Koordinator Lapangan : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Istilah koordinator lapangan tentu sudah tidak asing lagi dalam sebuah pekerjaan. Sosok tersebut pada umumnya bertanggung jawab atas seluruh kegiatan suatu proyek atau sejenisnya. Seperti mengawasi hingga mengontrol supaya semuanya dapat berjalan sesuai.

Definisi dan Pengertian Koordinator Lapangan

Secara definisi, koordinator adalah seseorang yang mengkoordinir sebuah kegiatan dalam hal ini yaitu proyek pekerjaan. Orang tersebut melakukan penugasan guna mengawasi jalannya proyek. Tak hanya mengawasi tapi juga memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

Jadi bisa disimpulkan bahwa profesi ini memiliki tugas mengawasi sebuah proyek diarea secara langsung. Keberadaannya sangat krusial demi menjaga kelancaran suatu pekerjaan. Baik seputar pembangunan atau jenis lainnya.

Kewajiban koordinator lapangan adalah memastikan seluruh aspek dalam proyek tersedia dan berjalan sesuai rencana. Apabila terjadi sesuatu pada pekerjaan, maka bagian inilah yang akan bertanggung jawab. Bahkan termasuk mengenai kinerja para pekerjanya.

Tugas Koordinator Lapangan Beserta Tanggung Jawabnya

Untuk menjadi seorang koordinator lapangan tentu tidaklah mudah. Mengingat bahwa tugas yang diembannya sangatlah berat. Sebab, semua aspek yang ada dalam proyek khususnya dilapangan menjadi tanggung jawabnya. Berikut ulasan lebih lengkapnya seputar tugasnya.

  • Mengawasi proyek pekerjaan.
  • Mengatur dan mengelola kebutuhan lapangan.
  • Memberikan arahan di lapangan.
  • Membuat laporan kerja.
  • Memastikan semua pekerjaan berjalan lancar.

Gaji Dan Tunjangan Koordinator Lapangan

Besaran gaji yang diterima oleh koordinator lapangan sangatlah bervariatif. Hal tersebut dikarenakan cukup bergantung pada perusahaan tempat bekerja. Selain itu, Anda tidak bisa menyamakan antara korlap proyek besar dengan yang kecil. Sebab, upahnya tentu berbeda.

Jika bicara mengenai gajinya tentu Anda harus mencari tahu terlebih dahulu layar belakang perusahaan yang mempekerjakannya. Sebab, kebijakannya lah yang akan menentukan besaran upah beserta tunjangan. Selain itu biasanya ada juga biaya jaminan keselamatan.

Apalagi jika proyek dikerjakan memiliki risiko yang terbilang besar. Kalau begitu, maka bisa dikatakan upah yang akan didapatkan pun akan seimbang. Namun kembali lagi pada kebijakan perusahaan hingga seberapa besar skala industrinya karena sangat berpengaruh.

Syarat Dan Kualifikasi Koordinator Lapangan

Dalam menerima calon karyawan tentu perusahaan tidak akan membiarkannya berlangsung secara sembarang. Itulah mengapa adanya klasifikasi tertentu tak terkecuali untuk bagian koordinator lapangan. Apabila Anda berminat, berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi bagian ini umumnya SMA/SMK. Namun dalam kebukakan tertentu tak menutup kemungkinan klasifikasinya menjadi lebih tinggi yaitu lulusan D3 hingga S1. Tapi, pengalaman adalah kunci utama guna membuka peluang.

2. Skill dan Kemampuan

Skill dasar yang harus dimiliki profesi ini adalah ilmu komunikasi. Hal tersebut dikarenakan tugasnya yang mengharuskannya mengkoordinasi seluruh tim. Selain itu, korlap dituntut mampu bertanggung jawab atas pekerjaannya. Kemudian ulet dan disiplin saat kerja.

Baca juga : Gaji, Tugas, Hingga Kualifikasi Menjadi Social Media Marketing yang Perlu Anda Ketahui

Tips Lolos Wawancara Sebagai Koordinator Lapangan

Meskipun keberadaannya diluar kantor, untuk bisa menjadi koordinator lapangan Anda tak bisa menghindari tes wawancara. Pasalnya hal ini menjadi bagian penting bagi perusahaan dalam menentukan pilihannya. Berikut beberapa tips saat menghadapi interview.

  • Ceritakan pengalaman Anda secara singkat dan jelas.
  • Tunjukan sikap disiplin dan profesional.
  • Cari tahu tentang perusahaannya.
  • Pahami tugas utama profesi tersebut.
  • Jangan terlalu basa-basi.
  • Kenali bidang tempat Anda bekerja.

Itulah tadi pembahasan mengenai koordinator lapangan. Mulai dari pengertian, tugas, gaji hingga tips wawancaranya. Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang koordinator lapangan .

Pada dasarnya profesi ini sama seperti lainnya. Karena setiap perusahaan menginginkan sosok yang pas untuk mengisi bagian tersebut.

Tinggalkan komentar