IT Support : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Istilah IT Support mungkin sering Anda temukan pada saat mencari lowongan kerja di internet. Hal tersebut dikarenakan posisi yang satu ini memang sangat dibutuhkan oleh berbagai macam perusahaan. Terlebih pada era digital seperti sekarang semuanya serba digital.

Definisi dan Pengertian IT Support

IT support merupakan sebuah singkatan dari Information Technology Support. Bidang ini ukumnya bekerja sebagai sosok yang mengelola semua hal berkaitan dengan dunia IT. Baik perancangan, pengujian dan masih banyak lagi sehingga kualifikasinya pun cukup rumit.

Bisa dikatakan bidang tersebut adalah profesi yang ditangani sosok spesialis. Pasalnya, tidak semua orang mampu mengerjakan dan mengemban tugas yang dipegangnya. Sebab, dibutuhkan ilmu pengetahuan seputar komputerisasi serta menguasai bidang IT.

Profesi sebagai IT support saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang memiliki proses pek sangat bagus. Hal tersebut dikarenakan peluangnya terbuka lebar karena sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang. Selain itu, gaji yanh diterima pun nilainya tidaklah sedikit.

Tugas IT Support Beserta Tanggung Jawabnya

Secara definisi mungkin Anda sudah busa menyimpulkan apa saja tugas dan tanggung jawab dari profesi ini. Namun, pada dasarnya profesi tersebut mengembang berbagai tugas lainnya dan cukup berat. Berikut beberapa tanggung jawab yang harus dikerjakan oleh IT Support.

  • Memastikan seluruh komputer dalam kondisi baik.
  • Memastikan semua komputer terhubung.
  • Memastikan semua aplikasi berfungsi dengan baik.
  • Memastikan keamanan data seluruh user.
  • Mengecek Pembaruan sistem.
  • Backup data user.
  • Dan masih banyak lagi.

Dalam menjalankan tugasnya, para IT Support ini biasanya juga akan bekerjasama dengan Frontend developer maupun backend developer, karena kedua profesi ini memang saling terhubung satu sama lain.

Gaji dan Tunjangan IT Support

Sama seperti profesi lainnya, IT Support juga memiliki besaran gaji yang bervariatif. Hal tersebut bergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja. Karena umumnya, upah yang diterima berkisar Rp. 6.000.000 – Rp. 7.000.000. Namun nominal itu bukanlah angka pasti.

Salah satu faktor yang cukup memengaruhi nilai gaji adalah domisili tempat bekernya. Pasalnya, setiap kota ataupun daerah memiliki kebijakan berbeda-beda dalam menetapkan upah minimum. Alhasil, nominal yang akan Anda terima pun tidak akan sama.

Selain perihal domisili, posisi serta tanggung jawab yang diemban pun menjadi penentu gaji. Status pegawai juga merupakan pertimbangan perusahaan dalam memberikan gaji. Antara karyawan tetap ataupun kontrak, baru hingga berpengalaman nilainya akan berbeda.

Syarat Dan Kualifikasi IT Support

Salah satu hal yang dibutuhkan oleh seorang IT support sudah pasti memahami seluruh sistem tentang komputer dan jaringan. Namun faktanya hal tersebut tidaklah cukup karena masih ada berbagai klasifikasi harus dipenuhi. Berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Secara umum, perusahaan akan sangat memprioritaskan para pelamarnya memiliki latar belakang pendidikan D3 dan S1. Terlebih jurusan yang diutamakan adalah Information Technology. Namun hal tersebut bukan berarti lulusan SMK tidak memiliki kesempatan.

2. Skill dan Kemampuan

Untuk mengambil profesi tersebut tentu Anda harus memiliki Skill dasar dan juga kemampuan dalam bidang IT. Beberapa diantaranya adalah memahami analisa serta pengoperian perangkat serta jaringan. Selain itu, dituntut untuk menguasai database dan sebagainya.

Tips Lolos Wawancara Sebagai IT Support

Tes wawancara memang selalu membuat sebagian orang merasa khawatir. Pasalnya hal tersebut dikarenakan pada tahap ini Pihak perusahaan menentukan keputusannya. Berikut beberapa tips yang umumnya ditanyakan ketika interview berlangsung.

  • Mengatur waktu.
  • Memahami tugas dan tanggung jawabnya.
  • Menyiapkan materi penjelasan tentang IT.
  • Jangan terlalu tergesa-gesa.
  • Bersikaplah profesional.

Itulah tadi pembahasan mengenai IT Support, mulai dari definisi, tugas, gaji hingga syarat dan tips lolos wawancaranya. Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang IT Support.

Salah satu hal yang perlu Anda siapkan adalah memahami seluruh unsur IT. Dengan begitu, kesempatan untuk diterima menjadi lebih besar.

Tinggalkan komentar