Manajer SDM : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Seluruh aset yang berhubungan dengan SDM perusahaan dibawah kepemimpinan manajer SDM. Berbagai hal terkait Sumber Daya Manusia menjadi tanggung jawab SDM manajer. Mulai dari perekrutan hingga mengurus tentang gaji, tunjangan dan kompensasi yang diterima pegawai.

Definisi/ Pengertian Manajer SDM

Manajer adalah pemimpin atau orang yang membawahi beberapa orang lainnya demi terciptanya sebuah sistem yang baik. SDM adalah singkatan dari Sumber Daya Manusia. Artinya SDM adalah individu yang bekerja di sebuah perusahaan.

Maka dari itu, manajer SDM dapat diartikan sebagai pemimpin yang membawahi seluruh karyawan di sebuah perusahaan. Mulai dari divisi pra produksi, produksi hingga marketing, semuanya dipimpin oleh SDM manajer.

Ia juga harus memastikan bahwa semua SDM yang bekerja harus memaksimalkan kemampuannya demi hasil terbaik untuk perusahaan. Dengan banyaknya SDM yang di bawahinya, seorang manajer harus memiliki kemampuan koordinasi yang baik.

Tugas Manajer SDM dan Tanggung Jawabnya

Sebagian orang menganggap bahwa divisi SDM hanya bertugas sebagai perekrut karyawan. Padahal tugas dan tanggung jawabnya sangat luas. Terlebih jika jumlah Sumber Daya Manusia dalam sebuah perusahaan sangat banyak, tentu tugasnya akan semakin berat.

Berbagai hal terkait dengan Sumber Daya Manusia memang menjadi tugas utama bagi SDM manajer. Mulai dari pemilihan karyawan terbaik hingga pengawasan pegawai menjadi tugas penting divisi SDM. Namun, tanggung jawabnya tidak hanya itu, namun ada beberapa hal, di antaranya:

  • Merencanakan seleksi karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  • Memenuhi kebutuhan SDM sebagai pekerja perusahaan
  • Melakukan evaluasi karyawan yang ada di bawahnya demi meningkatnya kinerja pegawai
  • Mengkoordinasi karyawan sesuai dengan visi misi perusahaan
  • Mengatur gaji pegawai sesuai standar perusahaan dan UMR

Gaji dan Tunjangan Manajer SDM

Mengkoordinasikan SDM dengan baik akan mendatangkan keuntungan maksimal bagi perusahaan. Untuk itu, manajer SDM memiliki peranan penting demi terciptanya keuntungan lebih. SDM manajer juga melakukan kontrol terhadap karyawan agar mampu memaksimalkan produksi.

Besarnya tanggung jawab tersebut, maka sangat wajar jika gaji manajer SDM cukup besar di angka Rp 8.000.000 – Rp 12.000.000 dalam satu bulan. Nominal gaji yang diterima juga berdasarkan dedikasi dan loyalitas SDM manager.

Jumlah gaji tidak sama, tergantung besar dan kecilnya perusahaan. Untuk SDM manajer perusahaan kecil menengah sekitar Rp 10.000.000. Sedangkan SDM manajer perusahaan nasional mendapatkan gaji di atas Rp 20.000.000.

Baca Juga : Gaji dan Tunjangan Manajer Produksi yang luar biasa tingginya.

Syarat dan Kualifikasi Manajer SDM

Berbagai aspek wajib dipenuhi supaya bisa menjadi seorang SDM manager. Mulai dari tingkatan pendidikan, pengalaman dan kemampuan menjadi penilaian utama bagi seseorang yang melamar posisi ini, dengan penjabaran sebagai berikut:

1. Pendidikan dan pengalaman

Posisi SDM manajer bisa diperebutkan bagi pencari kerja dengan minimal pendidikan S1 psikologi dan pernah menduduki jabatan yang sama setidaknya 2 tahun. Selain itu, pengalaman dalam membuat sistem penggajian pegawai juga jadi nilai plus.

2. Skill dan Kemampuan

Kemampuan utama dari seorang SDM manajer adalah mampu mengkoordinasi karyawan. Sehingga, dibutuhkan skil interpersonal dan komunikasi yang baik. Pemahaman tentang perundang-undangan karyawan juga jadi kemampuan yang harus dikuasai.

Tips Lolos Wawancara Manajer SDM

Sering mengikuti tes interview akan membuat seseorang jadi memahami berbagai tipe pertanyaan. Selain itu, saat mengikuti wawancara kerja, diharapkan bisa menjelaskan secara rinci setiap jawaban dari pertanyaan yang diajukan, diantaranya:

  • Strategi dalam menetapkan gaji karyawan
  • Cara menyelesaikan masalah yang terjadi antar karyawan
  • Cara mengkoordinasi bawahan
  • Jelaskan keunggulan dibanding kandidat lain
  • Sebutkan kekurangan dalam diri

Demi bisa mendapatkan jabatan manajer SDM, calon pelamar harus memenuhi kualifikasi dari pendidikan maupun skil yang dibutuhkan di perusahaan.

Perlu Infogaji tekankan, berikan jawaban interview secara jujur dan jelas, agar posisi tersebut bisa anda peroleh. Selamat mencoba melamar jabatan ini.

Tinggalkan komentar