Pengertian Komisaris Utama Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Infogaji.id-Apakah kamu pernah mendengar tentang istilah komisaris? Jabatan ini tidak hanya diemban oleh satu orang. Ini yang membuat jabatan ini sering disebut dengan dewan komisaris. Sedangkan orang yang memimpin jajaran tersebut dikenal dengan istilah komisaris utama.

Definisi/Pengertian Komisaris Utama

Komisaris adalah jabatan di atas direktur. Sedangkan komisaris utama adalah pemimpin dari para komisaris yang ada. Komisaris menjalankan fungsi pengawasan terhadap direksi. Umumnya, jabatan ini dipegang oleh pemilik perusahaan atau saham terbesar.

Dalam fungsi pengawasannya, seseorang yang ada pada jabatan ini , harus mampu memberikan masukan dan nasihat pada seluruh direksi agar lebih baik dalam menjalankan perusahaan. Pasalnya, sebagai pemegang saham atau pemilik perusahan, tentu kemajuan bidang usaha jadi tujuan utama.

Biasanya, jajaran komisaris akan memberikan arahan kepada direksi, yang diwakili oleh komisaris utama, sebagai pemimpin posisi ini. Pemegang keputusan mutlak akan dipegang oleh jabatan ini. Siapa yang menjadi pimpinan komisaris, biasanya ditentukan dari jumlah saham tertinggi.

Baca Juga: Pengertian komisaris lenkap.

Tugas Komisaris Utama dan Tanggung Jawabnya

Mengawasi direksi sebenarnya cukup mudah, terlebih jika jajaran direksi dipegang oleh orang-orang pintar, berpengalaman dan jujur. Maka fungsi tugas komisaris akan terasa ringan. Namun berbeda jika direksi dipimpin oleh orang-orang yang tidak kompeten, maka sistem pengawasan akan lebih ketat.

Komisaris harus bisa memilih para direksi dengan tepat agar mempermudah fungsi pengawasan. Ini juga terkait dengan tugas dan tanggung jawab komisaris terhadap perusahaan. Ada beberapa tanggung jawab yang diemban, diantaranya:

  • Memilih orang-orang yang berada di jajaran direksi
  • Mengawasi jalannya perusahaan
  • Mengambil keputusan atas usulan direksi
  • Memberi pertimbangan terkait sistem perusahaan

Gaji dan Tunjangan Komisaris Utama

Sama halnya dengan komisaris lainnya, komisaris utama akan memperoleh gaji dari hitungan persentase pendapatan direksi. Ini menyebabkan nilainya tidak bisa dipastikan setiap bulan. Penentuan gaji untuk para komisaris dilakukan pada saat pertemuan pemegang saham setiap tahun. 

Tentu saja, nominal yang diterima oleh pimpinan komisaris ini lebih besar dari jajaran lainnya, karena nilai saham yang dipegang lebih tinggi dari lainnya. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dipahami tentang pemberian gaji kepada pihak komisaris.

Setiap komisaris, berhak memperoleh beberapa tunjangan dari perusahaan. Diantaranya, tunjangan transportasi, kesehatan, jaminan hari tua dan lain sebagainya sesuai dengan kebijakan yang ditentukan dari pihak perusahaan.

Syarat dan Kualifikasi Komisaris Utama

Kualifikasi Komisaris Utama

Walaupun posisi ini sangat istimewa dan tidak bisa didapatkan oleh masyarakat umum, tetapi ada beberapa persyaratan dan kualifikasi yang menunjang. Beberapa diantaranya terkait dengan pendidikan, pengalaman dan kemampuan yang dimiliki.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Semakin tinggi pendidikan dan pengalaman yang dimiliki, akan membuat potensi kamu terpilih sebagai pemimpin para komisaris sangat besar. Terpilihnya jabatan ini tergantung dari kesepakatan para komisaris.

2. Skil dan Kemampuan

Umumnya, seorang pemimpin dari jajaran komisaris harus paham soal hukum. Komunikasi dan koordinasi yang baik, juga akan menjadi penentu, pada komisaris memilih kamu sebagai pimpinan. Terlebih Jika kamu cukup kritis dalam menganalisis sesuatu, akan menjadi nilai tambah.

Tips Lolos Wawancara Komisaris Utama

Jabatan ini tidak bisa diperebutkan melalui seleksi pemilihan karyawan pada umumnya. Tidak ada jalur tes seperti yang sering dilakukan pada job hunter. Pada dasarnya, apabila kamu menjadi kandidat komisaris, maka akan dihadapkan oleh orang yang sudah dikenal sebelumnya, dengan pertanyaan sebagai berikut:

  • Berapa nilai saham yang dimiliki di perusahaan
  • Sejauh apa kemampuan berbahasa inggris
  • Cara meningkatkan jumlah saham

Komisaris utama memang ditunjuk berdasarkan kemampuan terbaik diantara jajaran komisaris lainnya. Tentu posisi ini sangat strategis dan memiliki wewenang lebih besar dari komisaris lainnya. Pada dasarnya pemimpin para komisaris ini, kemampuannya di atas rata-rata.

Tinggalkan komentar