Manajer Operasional : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Peran Manajer Operasional dalam Perusahaan – Peran manajer operasional dalam sebuah perusahaan sangat penting. Ini karena, tugas yang harus dijalankan menjadi penyeimbang dalam organisasi usaha. Sama halnya dengan manajer lainnya, operasional bisa berjalan lancar jika dipimpin oleh orang yang berkualitas dari berbagai sisi.

Definisi/Pengertian Manajer Operasional

Pengertian manajer operasional merupakan jabatan di sebuah perusahaan yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kinerja dan menekan potensi resiko organisasi atau instansi. Operasional manajer bertanggung jawab terhadap karyawan dan manajer lainnya dalam sebuah perusahaan.

Pasalnya, aktivitas operasional adalah divisi dengan pengeluaran terbanyak, sehingga operasional manajer dituntut agar mampu melaksanakan kebijakan yang telah direncanakan oleh manajer utama. Selain itu, manajer juga menjadi pengawas agar sistem operasional berjalan dengan lancar.

Sebagai salah satu fungsi strategis perusahaan, operasional manajer juga menjadi penentu kelangsungan hidup perusahaan dalam waktu yang lama. Maka dari itu, pengelolaan manajemen operasional harus ditangani oleh orang yang tepat.

Tugas Manajer Operasional dan Tanggung Jawabnya

Berbeda dengan Manajemen Trainee yang berfokus pada pengembangan kapabilitas karyawan. Jabatan operasional manajer di perusahaan sangat penting karena tugasnya untuk menekan biaya operasional perusahaan. Selain itu, juga diharapkan bisa memperoleh pendapatan lebih tinggi dengan cost rendah.

Sebagai pengendali pengeluaran operasional, operasional manajer harus memastikan bahwa seluruh dana sudah dialokasikan sesuai porsinya masing-masing. Tanpa adanya pengendalian, maka seluruh sistem perusahaan tidak dapat berjalan lancar.

Operasional manajer juga dituntut untuk melakukan tanggung jawab berikut ini:

  • Mengeliminasi pengeluaran yang tidak penting, sehingga mampu menekan biaya operasional
  • Mengembangkan inovasi di bidang operasional agar berjalan lancar
  • Meningkatkan efisiensi operasional perusahaan tempat bekerja
  • Melakukan pemeriksaan laporan bulanan divisi administrasi, finance dan operasional itu sendiri
  • Membuat laporan bulanan terkait jalannya operasional perusahaan
  • Mengevaluasi pendanaan operasional

Gaji dan Tunjangan Manajer Operasional

Menjadi manajer operasional mungkin impian sebagian orang, karena dianggap sudah mampu menduduki jenjang karir tinggi. Gajinya pun besar dengan tunjangan melimpah. Namun, yang perlu diingat bahwa tugas dan tanggung jawabnya juga tidak main-main.

Operasional manajer rata-rata mendapat gaji Rp 6.000.000 – Rp 8.000.000 setiap bulannya. Sedangkan jika sudah berhasil mencapai top level, maka pendapatan setiap bulan bisa mencapai kisaran angka Rp 9.000.000 – Rp 12.000.000.

Semakin tinggi level seorang manajer, tentu gaji dan tunjangan yang diperoleh semakin besar karena tugasnya semakin bertambah dengan tanggung jawab lebih besar. Besaran gaji operasional juga akan dilihat dari segi kinerjanya.

Syarat dan Kualifikasi Manajer Operasional

Tidak semua orang bisa mendapatkan jabatan seorang operasional manajer. Pasalnya, ada syarat yang harus dipenuhi agar bisa menduduki posisi tersebut. Setiap perusahaan memiliki standar tertentu, namun pada umumnya, kriteria dan garis besarnya sama, dengan kualifikasi berikut ini:

1. Pendidikan

Seseorang bisa menjadi operasional manajer jika sudah lulus minimal sarjana jurusan management. Setidaknya, sudah pernah berpengalaman sebagai pimpinan di bidang operasional selama 5 tahun dan memiliki lisensi pelatihan di bidang operasional.

2. Skill dan Kemampuan

Apabila ingin melamar sebagai operasional manajer, tidak hanya pengalaman yang dibutuhkan. Tetapi skill dan kemampuan terkait bidang bisnis dan manajemen harus bisa dibuktikan. Selain itu, kebijakan dalam mengambil keputusan secara cepat juga sangat dibutuhkan.

Tips Lolos Wawancara Manajer Operasional

Interview jadi tahapan penting untuk mendapatkan posisi sebagai operasional manajer hampir seketat seleksi Manajer Keuangan. Dari seluruh rangkaian seleksi mencari kandidat terbaik, porsi wawancara cukup besar. Akan ada beberapa pertanyaan berikut ini terkait bidang operasional yang diemban seorang manajer:

  • Kontribusi terbesar seorang manajer dalam sistem operasional perusahaan
  • Berapa lama berpengalaman jadi manajer dan jumlah tim
  • Cara menghadapi konflik dalam tim
  • Cara mendelegasikan tugas kepada masing-masing individu dalam tim
  • Strategi operasional yang akan ditetapkan

Manajer operasional harus mampu menjadi pemimpin dalam sebuah sistem operasional. Tugasnya tidak hanya merencanakan strategi terbaik, namun juga memiliki fungsi pengawasan, jalannya eksekusi sistem operasional.

Tinggalkan komentar