Manajer Pemasaran : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Menjabat sebagai manajer pemasaran, harus mampu membuat berbagai strategi penjualan, demi memenuhi target perusahaan. Dijaman yang serba modern ini, pemasaran tidak hanya bisa dilakukan secara offline, namun juga menggunakan sistem online.

Definisi/Pengertian Manajer pemasaran

Memasarkan produk bukan hal yang mudah, terlebih jika ada memiliki banyak pesaing. Untuk itu diperlukan seseorang yang bisa mengatur strategi pemasaran dengan baik. Manajer merupakan individu yang bertanggung jawab atas divisi tertentu,

Sedangkan pemasaran adalah aktivitas terencana yang dilakukan sebuah perusahaan untuk mengupayakan permintaan pasar. Tujuannya adalah memaksimalkan keuntungan melalui strategi penjualan yang direncanakan.

Sehingga, pengertian manajer pemasaran adalah seseorang yang bertanggung jawab atas perencanaan strategi penjualan demi memaksimalkan keuntungan sebuah perusahaan. Bisa dibilang, jika manager marketing merupakan konseptor dan evaluator.

Tugas Manajer pemasaran dan Tanggung Jawabnya

Marketing manager memiliki tugas untuk memimpin aktivitas pemasaran agar target perusahaan terpenuhi. Pengetahuan terhadap penjualan harus sudah di luar kepala, termasuk strategi-strategi marketing.

Tanggung jawab seorang marketing manajer cukup berat karena harus mampu menghasilkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Hal tersebut termasuk segala hal yang berkaitan dengan promosi dan iklan. Selain itu, ada beberapa tanggung jawab lain yang harus dipenuhi oleh marketing manajer, diantaranya:

• Mengkoordinasikan strategi pemasaran
• Mengatur budget iklan
• Monitoring pertumbuhan perusahan
• Menciptakan strategi baru dalam penjualan serta mengaplikasikannya di pasar
• Menyusun perencanaan data pemasaran dan mempertanggungjawabkan hasil penjualan
• Melakukan identifikasi, pengembangan dan evaluasi strategi pemasaran demi meningkatkan penjualan.

Gaji dan Tunjangan Manajer pemasaran

Seseorang yang berprofesi sebagai manajer pemasaran memiliki tanggung jawab yang besar terhadap laku tidaknya produk di pasaran. Bahkan ada target yang harus bisa dilampaui dan berhubungan erat dengan pendapatannya setiap bulan.

Umumnya, manager marketing akan mendapat gaji sekitar Rp 4.000.000 – Rp 6.000.000 di luar tunjangan dan bonus. Perolehan bonus berdasarkan prosentase pendapatan perusahaan. Sehingga, semakin banyak produk yang terjual, bonus yang didapat semakin melimpah.

Gaji dan tunjangan marketing manager juga akan diukur berdasarkan levelnya. Untuk top sales manager, gaji yang diterima setiap bulannya mencapai Rp 60.000.000 hingga Rp 80.000.000. nominal tersebut diluar tunjangan dan bonus dari perusahaan.

Baca Juga : Syarat dan Kualifikasi Manajer Pabrik saat kini era Industri 4.0

Syarat dan Kualifikasi Manajer pemasaran

Besarnya gaji seorang marketing manager tidak serta-merta didapatkan dengan cara mudah. Setiap individu yang menempati jabatan tersebut harus memenuhi kualifikasi terbaik. Mulai dari segi pengetahuan hingga kemampuan yang dimiliki, dengan penjelasan sebagai berikut:

1. Pengetahuan

Demi bisa menempati jabatan marketing manajer perlu memahami berbagai ilmu tentang penjualan, layanan costumer, administrasi dan manajemen dan Bahasa Inggris yang baik. Sehingga, sarjana fresh graduate dengan pendidikan yang sudah disebutkan di atas, bisa mempersiapkan diri untuk membangun karir sebagai marketing manager.

2. Skill dan Kemampuan

Pengalaman tidak bisa bohong, marketing manager dengan pendidikan terbaik dan skil mumpuni di bidang pengembangan diri, pemasaran, mau mendengar keluhan pelanggan, pemikiran kritis, akan mendorong seseorang bisa menjadi marketing manager terbaik di sebuah perusahaan.

Tips Lolos Wawancara Manajer pemasaran

Agar bisa mendapatkan posisi sebagai manager marketing, setiap calon pelamar harus mempersiapkan diri dengan baik, termasuk pada saat tahap interview. Pengantisipasi berbagai pertanyaan berikut ini akan menghasilkan jawaban yang tepat.

  • Tugas dan tanggung jawab seorang marketing manager
  • Pentingnya strategi pemasaran
  • Cara menangani strategi yang tidak berhasil
  • Apa project terbaik yang pernah ditangani dan jelaskan seberapa besar pencapaiannya
  • Siapa produk pesaing yang paling ketat dengan perusahaan dan bagaimana cara mengalahkannya

Banyak sedikitnya jumlah produk yang terjual dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang dijalankan. Pentingnya peran manajer pemasaran untuk melakukan pengawasan terkait rencana dan eksekusi penjualan agar berjalan secara maksimal.

Jika Anda ingin menduduki posisi ini, InfoGaji berpesan untuk selalu peka dengan perkembangan jaman adalah kunci keberhasilan sebagai manajer pemasaran.

Tinggalkan komentar