HRD : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Hrd adalah divisi kerja yang selalu ada di perusahaan besar. Posisi ini sangat penting dan menjadi penentu Sumber Daya Manusia yang bekerja dalam sebuah bidang usaha. Namun perlu diingat, tugasnya tidak hanya terkait dengan perekrutan saja.

Definisi/Pengertian Hrd

Istilah ini memang cukup sering terdengar bagi para pencari kerja. Tiga kata tersebut selalu muncul saat seseorang mendaftar kerja di sebuah perusahaan. Namun masih banyak orang tidak memahami apa arti dan kepanjangan dari kata tersebut.

HRD adalah singkatan dari Human Resources Development yang dalam Bahasa Indonesia artinya pengembangan sumber daya manusia. Divisi ini mencakup aktivitas pengembangan SDM melalui berbagai program.

Human Resource wajib membuat program untuk mengembangkan kemampuan SDM agar mampu menjalankan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien. Selain itu, cakupan kerja divisi ini lebih luas dari bagian personalia.

Tugas Hrd dan Tanggung Jawabnya

Ruang dan cakupan Human Resource memang cukup luas, sehingga tugas dan tanggung jawab yang dibebankan lebih banyak. Melakukan perekrutan karyawan memang menjadi salah satu jobdesknya, namun masih banyak tanggung jawab yang harus dilakukan, diantaranya:

  • Memilih calon karyawan yang tepat
  • Mengatur proses penggajian
  • Menyusun dan meng-update kebijakan
  • Melakukan analisis terkait kesejahteraan karyawan

Gaji dan Tunjangan Hrd

Posisi hrd cukup diincar karena gajinya besar. Rata-rata gaji yang diterima Human Resource di perusahaan besar multinasional sebesar Rp 35.000.000 – Rp 45.000.000 setiap bulan, apabila sudah menempati posisi sebagai manajer.

Sedangkan gaji Human Resource di perusahaan nasional seperti bank dan lainnya, angka gaji yang diperoleh adalah Rp 25.000.000. Pendapatan tersebut diperoleh setiap bulan di luar tunjangan dan bonus. Sedangkan untuk usaha kecil, gaji Human Resource di angka Rp 8.000.000 – Rp 12.000.000.

Dengan gaji yang besar, maka tidak mengherankan jika banyak orang berbondong-bondong mengincar posisi ini, Akan tetapi perlu diingat bahwa jumlah gaji yang besar juga akan menuntut tanggung jawab yang besar pula.

Untuk Gaji yang lebih tinggi cek : Gaji Manajer SDM perusahaan multi nasional.

Syarat dan Kualifikasi Hrd

Agar bisa lolos menjadi bagian dalam divisi Human Resource, para pelamar harus memenuhi syarat dan kualifikasi yang ditentukan oleh perusahaan. Umumnya, dua hal yang selalu jadi perhatian saat mendaftar adalah pendidikan, pengalaman dan kemampuan, dengan penjabaran sebagai berikut:

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pelamar harus memenuhi persyaratan pendidikan minimal lulus dan dinyatakan sebagai sarjana psikologi, hukum maupun bimbingan konseling. Selain itu, untuk menjadi Human Resource, pelamar perlu memenuhi pengalaman dibidang yang sama sebelumnya.

2. Skil dan Kemampuan

Calon Human Resource harus mampu bekerjasama dengan orang lain secara baik. Kemampuan berkomunikasi, baik lisan atau tulis juga jadi pertimbangan karena harus bisa menjelaskan berbagai hal kepada pegawai lainnya.

Tips Lolos Wawancara Hrd

Menjadi salah satu tim Human Resource di sebuah perusahaan bisa jadi mimpi bagi sebagian orang. Untuk bisa memenuhi keinginan tersebut, para pelamar harus melewati berbagai tahap perekrutan karyawan, salah satunya interview. Berikut pertanyaan wawancara yang umum dilontarkan:

  • Cara berkoordinasi dengan pegawai lain
  • Sistem penggajian yang dipahami dan sudah pernah dilakukan
  • Seberapa besar minat di bidang Human Resource
  • Mengatasi masalah kesalahan penghitungan gaji
  • Cara melindungi hak karyawan apabila terjadi hal buruk pada perusahaan

Bagi Infogaji.id peran HRD sangat krusial apalagi di perusahaan besar. Segala pengurusan terkait karyawan diserahkan kepada divisi ini. Sehingga, perlu individu yang mumpuni dan memiliki skil terbaik di bidang Human Resource.

Tinggalkan komentar