Manajer Produksi : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Perusahaan dengan orientasi hasil produk dagang, peran manajer produksi tidak bisa diabaikan. Pasalnya, Ia berperan aktif untuk mengalokasikan jumlah produksi yang akan dilempar ke pasaran. Selain itu, pengaturan kegiatan produksi juga menjadi salah satu jobdesknya.

Definisi/Pengertian Manajer Produksi

Arti kata manajer adalah individu yang harus mempertanggung jawabkan segala hal yang berhubungan dengan bidang kelompok yang dibawahinya. Ini bisa dalam lingkup perusahaan maupun instansi.

Sedangkan produksi adalah proses menciptakan, membuat dan menghasilkan barang atau jasa dalam kegiatan ekonomi. Sehingga, pengertian manajer produksi dapat dimaknai sebagai orang yang bertanggung jawab atas aktivitas menciptakan, membuat dan menghasilkan barang atau jasa.

Ia berkewajiban untuk memastikan bahwa proses produksi berjalan lancar. Mulai dari awal hingga akhir produksi, perannya begitu penting. Segala hal terkait jalannya produksi dan kualitas barang juga menjadi tanggung jawabnya.

Tugas Manajer Produksi dan Tanggung Jawabnya

Suksesnya aktivitas produksi sebuah produk yang kini bisa dinikmati masyarakat, tak lepas dari tangan dingin seorang manajer divisi produksi. Pasalnya, semua proses produksi, problem solving, jumlah, kualitas barang yang diproduksi, menjadi tanggung jawab product manager.

Tugas product manager cukup berat karena harus memastikan bahwa hasil produksi telah memenuhi target rancangan perusahaan. Demi tercapainya target, manager dan seluruh pegawai produksi harus memaksimalkan kemampuannya. Selain itu, tanggung jawab product manager terdiri dari:

  • Berinovasi untuk mengembangkan produksi
  • Memastikan perkembangan skil pegawai divisi produksi
  • Mempertanggung jawabkan semua hasil produksi
  • Memberikan nasihat dan penilaian terhadap pegawai di bawahnya
  • Memastikan kualitas produksi agar tetap baik dan bisa bersaing serta semakin laku di pasaran.
  • Membuat laporan terkait kegiatan produksi

Baca Juga : Tugas dan Wewenang Manajer Produksi.

Gaji dan Tunjangan Manajer Produksi

Tanggung jawabnya yang besar terhadap jalannya dan hasil produksi di perusahaan, maka tak heran jika gaji manajer produksi rata-rata sebesar Rp 6.700.000. Peningkatan level gaji bisa diperoleh apabila manajer bisa meningkatkan jumlah produksi sesuai permintaan perusahaan.

Prestasi yang baik akan membawa seorang manajer menempati posisi top level dengan gaji lebih besar lagi, di angka Rp 11.000.000 – Rp 13.000.000 setiap bulan. Gaji yang diterima belum termasuk tunjangan dan fasilitas lainnya.

Angka tersebut hanya kisaran dan rata-rata gaji yang diberikan perusahaan pada product manager. Untuk perusahaan besar berkelas multinasional, akan menerapkan pemberian upah lebih banyak sesuai dengan besarnya jumlah produksi.

Syarat dan Kualifikasi Manajer Produksi

Ketentuan menjadi manajer tidak lepas dari syarat minimal pendidikan dan kemampuan yang dimiliki. Untuk itu, setiap perusahaan menerapkan kualifikasi tinggi agar memperoleh Sumber Daya Manusia terbaik, demi meningkatnya keuntungan yang diperoleh.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Semakin tinggi tingkat pendidikan dan pengalaman calon pelamar, akan menjadi kandidat terkuat untuk dipilih sebagai product manager. Seseorang dengan minimal ijazah S1 dari berbagai jurusan bisa mendaftar. Apalagi jika sudah berpengalaman setidaknya 2 tahun sebagai product manager atau pimpinan produksi.

2. Skil dan Kemampuan

Pribadi dengan kemampuan berkomunikasi baik, cekatan, inovatif dan berwawasan luas, akan menjadi kandidat terbaik menempati jabatan ini. Terlebih dengan jiwa kepemimpinannya yang kuat dan mampu bekerja sendiri atau berkelompok, menjadi nilai plus.

Tips Lolos Wawancara Manajer Produksi

Calon product manager dengan kualifikasi terbaik dan mumpuni akan sulit lolos jika tidak mempersiapkan diri semaksimal mungkin saat wawancara. Tahapan ini punya peran besar untuk meloloskan calon karyawan. Untuk itu, pelajari beberapa kemungkinan pertanyaan berikut ini:

  • Apa yang ingin dikembangkan dari produk perusahaan yang dilamar
  • Cara mengatasi permasalahan produksi
  • Cara membuat produk menjadi lebih baik
  • Apa yang membedakan Anda dari product manager lainnya
  • Bagaimana menjadi pemimpin yang baik

Sebagai pemimpin dalam divisi produksi, manajer produksi harus memastikan bahwa seluruh proses produksi berjalan baik, dengan hasil maksimal. Ia juga wajib mampu mengatasi permasalahan produksi dengan solusi terbaik.

Demikian info dari InfoGaji.id untuk anda yang ingin menduduki posisi tersebut. Selamat Bekerja keras.

Tinggalkan komentar