Marketing : Pengertian Lengkap, Gaji, Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Syarat Kualifikasinya

Marketing tentu menjadi bagian penting dalam sebuah bisnis, bahkan untuk skala kecil sekalipun. Pasalnya, hal tersebut berperan krusial pada seluruh keberlangsungan suatu usaha ataupun perusahaan. Jika Anda belum begitu paham, simak ulasan berikut ini.

Definisi dan Pengertian Marketing

Marketing merupakan sebuah sistem yang melalukan aktivitas pemasaran. Hal tersebut berlaku untuk semua urusan yang berkaitan dengan itu, baik mengenai promosi, menyusun strategi, hingga penjualan. Istilah yang digunakan untuk pelakunya ialah marketer.

Pada dasarnya tugas seorang marketer bukan hanya sekedar merancang strategi hingga mempromosikan produk saja. Tanggung jawabnya terbilang sangat komplek. Hal tersebut membuat sebagian perusahaan cukup memperhitungkan perannya yang krusial.

Selain itu, seseorang yang bekerja dalam profesi ini juga melakukan sebuah analisa terhadap pasar. Tujuannya adalah guna mengetahui target yang sesuai rencana dan pencapaian. Bahkan marketer pun mengidentifikasi kebutuhan akan konsumen.

Tugas Marketing Beserta Tanggung Jawabnya

Marketing merupakan salah satu kegiatan yang sangat krusial dalam bisnis. Hal tersebut membuat sosok yang bekerja dalam bidang tersebut mengemban tugas terbilang berat dan kompleks. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawabnya.

  • Merencanakan produk sebelum dipasarkan.
  • Menetapkan harga.
  • Merancang strategi promosi.
  • Mendistribusi sesuai rencana.
  • Memastikan menyajikan layanan terbaik.
  • Meminimalisir kekecewaan konsumen.
  • Menyusun rencana penjualan.

Gaji Dan Tunjangan Marketing

Besaran gaji Marketing sudah pasti sangat beragam dalam sebuah perusahaan. Hal tersebut dikarenakan ada banyak faktor yang mempengaruhi nominalnya. Selain itu juga disebabkan oleh berbagai kebijakan yang dibuat oleh perusahaan ataupun pemerintah daerah.

Pasalnya, setiap daerah atau kota di Indonesia memiliki UMR (upah minimum regional) yang bervariatif. Jadi, gaji yang Anda dapatkan di Jakarta akan berbeda dengan Yogyakarta. Kemudian skala besar kecilnya perusahaan menjadi faktor penentu lainnya.

Faktor lainnya adalah jabatan yang diduduki oleh profesi ini juga menjadi pembeda besaran gaji. Jika Anda menduduki posisi staff maka umumnya kisaran nominalnya yaitu Rp. 3.000.000 – Rp. 5.000.000. Sedangkan untuk koordinator marketing pastinya lebih tinggi.

Syarat Dan Kualifikasi Marketing

Dikarenakan tugas yang diemban tergolong berat dan buruh sosok spesialis, maka proses rekrutmen pun menjadi lebih spesifik. Hal tersebut membuat perusahaan sangat memperhitungkan para calon karyawan. Berikut beberapa syarat dan kualifikasinya.

1. Pendidikan Dan Pengalaman

Umumnya pendidikan yang diprioritaskan untuk mengisi profesi ini adalah lulusan S1 ekonomi/sederajat. Jika memiliki sertifikat dalam bidang tersebut tentu akan menjadi nilai lebih. Diutamakan bagi yang memiliki pengalaman selama 1-2 tahun sebagai marketer.

2. Skill Dan Kemampuan

Menguasai Komunikasi interpersonal adalah salah satu skill yang dibutuhkan dalam bidang ini. Selain itu, public speaking pun menjadi bahan pertimbangan. Marketer juga dituntut untuk mampu bekerja sama tim serta mempunyai kemampuan analisis hingga berpikir kreatif.

Tips Lolos Wawancara Sebagai Marketing

Menghadapi tes wawancara memang tidak pernah berjalan mudah. Terlebih jika Anda tak mempersiapkan apapun sebelum interview berlangsung. Oleh karena itu, simak baik-baik tips berikut ini guna persiapan saat tes wawancara sebagai Marketing.

  • Menjelaskan tentang diri sendiri secara spesifik.
  • Menggambarkan rencana Anda ke masa depan.
  • Memahami tugas utama bagian pemasaran.
  • Keutamaan perusahaan.
  • Persiapkan jawaban seputar pengalaman.
  • Persiapkan jawaban seputar Gaji.
  • Deskripsikan kemampuan secara spesifik.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa hal seputar Marketing. Pendidikan formal tentu memiliki peran penting dalam terbukanya kesempatan. Selain itu, pengalaman hingga Skill dan kemampuan perlu dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

Diharapkan apa yang disampaikan oleh Info Gaji kali ini bisa membantu anda untuk memahami tugas maupun kualifikasi untuk menjadi seorang Marketing.

Tinggalkan komentar