Marketing Executive : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Marketing Executive merupakan salah satu profesi yang cukup diminati oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan hampir setiap perusahaan, khususnya dalam bidang industri menyediakan kursi untuk posisi ini. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

Definisi dan Pengertian Marketing Executive

Apabila berdasarkan dari sebuah ilmu pemasaran, maka istilah Marketing Executive akan memiliki kesamaan dengan Sales Executive. Keduanya memiliki tugas serta peran yang tergolong persis. Hanya saja, sebutan tersebut untuk membuatnya menjadi lebih elegan.

Pasalnya, dalam bidang tertentu sales dianggap tidak lebih keren dari pada Marketing. Alhasil, namanya pun diubah menjadi Marketing Executive. Meskipun begitu tugas serta tanggung jawabnya sama saja. Masih seputar pemasaran, penawaran hingga penjualan produk.

Kata Executive pada dasarnya berdasarkan dari tugas atau kegiatan pekerjanya yaitu menjual atau menawarkan produk secara langsung. Jadi jika disederhanakan, maka definisinya adalah aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atas dasar permintaan ataupun keinginan konsumen.

Tugas Marketing Executive Beserta Tanggung Jawabnya

Salah satu peran yang membuatnya krusial adalah profesi ini sangat diharapkan mampu mencapai sebuah target. Tugas tersebut membuat perusahaan tidak sembarang dalam melakukan rekrutmen. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawabnya.

  • Mencapai target penjualan sesuai ketentuan.
  • Melakukan promosi produk ataupun jasa.
  • Menjalin hubunga baik dengan konsumen atau mitra.
  • Memasarkan sebuah produk.
  • Memperkenalkan produk kepada konsumen.
  • Merancang program pemasaran.
  • Mencari pelanggan baru.
  • Mencari informasi seputar kompetitor.
  • Melakukan negosiasi.

Gaji Dan Tunjangan Marketing Executive

Pada umumnya besaran gaji setiap pegawai terdapat beberapa kategori guna membedakannya. Hal itu merupakan satu ketentuan yang hampir dibuat setiap oleh perusahaan maupun lainnya. Jadi dapat dikatakan nilai gaji tidak rata serta bervariatif.

Besaran gaji dari profesi ini ditentukan oleh berbagai faktor. Seperti posisi yang diduduki, status karyawan hingga domisili tempat bekerja. Bahkan untuk pemula (fresh graduate) diberikan gaji berbeda dari karyawan lama.

Perusahaan berusaha guna memperhitungkan mengenai besaran gaji mulai dari faktor kecil sekalipun. Seperti pada pemula atau pegawai baru pastinua akan berbeda nilai gajinya apabila dibandingkan dengan senior. Begitu juga kedudukan sampai status kepegawaian.

Syarat dan Kualifikasi Marketing Executive

Syarat dan kualifikasi Marketing Executive pada umumnya tidak ada spesifikasi khusus. Tapi hal ini ditentukan kembali lagi terhadap pihak perusahaan yang ingin rekrut atau buka lowongan pekerjaan. Berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

1. Pendidikan dan Pengalaman

Pada dasarnya, syarat pendidikan untuk profesi ini ialah minimum S1. Tapi hal tersebut bukan ketentuan mutlak, melainkan masih bergantung pada perusahaan yang memiliki hak. Mengenai pengalaman tentu sangat diandalkan bahkan minimal 1 tahun dalam dibidangnya.

2. Skill dan Kemampuan

Skill dasar yang wajib dimiliki oleh seorang Marketing Executive yaitu mampu Menganalisa market. Hal ini disebabkan tugasnya melakukan analisa pasar dan konsumen. Selain itu, menguasai komunikasi sampai memahami ilmu penjualan juga cukup diperhitungkan.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Marketing Executive

Salah satu proses yang sangat membuat khawatir ialah tes wawancara. Tahap tersebut diperlukan persiapan yang cukup matang. Cara agar mampu menghadapi interview yaitu memprediksi Kemungkinan Akan pertanyaan. Berikut beberapa diantaranya.

  • Jelaskan mengenai diri Anda Secara singkat tapi kelas.
  • Tunjukan konsistensi saat proses penjualan.
  • Ceritakan pengalaman selama bekerja.
  • Jelaskan prestasi terbaik saat penjualan.
  • Metode pendekatan kepada konsumen.
  • Gambaran karir 5 tahun kedepan.
  • Alasan mengambil profesi Marketing executive.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa hal seputar Marketing Executive. Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang Marketing Executive .

Jadi, apabila Anda berniat ingin mengambil alih posisi tersebut, setidaknya wajib pahami terlebih dahulu akan tugasnya. Selain itu, kuasai juga semua Skill dan kemampuannya.

Tinggalkan komentar