos Wawancara General Manager

Apakah kamu seorang manajer yang ingin naik jabatan menjadi general manager? Pelajari banyak hal dan mengasah berbagai kemampuan dibidang kepemimpinan, komunikasi dan koordinasi yang baik. Termasuk, mempelajari jawaban atas pertanyaan berikut ini:

  • Cara menyelesaikan masalah internal perusahaan
  • Ceritakan pengalaman sebelumnya sebagai GM
  • Berapa divisi yang pernah dibawahi
  • Bagaimana memonitor bawahan agar bisa bekerja sesuai SOP perusahaan

General Manager tidak hanya menjadi pimpinan bagi seluruh divisi yang ada di bawahnya, namun juga harus mampu menjadi pendengar dan problem solver, agar bisa membangun komunikasi yang baik demi tercapainya sistem kerja yang efektif.

Demikian pembahasan infogaji tentang GM, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar