Manajer Personalia : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Manajer personalia perannya sebagai perekrut karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Maka dari itu, keberadaannya sangat penting. Bagian personalia adalah bagian sub sistem yang tugasnya berhubungan erat dengan para pegawai.

Definisi/Pengertian Manajer personalia

Menurut Marihot Manullang, manajemen personalia adalah bidang keilmuan yang memberikan fasilitas kepada karyawan yang berguna untuk perkembangan pekerja. Sehingga, dari segi perusahaan, bagian personalia ini yang berhubungan erat dan langsung dengan pegawai.

Manajer adalah orang yang memiliki tanggung jawab terhadap banyak hal yang di bawahinya. Sedangkan personalia artinya kegiatan pengelolaan administrasi Sumber Daya Manusia dan berfungsi sebagai penghubung antara karyawan dan perusahaan.

Sehingga, manajer personalia adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan administrasi SDM dan menjadi penghubung antara perusahaan dan karyawan. Bagian personalia juga memiliki peran penting terkait permasalahan karyawan di perusahaan.

Tugas Manajer Personalia dan Tanggung Jawabnya

Secara garis besar personalia manajer bertugas menjadi penghubung antara pihak perusahaan dan para pekerja. Selain itu, ia juga harus bisa mengkoordinasi SDM supaya bisa memaksimalkan kinerjanya.

Setiap perusahaan memiliki target yang harus dicapai dan manajer di bidang personalia ini harus bisa merekrut individu berkualitas serta berkompeten di bidangnya. Selain itu, ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus bisa dipenuhi sebagai pemimpin di divisi personalia, diantaranya:

● Menyiapkan dan membentuk program kerja melalui pelatihan untuk karyawan
● Menyusun program yang berhubungan dengan pengembangan kualitas pegawai
● Bertanggung jawab terhadap perkembangan Sumber Daya Manusia di perusahaan
● Meningkatkan pemanfaatan SDM dalam perusahaan
● Bertanggung jawab dalam perencanaan SDM yang ada dan rencana Sumber Daya Manusia yang akan datang.

Gaji dan Tunjangan Manajer Personalia

Bekerja di bidang personalia memang cukup menjanjikan, terlebih jika sudah menduduki jabatan manajer. Uniknya, fresh graduated bisa mendaftar sebagai pimpinan di bagian personalia dengan syarat-syarat tertentu.

Sedangkan untuk gaji fresh graduated dengan posisi personalia manajer sebenar Rp 6.000.000 – Rp 12.000.000 setiap bulan. Sedangkan jika sudah berada di top level perusahaan multinasional, gaji personalia manajer mencapai Rp 27.000.000 dalam satu bulan.

Nominal tersebut adalah gaji pokok dan belum ditambah dengan tunjangan lain-lain, seperti uang lembur, gaji ke-13, BPJS dan tunjangan lainnya. Tentu saja, gaji yang diterima sepadan dengan beban kerja yang dipikulnya.

Syarat dan Kualifikasi Manajer Personalia

Posisi personalia berhubungan langsung dengan karyawan. Sehingga ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi untuk menjadi personalia manajer. Bagi perusahaan besar, kualifikasi pendidikan dan skil jadi modal utama untuk merekrut karyawan dengan penjelasan sebagai berikut:

1. Pendidikan dan Pengalaman

Seseorang dengan pendidikan sarjana psikologi, hukum, komunikasi, bisa melamar di divisi personalia. Selain itu, pernah bekerja minimal 2 tahun dibidang yang sama juga jadi pertimbangan. Pengalaman dalam menangani pelatihan dan perekrutan jadi aspek penting untuk memilih personalia manajer.

2. Skill dan Kemampuan

Kemampuan dalam menganalisis informasi dengan cepat dan mengambil keputusan secara tepat bagi personal manajer cukup penting karena akan ada banyak masalah di tengah-tengah karyawan. Ia juga harus bisa berpikir kritis dan inovatif demi perkembangan SDM.

Baca Juga : Syarat dan Kualifikasi Manajer Personalia Perusahaan Multinasional.

Tips Lolos Wawancara Manajer Personalia

Lolos wawancara menjadi personalia bukan hal yang mudah. Pasalnya, perusahaan akan dengan ketat menyeleksi kandidat terbaik untuk dijadikan pemimpin di divisi personalia. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui beberapa pertanyaan yang mungkin diajukan dalam wawancara, diantaranya:

  • Permasalahan terbesar saat menangani karyawan di perusahaan lama
  • Cara dan sikap dalam mengatasi masalah yang terjadi ditengah-tengah karyawan
  • Cara menanggapi karyawan yang mogok kerja akibat menuntut kenaikan gaji
  • Strategi menentukan karyawan terbaik saat perekrutan
  • Karakter terbaik menjadi seorang pemimpin

Bagi InfoGaji.id Manajer personalia menjadi salah satu pemimpin yang berhubungan langsung dengan karyawan di sebuah perusahaan. Untuk itu, harus memiliki cara terbaik untuk melakukan pendekatan terhadap karyawan agar bisa bekerja lebih maksimal demi tercapainya target perusahaan.

Tinggalkan komentar