Pengertian Kasir Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Kasir jadi profesi yang paling sering dijumpai. Saat melakukan pembayaran di toserba, pekerjaan ini yang akan melayani. Tidak hanya sekedar melayani pembayaran saja, berikut infogaji.id ada banyak tugas yang dilakukannya demi lancarnya aktivitas di sebuah toko.

Definisi/Pengertian Kasir

Pengertian kasir adalah personal yang bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan pembayaran terhadap konsumen, serta memasukkan uang kedalam mesin yang sudah disediakan. Umumnya, aktivitas ini sering dijumpai di minimarket, toko, mall atau swalayan.

Profesi ini ternyata tidak semudah yang dilihat. Pekerjaan ini cukup penting perannya dalam jalannya sebuah usaha karena sering berjumpa langsung dengan konsumen. Semua pelanggan yang membeli produk di sebuah toko harus melalui kasir untuk membayar.

Umumnya, pembayaran yang dilakukan ditoko bisa dilakukan secara tunai atau non-tunai dan dilayani oleh seorang kasir. Maka dari itu, perannya cukup penting untuk memberikan pelayanan pembayaran di toko

Tugas Kasir dan Tanggung Jawabnya

Tugas Kasir
Tugas Kasir

Tugas utama profesi ini adalah melayani proses transaksi. Pembayaran yang biasanya dilakukan oleh konsumen bisa menggunakan uang tunai, kredit maupun debit. Selama melakukan pekerjaannya, kamu harus benar-benar teliti agar tidak ada kesalahan dalam memberi uang kembali.

Tidak hanya melayani konsumen di bagian pembayaran. Kamu juga wajib mengetahui letak barang, berbagai info dan promo yang diberikan toko kepada pelanggan. Tujuannya untuk memudahkan konsumen saat menanyakan letak barang dan informasi lain. Selain itu, kamu harus melakukan tugas dan tanggung jawab lainnya, yaitu:

  • Packing barang konsumen
  • Memeriksa data penjualan dan mencatatnya
  • Memeriksa daftar harga barang
  • Memeriksa ketersediaan barang
  • Membuat laporan penjualan

Gaji dan Tunjangan Kasir

Pekerjaan apapun berhak memperoleh gaji, termasuk seorang kasir. Umumnya, kamu akan memperoleh gaji pokok sekitar Rp 3.750.000 setiapnya. Sedangkan jika dirata-rata, dalam satu tahun nilainya Rp 45.000.000. Artinya, dalam satu jam, gaji yang kamu terima adalah Rp 23.077.

Bagi toko kecil, mungkin tugas kamu tidak hanya memberikan pelayanan pembayaran kepada konsumen, namun juga sebagai orang yang melayani penjualan secara langsung. Sedangkan untuk gajinya, pasti di bawah nilai yang sudah disebutkan di atas.

Gaji awal untuk profesi ini ada di angka yang cukup kecil yaitu Rp 1.750.000 dalam satu bulan. Namun masih hitungan gaji pokok saja, diluar bonus lembur dan tunjangan lainnya. Jika ditotal bisa mencapai Rp 2.000.000 dalam satu bulan.

Baca Juga: Pengertian Tugas dan Tanggung Jawab finance

Syarat dan Kualifikasi Kasir

Lowongan kerja sebagai pelayanan pembayaran di sebuah toko sering banyak dicari dengan beberapa kualifikasi tertentu. Mulai dari tingkat pendidikan yang harus dipenuhi, hingga pengalaman, skil dan kemampuan, turut jadi pertimbangan, kamu bisa menempati posisi tersebut.

1. Pendidikan dan pengalaman

Apakah kamu ingin menjadi seorang yang melayani pembayaran di sebuah toko? Jika iya, pastikan bahwa pendidikan yang kamu sudah tempuh minimal SMA. Tentu saja dengan pengalaman di bidang yang sama, akan membuat kamu memiliki peluang besar untuk diterima

2. Skil dan Kemampuan

Kemampuan menghitung harus dimiliki bagi kamu yang ingin melayani di bagian pembayaran. Meskipun menggunakan mesin, namun kamu tetap harus menghitung nominal uang konsumen. Skil lainnya adalah harus teliti dan tidak gegabah agar buang yang diterima dan kembalian akan tepat sesuai pembayaran.

Tips Lolos Wawancara Kasir

Sebagian orang yang ingin menjadi pelayanan pembayaran di sebuah toko, harus bisa memenuhi kualifikasi yang sudah ditentukan oleh pihak pencari karyawan. Jika pendidikan dan kemampuan kamu masuk dalam kriteria, silahkan mendaftar. Jangan lupa persiapkan diri di tahap wawancara, dengan beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Apa yang membuat kamu tertarik pada profesi ini
  • Bisa menghitung cepat dan tepat
  • Menghitung selisih uang yang dibayar dengan uang kembalian
  • Seberapa besar keinginan menempati posisi ini

Pastikan bahwa kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik jika akan mengikuti interview sebagai kasir. Siapkan jawaban yang tepat dan pelajari lebih lagi terkait tugas-tugas yang harus dilakukan pada posisi ini, agar bisa diterima.

Tinggalkan komentar