Marketing Communication : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Istilah seperti Marketing Communication saat ini tentu sudah terdengar sangat familiar. Pasalnya, hal ini menjadi bagian penting untuk sebuah perusahaan yang bertujuan guna mencapai target pasar. Perihal metodenya terbilang cukup bervariasi dalam pelaksaannya.

Definisi dan Pengertian Marketing Communication

Menurut salah satu ahli, Marketing Communication adalah berbagai macam pesan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Pesan tersebut bertujuan untuk mencapai target pasar yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan kata lain suatu upaya berkomunikasi pada market.

Metode yang dilakukan dalam upaya tersebut sangatlah beragam. Beberapa diantaranya adalah pembuatan iklan, Branding, pemasaran langsung maupun digital dan masih banyak lagi. Semuanya tergantung pada kebutuhan serta target pasar yang ingin dicapai.

Salah satu hal terpenting ketika menentukan konsep pada komunikasi pemasaran ini ialah metode pemasaran terhadap segmen pasar. Pasalnya, secanggih apapun cara yang digunakan dalam menggaet konsumen akan percuma, sebab tidak sesuai dengan target.

Biasanya dalam setiap divisi salah saatunya marketing communication ini memiliki Leader masing-masing, tujuannya agar lebih mudah lagi dalam berkoordinasi antar tim.

Tugas Marketing Communication Beserta Tanggung Jawabnya

Penerapan Marketing Communication dalam sebuah bisnis itu berarti telah mengambil jangka panjang. Hal tersebutlah yang membuat peran akan sosoknya sangat krusial pada suatu perusahaan. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dipenuhi.

  • Merancang atau membuat sebuah iklan.
  • Menjalankan Campaign.
  • Membuat strategi promosi.
  • Melakukan riset atas kebutuhan pasar.
  • Mengembangkan brand/merek.
  • Menganalisi produk.
  • Menganalisis layanan.
  • Menjaga hubungan terhadap semua pihak.

Gaji Dan Tunjangan Marketing Communication

Apabila sebuah perusahaan tidak memiliki divisi ini, maka akan berdampak langsung terhadap mengurangnya income. Tentu hal tersebut menjadi masalah, mengingat pemasukan menjadi prioritas. Oleh karena itu, sosoknya begitu penting bahkan vital.

Dengan memiliki peran yang sangat krusial, tentu gaji seorang Marketing Communication pastinya sebanding. Meskipun pada umumnya tak ada nominal standar atau rata-rata. Sebab, terdapat berbagai macam Faktor yang memengaruhi kebijakan dalam pemberian gaji.

Pastinya, profesi yang satu ini memiliki prospek bagus serta jenjang karir menjanjikan. Apa yang ditugaskan dan ditanggung jawabkan sangat sebanding dengan gaji-nya. Meskipun semuanya bergantung pada kebijakan yang dibuat oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Syarat dan Kualifikasi Marketing Communication

Jika Anda tertarik dengan profesi ini, tentu pandai berbicara saja tidaklah cukup. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar mampu bersaing dan diterima oleh salah satu perusahaan. Berikut beberapa start dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pada umumnya perusahaan membutuhkan sosok dengan layar belakang pendidikan lulusan S1 ekonomi atau ilmu pemasaran. Namun bukan berarti Anda yang memiliki ijazah lain tak berkesempatan. Sebab, faktor selanjutnya ialah punya pengalaman dalam bidang tersebut.

2. Skill dan KemampuanĀ 

Perihal Skill dasar yang harus dimiliki oleh seorang Marketing Communication adalah ilmu komunikasi. Hal ini terlepas dari kemampuan teknis seputar pemasaran ataupun Menganalisa hingga memahami dunia Marketing. Selain itu dituntut mampu bekerja sama dengan baik.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Marketing Communication

Profesi Marketing Communication sudah pasti membutuhkan sosok yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Itulah mengapa setiap perusahaan cukup kritis dalam menentukan pilih terutama ketika tes wawancara. Berikut beberapa pertanyaan tahap interview.

  • Apa alasan Anda mengambil karir ini?.
  • Jenis media sosial apa yang Anda kenal?.
  • Bagiaman cara kerja media sosial?.
  • Keterampilan apa yang dibutuhkan bidang ini?.
  • Apa yang Anda miliki untuk bidang ini?.
  • Gambarkan diri Anda dalam 5 tahun kedepan.
  • Seberapa jauh Anda memahami target pasar perusahaan?.
  • Apa yang diinginkan oleh perusahaan?.

Itulah tadi pembahasan mengenai Marketing Communication secara lengkap. Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang Marketing Communication .

Profesi tersebut memang saat ini cukup terbuka lebar dan banyak perusahaan membutuhkannya. Namun hal tersebut membuat daya saingnya semakin ketat. Jadi sebaiknya persiapkan diri.

Tinggalkan komentar