Koordinator Marketing : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Istilah koordinator Marketing mungkin tidak se-familiar yang bertugas dilapangan. Namun pada dasarnya antara keduanya memiliki persamaan dalam tugas dan tanggung jawab. Hanya saja titik perbedaannya terletak dibidang atau fokus utama penugasan kerjanya.

Definisi dan Pengertian Koordinator Marketing

Koordinator Marketing merupakan sebuah jabatan yang ada pada suatu perusahaan ataupun struktur organisasi industri. Sosok yang menempati posisi tersebut memiliki kuasa untuk memerintah dan memberi arahan kepada bawahan. Dalam hal ini seputar dunia pemasaran.

Sesuai dengan namanya profesi ini berarti memiliki tugas dan tanggung jawab mengkoordinasi pemasaran. Keberadaannya berfungsi guna mengatur, mengawasi hingga memberi arahan. Tujuannya ialah agar semua berjalan sesuai rencana.

Pasalnya, apabila kegiatan tersebut tidak ada yang meng-koordinasi maka tak menutup akan menjadi berantakan. Itulah mengapa sosok koordinator Marketing memiliki perang cukup krusial dalam sebuah projek, terutama perihal pemasaran baik produk ataupun jasa.

Bisa dikatakan jika profesi ini merupakan atasan dari perihal marketing, mulai dari telemarketing, social media marketing, sales, dan masih banyak lagi.

Tugas Koordinator Marketing Beserta Tanggung Jawabnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa secara umum tugas yang diemban koordinator Marketing tergolong sama dengan lapangan. Hanya saja spesifikasi ruang lingkup kerjanya berbeda. Supaya lebih jelas, berikut beberapa tugas dan tanggung jawabnya.

  • Mendukung seluruh aspek pekerjaan tim.
  • Memberikan perintah kepada tim.
  • Mengembangkan dsn memelihara tim.
  • Mengawasi kinerja.
  • Membuat laporan.
  • Memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

Gaji Dan Tunjangan Koordinator Marketing

Jika mengambil standar gaji untuk profesi ini secara umum di Indonesia maka berkisar Rp. 3.500.000. Namun nominal tersebut tidak termasuk tunjangan, bonus lembur hingga lainnya. Pasalnya, bisa saja setiap pekerja mendapatkan nilai yang berbeda satu sama lain.

Selain itu, gaji tersebut bukanlah harga mati untuk posisi koordinator Marketing. Sebab, ada berbagai macam yang dapat mengubah dan memengaruhi nilainya. Seperti kebijakan perusahaan dalam menetapkan upah pegawai berdasarkan beberapa kategori.

Salah satu diantaranya adalah status karyawan yang menjadi pembeda pendapatan gaji. Umumnya pegawai baru akan mendapatkan upah lebih kecil dibandingkan dengan senior. Tapi hal tersebut bergantung pada kebijakan yang dibuat oleh perusahaan tempat bekerja.

Syarat dan Kualifikasi Koordintor Marketing

Pada dasarnya profesi ini bisa dikatakan sebuah pekerjaan yang dikerjakan oleh sosok Spesialist. Hal tersebut membuat klasifikasi tergolong spesifik, baik perihal pendidikan, pengalaman hingga Skill dan kemampuan. Berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan yang paling dicari oleh banyak perusahaan untuk mengisi posisi ini adalah lulusan S1 ilmu pemasaran pastinya. Namun hal tersebut bukan berarti menutup kesempatan bagi Anda yang bukan dari jurusan tersebut. Apalagi jika memiliki pengalaman dalam bidangnya.

2. Skill Dan Kemampuan

Sebagai sosok panutan yang mengkoordinasi para tim atau bawahan, maka Skill dasarnya adalah ilmu komunikasi. Terlepas dari pengetahuan tentang pemasaran, kemampuan berkomunikasi dengan baik tentu penting. Mengingat bahwa tugasnya mengelola banyak tim.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Koordinator Marketing

Tips ini tentu menjadi sangat penting untuk Anda ketahui sebelum menghadapi tes wawancara. Pasalnya, akan ada banyak pertanyaan yang harus dihadapi ketika proses interview termasuk dalam bidang koordinator Marketing. Berikut beberapa cara mengatasinya.

  • Aspek pemasaran yang paling diminati.
  • Kiat-kiat penting agar pemasaran lebih efisien.
  • Memahami tugas utama sebagai koordinator Marketing.
  • Mengumpulkan informasi profil perusahaan.
  • Menceritakan proyek Marketing yang pernah ditangani.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa hal seputar pekerjaan sebagai Koordinator Marketing. Mulai dari pengertian hingga tugas dan gajinya. Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang koordinator Marketing.

Tinggalkan komentar