Manajer Keuangan : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Besarnya Tanggung Jawab Seorang Manajer Keuangan Dalam Perusahaan – Menjabat sebagai manajer keuangan bukan hal yang mudah. Tanggung jawabnya besar dan wajib menjunjung kejujuran. Seseorang yang ada pada posisi manajer di bidang keuangan harus teliti dan memastikan bahwa semua dana diatur dengan baik.

Definisi/Pengertian Manajer Keuangan

Manajer keuangan adalah personal yang menciptakan strategi manajemen keuangan. Mulai dari pengelolaan hingga eksekusinya. Sedangkan manajemen keuangan adalah aktivitas pengelolaan keuangan, yang terdiri dari perencanaan untuk memperoleh pendanaan.

Tujuan manajemen keuangan untuk mengelola aset perusahaan dan mengalokasikan dana, demi berlangsungnya perputaran keuangan. Tidak hanya manajer yang berperan penting dalam pengelolaan dana perusahaan, namun keseluruhan divisi keuangan.

Sedangkan divisi keuangan memiliki pengertian dalam bertugas merencanakan, melaksanakan, serta mengendalikan keseluruhan sumber daya yang ada di perusahaan. Sumber daya ini meliputi karyawan, produk, lokasi bagunan.

Baca Juga : Tugas dan Tanggung Jawab General Affair di Perusahaan besar sekelas FMCG.

Tugas Manajer Keuangan dan Tanggung Jawabnya

Tugas seorang manajer divisi keuangan tidaklah mudah. Tanggung jawab yang ditanggung sangat besar karena berkaitan dengan pendanaan. Keberhasilan perusahaan dapat dilihat dari kemampuannya dalam mengatur keuangan dengan baik. Selain itu, tugas berat yang harus dilakukan manajer divisi keuangan adalah sebagai berikut:

  • Membuat perencanaan keuangan perusahaan secara umum
  • Mengontrol keuangan perusahaan
  • Mengambil keputusan dalam berinvestasi
  • Bertanggung jawab atas keputusan pendanaan perusahaan
  • Menjadi penghubung antara perusahaan dan pasar keuangan
  • Menjaga jalannya arus kas, utang piutang perusahaan

Gaji dan Tunjangan Manajer Keuangan

Manajer keuangan selalu mengawali karirnya dari bawah. Umumnya, dimulai dari seorang akuntan. Semakin bertambahnya pengalaman dan prestasi, karir bisa naik hingga menduduki jabatan ini. Gaji seorang pimpinan dalam divisi pendanaan sesuai dengan tanggung jawab.

Gaji yang diterima manajer yang memimpin divisi keuangan diantara Rp 10.000.000 hingga Rp 16.000.000 setiap bulannya. Karir manajer di bidang pendanaan akan terus menanjak sesuai dengan kemampuannya.

Tak jarang, pimpinan divisi keuangan ini bisa menikmati gaji diatas Rp 30.000.000, apabila sudah masuk dalam kategori top level. Ini dilihat dari kemampuan dan pengalamannya dalam melakukan pengelolaan dana dengan baik, sehingga keuntungan perusahaan naik pesat.

Syarat dan Kualifikasi Manajer Keuangan

Besarnya tanggung jawab dan beratnya tugas yang harus dijalankan seorang manajer yang membidangi keuangan, mengharuskan kandidat memenuhi seluruh kualifikasi terbaik yang sudah ditentukan perusahaan, diantaranya:

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pendidikan tentu jadi hal penting yang dimiliki untuk menjadi pemimpin di bidang keuangan. Maka dari itu, minimal harus lulusan sarjana keuangan, perbankan atau akuntansi. Selain itu, juga sudah pernah menduduki jabatan yang sama setidaknya 2 tahun dan usianya antara 30 – 40 tahun.

2. Skill dan Kemampuan

Bukan hanya teori di bidang keuangan saja yang wajib dikuasai, tetapi sebagai manajer, harus bisa berpikir secara cepat, efisien serta berwawasan luas. Selain itu, kemampuan terhadap ilmu keuangan, akuntansi dasar dan investasi harus sudah diluar kepala. Terlebih, harus teliti dan tegas.

Tips Lolos Wawancara Manajer Keuangan

Menjalankan proses interview sebelum mendapat jabatan financial manager adalah tahapan yang harus dilalui. Pasalnya, tugas berat menanti seorang manajer karena akan bekerja yang berhubungan langsung dengan uang. Hampir sama dengan Management Trainee yang bertugas membnagun sumberdaya manusia di perusahaan. Untuk itu, ada beberapa pertanyaan yang akan diajukan diantaranya:

  • Menceritakan pengalaman dalam sistem manajemen relasional
  • Menjabarkan cara memimpin yang efektif
  • Apa yang lakukan apabila tidak setuju dengan manajemen senior
  • Cara menghindari kesalahan dalam pencatatan dan pemeriksaan dokumen keuangan
  • Strategi keuangan yang akan diterapkan

Menjadi manajer keuangan memiliki peran besar dalam jalannya sebuah perusahaan. Pasalnya, strategi dan keputusan yang diambil akan menentukan kondisi keuangan dalam bidang usaha. Sehingga jabatan ini harus dipegang oleh orang yang berpengalaman.

Sampai jumpa di Artikel dunia kerja dari InfoGaji.id berikutnya, salam sukses selalu.

Tinggalkan komentar